Masalah Pengiriman JNE - BARANG BELUM SAMPAI Tapi Status Sudah DELIVERED

Sebagai penjual online, Elppas sudah beberapakali mengalami masalah pengiriman. Salah satunya adalah BARANG BELUM SAMPAI ke pembeli tapi status di tracking sudah DELIVERED. Dalam satu minggu ini (minggu kedua Agustus 2020) saya mengalami dua kali komplain dari pembeli.

Dari hasil tracking resi, barang sudah dinyatakan sampai ke alamat oleh kurir, tapi si pembeli mengatakan bahwa dia tidak menerima barangnya.

Apa yang harus dilakukan oleh pembeli?

Track no resi di website JNE, lihat siapa nama penerima karena bisa saja kurir menitipkan ke orang lain. Jadi tanyakan dulu ke orang sekitar atau tetangga.

Opsi lain, coba tunggu besoknya. Karena pernah kejadian besoknya barang baru dikirim kurir. Hal ini bisa terjadi karena kurir salah input, atau memang sengaja supaya mencapai target pengiriman jumlah barang.

Selanjutnya, jika berbelanja melalui marketplace, seperti Tokopedia dalam kasus saya ini, bisa langsung komplain dan memilih opsi "Pengajuan Minta Tokopedia Investigasi Pengiriman". Dengan begini maka uang pembelian akan tertahan dan pihak Tokopedia akan membantu untuk investigasi kesalahan yang terjadi sehingga menimbulkan masalah tersebut. Hanya saja cara ini memakan waktu yang lama, karena melibatkan banyak pihak.


Terakhir, cara tercepat coba komplain langsung ke JNE, baca: Cara Komplain ke JNE. Bisa via Email (gratis), telepon (berbayar), atau datang langsung ke cabang JNE di kota Anda sebagai Pembeli.

Saya sih tidak menyarankan pembeli komplain ke penjual. Karena permasalahan ini kuncinya ada di "Si Kurir" dan "Si Pembeli". Si Kurir yang tau persis barang dikasih ke siapa, sedangkan Si Pembeli yang menyatakan bahwa dia belum terima barang, juga yang tau situasi dan kondisi di sekitaran alamatnya dia. Selain itu juga posisi barang sudah berada di JNE yang lebih dekat dengan alamat tujuan. Kecuali si penjual masih satu kota dan lebih dekat dengan JNE cabang.


Apa yang harus dilakukan oleh penjual?

Untuk kasus status Delivered tapi pembeli belum menerima barang, penjual seharusnya sudah gak ada urusan karena tugasnya sudah selesai, yaitu ngepack barang dan mengirim barang ke ekspedisi sesuai permintaan pembeli. Beda urusan kalau barang mandeg masih di JNE kota penjual.

Tapi terkadang pembeli yang kurang ngerti malah minta bantuan penjual untuk menanyakan ke kurir sampai minta nama kurir dan no HP nya. Ini salah satu kekurangan di JNE, hasil tracking untuk publik tidak tercantum nama kirirnya seperti di Sicepat dan J&T.

Kalau saya pribadi, sebagai penjual ya biasanya cuma bisa bantu komplain ke JNE lewat email karena gratis hehe.. soalnya kalau lewat telpon berbayar bisa habis 10-20rb pulsa harus punya paket telpon gratisan. Terakhir, kalau terpaksa ya komplain datang langsung ke JNE pusat/cabang kota walaupun menyita waktu biaya dan tenaga tapi bisa langsung ditanggapi depan mata.

Terakhir, sedikit saran buat JNE, ada baiknya di websitenya ada menu FAQ atau cara mengatasi masalah untuk customer jika terjadi masalah dalam pengiriman barang.

Buat teman-teman penjual atau pembeli yang mengalami hal yang sama, jika ada masukan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat!

1 Response to "Masalah Pengiriman JNE - BARANG BELUM SAMPAI Tapi Status Sudah DELIVERED"

  1. Harusnya pengiriman ditulis, nama kurir dan mencantumkan nomor telfon,,
    Dan misal barang sudah d terima harus mencantumkan nama, jangan cuman tanda tangan,

    BalasHapus