Bongkar Laptop Tipis Acer Swift 3 (SF314-57), Upgrade HDD/SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai

Spesifikasi Acer Swift 3 (SF314-57)


Swift 3 (SF314-57) 2019 hadir dengan layar IPS Full HD 14 inci dengan konsep desain stylish, ringkas, dan ringan. Laptop ini pas dijadikan teman kerja secara mobile karena beratnya hanya 1,19 kg saja!


Laptop ini sangat mendukung produktivitas kerja seperti membuat laporan, konten kreatif, hingga menikmati berbagai hiburan digital tanpa lemot berkat prosesor Intel® Core™ Gen ke-10 yang dikombinasikan GPU NVIDIA® GeForce® MX250 yang menyokong kekuatan grafik bekerja pada kecepatan optimal.

Supaya semakin nyaman digunakan, Acer Color Intelligence™ dan Acer ExaColor Technology turut disematkan di dalamnya. Kedua teknologi ini menghadirkan gambar yang lebih jelas dan hidup.

Alhasil, mengerjakan desain grafis, nonton Netflix, main game favorit, atau editing foto liburan super  nyaman dengan Swift 3 (SF314-57).

Keunggulan lain dari si tipis modis ini yaitu memberikan efisiensi daya hingga 12,5 jam dalam multitasking sehingga laptop nyaman dipakai dari pagi hingga malam hari non-stop. Pada pengisian daya juga bisa lebih cepat, mengisi baterai laptop dalam 30 menit untuk masa pemakaian hingga 4. Intinya, kamu nggak ketakutan laptop baterai cepat habis saat dipakai berjam-jam di berbagai tempat.

Spesifikasi Swift 3 (SF314-57):
  • Operating System: Windows 10
  • Processor: Intel® Core™ i3-1005G1 / i7-1065G7 processor
  • Graphic: Intel UHD / NVIDIA® GeForce® MX250
  • Display: 14” FHD IPS, 1920×1080
  • RAM: 4GB / 8GB (soldered)
  • Storage: SSD SATA III 256GB ~ 1TB
  • Battery: Battery life up to 12 hours
  • Features: Wi-Fi 6 and Thunderbolt 3 ports
  • Colors: Steel Gray and Millennial Pink
  • Weight: 1.19 Kg

Kekurangan Acer Swift 3 (SF314-57) ini adalah kapasitas RAM tidak bisa di upgrade, karena RAM 8GB bawaan sudah tersolder secara permanen dan tidak ada slot SoDIMM untuk menambahnya. Jadi pastikan RAM 8GB sudah mencukupi untuk kebutuhan Anda. Jika kurang, sebaiknya pilih Acer Swift 5 dengan RAM bawaan 16GB.

Opsi Upgrade Acer Swift 3 (SF314-57)


Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
  • Obeng set atau obeng plus
  • Opening pick
  • Pinset
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 9 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup mungkin ada sticker label garansi Acer. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak Acer apakah membukanya akan menghanguskan garansi atau tidak.


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Acer Swift 3..


Bisa kita lihat disana ada sebuah cooing fan yang terhubung dengan heatpipe ke processor. Untuk yang kita bongkar ini tidak ada GPU discret karena ini versi terendah -57 tanpa embel-embel "G". Sedangkan untuk versi "G" diantara fan dan procesor ada chip GPU NVIDIA® GeForce® MX250.

Lalu di bagian bawah ada baterai dengan kapasitas 4471mAh/50.20Wh. Dan disebelahnya ada sebuah slot SSD M.2 yang sudah terisi SSD SATA III 256GB untuk versi terendah dan 1TB untuk versi tertinggi.

Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Acer Swift 3 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai di sisi kiri dan kanan baterai.

Upgrade SSD M.2


Satu-satunya upgrade yang bisa dilakukan pada Acer Swift 3 (SF314-57) hanyalah menambah kapasitas SSD M.2. Slot sudah mendukung SATA III atau NVMe.

Untuk info lebih lanjut mengenai perbedaan SATA III dan NVMe, silahkan baca artikel Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Acer Swift 3. Btw tipe yang kita bongkar ini adalah SF314-57, tapi untuk Swift 3 yang lain juga kurang lebih sama.

Baca Juga: Bongkar Notebook Tipis Acer Swift 3 SF314-56G, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

Semoga bermanfaat! Source: LaptopMedia.

0 Response to "Bongkar Laptop Tipis Acer Swift 3 (SF314-57), Upgrade HDD/SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai"

Posting Komentar