Iklan Header

Barang Saya Kok Belum Sampai? Bagaimana Cara Komplain ke JNE

Sebagai sorang penjual online di Tokopedia saya sudah sering mendapat keluhan dari pembeli. "Gan barang saya kok belum sampai?"

Pertanyaan tersebut sebenarnya tidak perlu karena hanya menyita waktu, pertanyaan tersebut tidak tepat kalau diajukan ke penjual/pengirim. Karena sama-sama tidak tau.

JNE atau pihak ekspedisi adalah yang bertanggungjawab 100% atas pengiriman. Sehingga akan lebih efisien jika langsung berhubungan dengan JNE. Tanya ke penjual nanti belakangan.

Langkah Pertama Sebelum Komplain ke JNE

Pembeli atau calon penerima barang sebaiknya cekresi dulu untuk mengetahui posisi barang. Biasanya kan dikasih no resi dari pengirim. Itu bisa digunakan untuk pelacakan posisi barang.

Untuk cek resi bisa di www.jne.co.id atau di cekresi.com.

Berikut contoh hasil tracking JNE:

Dari hasil tracking resi tersebut bisa diketahui bahwa..

16-03-2017 jam 11:27 RECEIVED AT WAREHOUSE [BOGOR]
(Barang sudah sampai di kota Tujuan di Gudang JNE Bogor)
17-03-2017 jam 14:51 WITH DELIVERY COURIER [BOGOR]
Barang sudah bersama kurir JNE Bogor siap diantar ke rumah

Masalah yang terjadi..
18-03-2017 jam 21:00 Barang belum sampai ke alamat tujuan

Jika dirasa ada masalah, mandeg, terlambat, sudah melebihi waktu estimasi pengiriman tapi barang belum sampai, dll.. Silahkan komplain ke JNE, bukan komplain ke penjual/pengirim. Karena masalah pengiriman ke alamat tujuan 100% tanggung jawab JNE.

Cara Komplain Ke JNE

  1. Melalui email: customercare@jne.co.id

    Komplain melalui email sangat disarankan karena paling murah, hanya modal quota, bisa dibilang gratis.

    Isi email komplain yang harus/wajib disertakan:

    - Minta tolong untuk di cek no resi. Jadi wajib sertakan no resi.
    - Sertakan nama penerima, alamat lengkap penerima, no hp penerima.
    - Jika Anda sebagai pengirim, sertakan juga nama dan no hp pengirim
    - Sertakan foto resi (optional)

    Contoh:

    Halo JNE,

    Mohon cek resi 123456789017, barang belum sampai sudah seminggu (atau sebutkan berapa hari).

    Alamat penerima:
    Nama: (isi nama anda sesuai di resi)
    Alamat: (isi alamat lengkap sesuai di resi)
    No HP/Tlp: (isi no tlp sesuai resi yg bisa dihubungi)

    Pengirim (optional):
    Nama:
    No HP:

    Terimakasih.
    (nama Anda)

    *email biasanya akan dibalas dalam waktu 1-2 jam. Isi emailnya biasanya informasi bahwa telah dibuat laporan untuk investigasi ke bagian terkait.
    .
  2. Melalui Telepon

    Siapkan pulsa jika melalui ponsel, ya minimal 20rb :) Makanya saya lebih suka via email kalau komplain.

    Telepon JNE Pusat Jakarta: (021) 2927 8888
    Telepon JNE Cabang di kota Anda, apabila barang sudah sampai di kota tujuan. Silahkan cari lewat Google.

    *Siapkan data. Biasanya nanti ditanyakan data Nama Anda, sebagai penerima/pengirim, Alamat tujuan, no tlp/HP, isi barang. Hal ini biasanya untuk verifikasi.
    .
  3. Datang ke JNE Cabang

    Pastikan sudah cek resi dan tahu posisi barang ada di mana! Kalau sudah ada di kota tujuan/kota Anda. Silahkan datang ke JNE cabang/perwakilan di kota Anda. Bukan JNE agen yang kecil-kecil.

    JNE Pusat = JNE Pusat Jakarta
    JNE Cabang/Perwakilan = JNE Pusat di kota lain.
    JNE Agen = JNE kecil-kecil yang tersebar di setiap daerah.

    *Membutuhkan waktu tenaga dan ongkos jalan. Jadi ini pilihan terakhir kalau sudah mentok. Jangan lupa bawa no resi dan KTP sesuai di resi, atau surat kuasa jika diwakili.

 

Kapan Minta Bantuan Penjual/Pengirim

Agar lebih bijak, Anda bisa meminta bantuan penjual/pengirim ketika barang mentok di kota Asal. Sedangkan jika sudah di kota tujuan akan lebih efektif jika si calon penerima barang yang tau situasi dan kondisi alamat tujuan dan pihak JNE yang tau posisi barang sudah sampai mana.

Seringkali pembeli bertanya ke penjual.. "Gan pesanan saya kok belum sampe-sampe?" Kira-kira yang lebih tau penjual atau pihak JNE? Jelas pihak JNE karena pengiriman ke alamat tujuan 100% tugas JNE.

Tips Menghindari Masalah Dengan JNE

Tidak mau bermasalah kiriman Anda? Hindari dengan tips berikut:
  • Packing barang jangan terlalu kecil. Ini untuk menghindari kehilangan keselap-selip ketumpuk dsb. Karena paket di gudang JNE numpuk ribuan.
  • Alamat super lengkap. RT/RW no rumah kelurahan, kecamatan jangan sampai tertinggal. Dianjurakan juga pake keterangan patokan.

    Contoh:
    Jl. Jambe gg Lingkar 2 no 202 RT. 3/2 kel. ... kec. ... (blk Hotel Grand, samping masjid Al-Amin, rumah cat biru. Klo tidak ada orang titip ke satpam)

    Hal ini untuk memudahkan kurir menemukan alamat, karena kurir kirim puluhan dan dikejar target. Jangan harap kurir SMS/telpon Anda karena sangat menyita waktu dan pulsa.

    Berikut contoh kasus alamat tidak lengkap:

Nasib Penjual yang Selalu Disalahkan

Sedikit curcol nih! Pengalaman saya pernah bermasalah karena barang tidak sampai berminggu-minggu, hingga sempat barang dinyatakan hilang, walaupun akhirnya barang sampai juga ke tangan pembeli setelah hampir sebulan.

Sialnya pas ketemu pembeli blo'on atau pura-pura bodoh dan pemarah. Pembeli menganggap saya tidak mengirimkan barang, terus menekan saya dengan kata-kata yang ketus dan selalu memojokkan.

Padahal sudah saya kasih bukti resi pengiriman JNE, saya kirim barang juga di hari yang sama saat dia order. Sehingga secara logika tidak mungkin saya tidak kirim barang padahal ada resi dan no resi bisa di tracking di situs jne.

Hingga seminggu setelah barang dinyatakan diterima pun si pembeli tidak membatalkan komplainnya di Tokopedia, sehingga akhirnya pihak Tokopedia yang menyelesaikannya. Sangat tidak bijak orang seperti itu.

Intinya nih, buat para pembeli, sekali lagi saya katakan. Tugas pengiriman barang ke alamat tujuan adalah 100% tanggung jawab pihak ekspedisi (JNE). Jangan selalu menyalahkan penjual apabila barang terkendala, pengiriman lama, dll. Silahkan berhubungan langsung dengan JNE. Boleh minta bantuan penjual tetapi harus bijak.

Kesimpulan

  • Pembeli/Calon Penerima: sertakan alamat super lengkap disertai patokan untuk memudahkan kurir mengirim barang.
  • Penjual/Pengirim: Packing aman dan jangan terlalu kecil. Kirim secepatnya ke pihak ekspedisi (JNE)
  • Jika ada masalah pengiriman pembeli track dulu no resi di situs jne, cek barang sudah sampai mana. Jika sudah di kota pembeli silahkan langsung berhubungan dengan JNE via email/telp/datang ke JNE perwakilan di kota tsb., sedangkan jika terkendala di kota asal baru deh minta bantuan penjual/pengirim. Itu lebih efisien dan bijak.
  • Be smart!

Untuk sementara segitu dulu. Nanti kalau ada pengalaman baru atau ide baru mungkin akan ditambahkan. Kalau punya info atau pertanyaan silahkan komentar.

50 komentar untuk "Barang Saya Kok Belum Sampai? Bagaimana Cara Komplain ke JNE"

Comment Author Avatar
JNE GAK JELAS ==== SAYA KIRIMAN KAMI DARI BULAN AGUSTUS 2017 SAMAPI SEKARANG BELUM JUGA DATANG KE TUJUAN, SETELAH KITA COMPLINT TERNYATA BARANGNYA DIKIRIM TAPI TAK SAMPAI DAN TIDAK ADA DIKABARI KEPENGIRIM MALAH DILETAKKKAN DIGUDANG, YANG LEBIH PARAHNYA LAGI KITA MINTA DIKEMBALIKAN JAWABANNYA NANTI KAMI CEK DULU KEGUDANG ENTAH MASIH ADA ATO TIDAK,,,,SANGAT TIDAK BERTANGGUNG JAWAB JNE,,,,TOLONG PIMPINANNYA SUPAYA DITINJAU KELAPANGAN KHUSUSNYA JNE PEKANBARU,,,PARAH KINERJANYA,,,,,,,,,,,KEDEPAN TIDAK AKAN TERSENTUH JNE LAGI PAPAH,,,,PARAH,,,,,,,!!!!!
Comment Author Avatar
JNe Resi 020200049262418 tolong di cek in lagi kok barang blm keterima di kasih status reseved.barang di kirim tgl 11 februari 2018,di terima tgl 12 februari 2018,pengiriman dr bandung ke kec cikalong kulon cianjur.biasa normal 4 ampe 7 hari.di kemnain itu barang haduuh saya kecewa bgt sama JNE.
Comment Author Avatar
Nie JNE mengecewakan sekali dah 2minggu mana barangenting lagi bikin kapok aja nie
Comment Author Avatar
JNE BANGKRUT AJA NAJISS GW BELI BARANG GAK SAMPAI2 .. DIKIRA GAK BAYAR KALI BANGSAT
Comment Author Avatar
Gila ya JNE ini! Gak habis pikir aja nama penerimaan uda jelas, ada alamat jelas bahkan ada no tlp yang bisa dihubungi. Kok bisa2nya barang gw statusnya delivered dan diterima oleh orang yang bahkan gak ada di lingkungan rumah gw! Gw bolak balik tlp customer care, dan yang teranjir adalah gw dikabari barang hilang. Barangnya bukan barang murah dong! Gw suruh ngajuin klaim... Dan elo tahu semua kan kalau pun diganti itu hanya akan 10x lipat ongkir. Anjir!
Comment Author Avatar
Kasusnya sama dengan saya Gan, btw sudah dapat solusinya belum (selain ngajuin klaim) Gan?
Comment Author Avatar
ko sama, dari tanggal 9 mei sampe sekarang kasusnya masih digantung (belum bisa dinyatakan hilang atau ketemu) jne selalu kasih jawaban "masih diinvestigasi" saya minta nomor kurirnya ga dikasih, sumpah bikin kapok!!! ANTI JNE
Comment Author Avatar
Sy kirim paket ke jatim nomer 10507300 kirim tgl 9 juni sy cek tgl 17 juni blm sampe....minta konfirmasinya trm ks
Comment Author Avatar
resi nya macet anying dari tanggal 17 maret , jne kenapa nih akhir akhir ini
Comment Author Avatar
Barang belum sampe juga dari tanggal 15 Maret sampe sekarang.. kurang sabar apa coba gua kaya gini,padahal alamat masih sama kaya yang dulu...
Comment Author Avatar
Udah sampe barangnyakah?
Comment Author Avatar
Kalau menurut saya penjual juga bertanggung jawab, terus menghubungi sampai sampai karena pejanjiannya kan barang dibeli untuk sampai rumah, kalau pembeli masih jalan ke cabang JNR berarti percuma ONLINE mending beli di toko real sama2 cape jalannnya. Intinya memangnya pengirim atau penjual tidak bisa menghukum/ganti rugi JNE jika barang tidak sampai pembeli. Kalau perlu buat perjanjian semua penjual di toko ONLINE dengan pihak jasa pengirim, jika terjadi hal yang merugikan pembeli maka PIHAK JASA PENJUAL dilarang menjadi jasa pengirim lagi.
Sekedar penadapat, karena saya juga mengalami ini, ketika ditanya penjual, sy disuruh ngecek ke cabang JNE, memanganya pengirim tidak bisa mengeceknya, dan belanja praktis menjadi belanja ribet. Mohon maaf dan terima kasih
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Ada apa ne dgn jne??? ( ga usah pake capital kalee ).(
Pada tanggal 19 April 2018 saya beli barang dari SHOPEE dengan jne REG | No. Resi. 011060027769618.Barang terkirim dari Jakarta perhari yg sama % semestinya sampai di malang pada tanggal 21
April 2018.
Pada tanggal 22 April, jam 21.18 saya mendapat notif via SMS yg yg isinya mengatakan bahwa barang dalam perjalanan menuju rumah anda, Gaya yee :).
nggu sampe jam 23 ga ada yg nongol.. :)
Sampe sekarang ( tanggal 29 April 2018 )barang belum juga tiba.Saya sdh hub jne 2 juta x via tlp ( Hehehehhe ),Baik itu jne pusat Jakarta maupun Malang. Jawabannya,,inilah , itulah..( GA JELAS SANGAT )....dll..Mengingat barang yg saya beli adalah herbal & sifatnya SANGAT URGENT...Anehnya, tidak 1 x pun pihak jne menghubungi saya utk memberi penjelasan..HEBAT KAN..!!!.
Edisi melongo. :(
Comment Author Avatar
Ya penjual juga bertanggung jawab lah, tugas pembeli itu kan hanya bayar, trus kalau barangnya gak sampai ya penjual dan pihak JNE lah yang harus tanggung jawab,jangan nyalahin pembeli
Comment Author Avatar
JNE gak bagus skarang barang pake paket YES tapi belum sampe juga dari tanggal 7 skarang tanggal berapa . Percuma bayar mahal pake paket YES tapi gak sampe juga
Comment Author Avatar
Nyesel pake jne yes gan...dari jakarta ke tangsel...jne yes pake nyasar (misroute ke jaga karsa) .....lama bgtttt...4 hari lom smpe juga...pdhal katanya bsok sampai
Comment Author Avatar
JNE parah! Kirim barang dari tanggal 2 sampai hari ini tanggal 10 belum tiba juga. Komplain tidak ditanggapi, bilangnya selalu sedang diproses, diproses, diprosesss teruss...sampe kapan??? Padahal cuma Jakarta ke Tangerang, kalo saya antar sendiri 2 jam juga sampe. Ada yg tau gimana cara menghubungi level supervisor atau manager? Kalo email dan telpon cuma sampe clerk gak bakal ditanggapi serius....
Comment Author Avatar
Barag saya blm smpe dr tgal 19 apri,ini udah tgl brapa ko blm smpe biasanya ga gini lo,tolong donk garang yg ber no resi 015660044100418 atas nama linda,alamat.jln karang bolong,kp.pondok waru rt/rw.01/01 desa.bulakan,kec.cinangka.kab.serang banten segera di anter.makasih
Comment Author Avatar
Barag saya blm smpe dr tgal 19 apri,ini udah tgl brapa ko blm smpe biasanya ga gini lo,tolong donk garang yg ber no resi 015660044100418 atas nama linda,alamat.jln karang bolong,kp.pondok waru rt/rw.01/01 desa.bulakan,kec.cinangka.kab.serang banten segera di anter.makasih
Comment Author Avatar
Sis, barangnya udh sampai?
Saya juga alami hal yg sama
Comment Author Avatar
lalu gimana kak? apa paketannya sudah diterima? apa msh diproses??
Comment Author Avatar
Kapok pke JNE.. sy beli barang di toped.. dari tgl 12 april 2018 d kirim dr jakarta resi 010530215154418 .. sampe sekarang ga' nyampe2.. ke rumah... Begitu di cek ke cotusmercarenya JNE diminta waktu tambahan 6 hari... Lewat 6 hari.. paket tak kunjung tiba... Ternyata paket saya di alihkan ke JTR alias JNE trucking... Alias lewat darat/laut ke gorontalo... padahal sya pke service reguler lhoo... Berat barangya juga cuma 650gr .... Klo pke J&T cuma 4 hari dah nyampe k rumah.. kkKecewaaaaa berraattt.. pokoknya... kapokk pake JNE
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Ada apa ne dgn jne??? ( ga usah pake capital kalee ).(
Pada tanggal 19 April 2018 saya beli barang dari SHOPEE dengan jne REG | No. Resi. 011060027769618.Barang terkirim dari Jakarta perhari yg sama % semestinya sampai di malang pada tanggal 21
April 2018.
Pada tanggal 22 April, jam 21.18 saya mendapat notif via SMS yg yg isinya mengatakan bahwa barang dalam perjalanan menuju rumah anda, Gaya yee :).
nggu sampe jam 23 ga ada yg nongol.. :)
Sampe sekarang ( tanggal 29 April 2018 )barang belum juga tiba.Saya sdh hub jne 2 juta x via tlp ( Hehehehhe ),Baik itu jne pusat Jakarta maupun Malang. Jawabannya,,inilah , itulah..( GA JELAS SANGAT )....dll..Mengingat barang yg saya beli adalah herbal & sifatnya SANGAT URGENT...Anehnya, tidak 1 x pun pihak jne menghubungi saya utk memberi penjelasan..HEBAT KAN..!!!.
Edisi melongo. :(
Comment Author Avatar
Payah nih jne...status udah with delivery courier dr tgl 29Γ pril18 kok sampe wayah gini belom nongol juga...next nya ogah kirim via jne cilegon
Comment Author Avatar
Payah bnget jne paket sy gak nyampe" smpai skrg pengiriman dr bln april
Tlg dong d benerin lg sistem pengirimannya
Lama" jne bisa gulung tikar
Comment Author Avatar
Nyesel pake jasa JNE,dari jakarta ke pekalongan dah 8 hari belum sampai, kalah cepat dengan J&T
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
JNE anjing Kalo sekiranya kagak mampu nganterin Barang ya ngak usah, ini barang gua hilang udah 2 minggu barang ngak nyampe-nyampe, Uang gua hilang percuma gua ngak ridho dunia akhirat , JNE kampang , bagusan J & T tepat waktu
Comment Author Avatar
JNE emang ga bisa di percaya
Comment Author Avatar
tutup aja JNE, komitmen utamamu g sesuai dengan kerjamu.kalau emang g niat nganterin udah tutup aja masih bnyak expedisi pengiriman yg lbih cpt n akurat.
Comment Author Avatar
Order barang dr toped pke JNE dr tgl28mei sampe skrang tgl6juni blm jg dtng. Di email omong'y sedang di proses proses proses. Ga tau sampe kpn. JNE crew nya pd lemot asal comot angkat pegawai.
Comment Author Avatar
jne sangat di sayangkan kamu mengotori karir mu dengan kesalahan yg sama bnyk yg mengeluh tentang mu
bnyk yg di php ama km
janji manismu mengungkapkan ketidak konsekuen y kamu
ygingin ku sampaikan
adalah mana paket ku yg tk kunjung datang
Comment Author Avatar
jNe niat kerja/tidak ini ..dari awal pesan via sophee ....1minggu lebih ..brang diam di tempat....bukan masalah jumlah nOminal ...tpi menunggu...membuat ayam panggang ..jdi rasa tai,
Comment Author Avatar
Jne gak jelas barang gak sanpai sampai waktu padahal sangat diperlukan . Tolong jangan mengecewakan pelanggan .
Comment Author Avatar
Memang sepertinya paket / kiriman customer tidak menjadi prioritas, padahal itu adalah pekerjaan dan tujuan utama dari perusahaannya(JNE) sendiri, sangat sungguh disayangkan perusahaan sebesar itu management level bawahnya masih terkadang belum baik. #pengalaman sendiri
Comment Author Avatar
GIMANA SI JNE.. ALAMAT UDAH LENGKAP DAN JELAS... TUJUAN KE BOJONG-TEGAL, TAPI DI RESI BOJONG-SLAWI, DAN SEKARANG SAYA CEK WITH DELIVEREY TO tujuan, tapi BOJONG-SEMARANG...
Comment Author Avatar
😑😑😑😑😑😑😑😑😑
Comment Author Avatar
pelyaana jne sangat buruk banyak kecewa dengan jne
Comment Author Avatar
Mhn diperhatikan...!!!! Saya dikirimi paket dr bandung, tp sdh satu minggu gk nyampek2, gmn ini pdhl itu makanan basah, Jan percuma, stkh saya hub pihak jne katanya mslh alamat, tp stlh saya kasih alamat lagi smp 3 hari jyga gk nyampek2, gmn ini, mhn perhatiannya, krn pelayanan itu harusnya mengutamakan kepyasan pelanggan
Comment Author Avatar
Iya gmn ni jne pelayanan.a pdahal dri jakarta ketangerang deket banget masa dri hri minggu sttus.a dikurir saja...emg kurir.a da berpa?? Mohonlah dipercepat kita jg btuh dengan barang itu udh ckuplah pke JnE mendingan pake j&t gx pernah telat
Comment Author Avatar
Tolong dong admin masalah pengiriman sy, Tanggal 2 april 2019 sy kirim barang yg kata petugas Agen bisa dikirim tapi ternyata diTanggal 9 april 2019 sy disuruh ambil Retur barang gak bisa dikirim, Ongkir 150 ribu Hilang.
Terus dimana pertanggung jawaban pihak JNE.
Kalau memang gak bisa kirim jalur udara sy juga gak mungkin maksa, tapi si petugas Agen bilang bisa.
Rugi waktu rugi uang.
Comment Author Avatar
Katanya alamatnya kurang lengkap padahal disitu sudah sangat lengap
Comment Author Avatar
JNE lama amat. sumpah dari sekarang gak mau pake jne. lebih baik JNT cepat sampai
Comment Author Avatar
JNE pengiriman lama kayak taik bikin orang marah karena lama, mulai sekarabg gak mau lagi. mending pake JNT cepat samapai
Comment Author Avatar
Memang sangat buruk pelayanan nya. 10 hari paket gak sampai juga yang katanya sudah diantar.
Comment Author Avatar
katanya JNE YES ( yakin esok sampai ) bangkee, udah 4 hari belom sampe2 katany masih received terus .amjai gilak parah .,
Comment Author Avatar
tolong JNE gimana nih paket dari hari Jum'at udah Smpe Banyumas
tapi Smpe hari selaSe Lom Smpe ke rumah juga
padahal jarak Banyumas ke kedungbanteng Deket bgt