Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Realme C3 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,6 Jutaan! HP Gaming Kere Hore!

Review Singkat Realme C3


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Realme C3 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Realme C3 berdasarkan pengalaman sendiri..

Display/Layar


Realme C3 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,5 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya HD+ 720 x 1600 pixels pada aspek rasion 20:9 jadi agak tinggi/panjang. 

Kerapatan pixel pada ponsel ini sekitar 270 PPI. Walaupun layarnya masih HD dengan ppi dibawah 300 tapi menurut saya pribadi layarnya cukup tajam dan bening-bening aja jika dilihat pada jarak pandang normal, kecuali kalau kita deketin dan dilihat lebih jeli tentu ada terlihat sedikit kurang kerapatannya.

Visibilitas luar ruang atau dibawah terik matahari sangat baik, tidak ada masalah, dengan catatan ponsel Anda tidak sedang brada pada mode "Power Saving".

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.

Design



Warna yang saya beli warna Frozen Blue (Biru Beku). Warnanya jukup mencolok juga sih, bisa menarik perhatioan orang lain. Kalau yang merah Blazing Red, saya belum pernah lihat secara langsung.

Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desain belakangnya kadang-kadang terlihat biasa saja karena feel plastiknya terasa, tapi kadang-kadang juga keren karena efek dinamisnya.

Backcover berbahan plastik polycarbonate ini memiliki tekstur bergelombang sehingga tidak licin dan tidak mudah menempel sidik jari.

Untuk feel genggamannya di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 195 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 9mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh. Ya harap maklum karena baterai juga besar, yang penting build quality ponsel ini sangat baik.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Realme C3



Realme C3 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan 1 sampai 2 harian.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing. Semakin banyak aplikasi diinstal biasanya baterai semakin boros.

Sayangnya Realme C3 ini belum mendukung fast charging VOOC khas Oppo/Realme, jadi mengisi baterai 5000mAh dari 1-100% dengan charger bawaan Realme (5V~2A) lumayan agak lama, yaitu sekitar 3 jam 10 menit. Tapi ga masalah sih kan biasanya ngecas dari 20-80%.

Kalau mau lebih cepat bisa menggunakan charger Xiaomi Redmi Note 7 (MDY-08-EW atau MDY-09-EW) yang bisa berjalan maksimum di 5,3V~2A.

Performa/Kecepatan



Realme C3 ditenagai oleh chipset Mediatek Helio G70 (12 nm) - SoC kelas menengah dari seri Gaming Mediatek. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 180251.

Ini cocok banget buat kamu yang ngejar performance atau kinerja kecepatan buat main game atau menjalankan aplikasi berat.

Tapi sayang, disisi lain Realme C3 yang masuk ke Indonesia untuk saat saya menulis artikel ini hanya memiliki RAM 3GB yang bisa membatasi kinerja keseluruhan, dan ROM 32GB yang kurang leluasa untuk diisi berbagai macam aplikasi.

Untuk performa secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar banget, gak pernah ada lag atau sangat jarang sekali.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar tapi di setting high, dan PUBG juga lumayan lancar dengan setting bawaan HDR HIGH, hanya kalau setting pakai gyro agak delay.

Kualitas Foto




Realme C3 memiliki kamera Triple dengan lensa 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8", 1.25µm, PDAF + 2 MP, (macro) + 2 MP, f/2.4, depth sensor.

Hasil foto Realme C3 bisa dibilang lumayan bagus, sesuai harga lah. Detail nya biasa aja sih maklum cuma 12MP, tapi tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.


Triple cameranya bukan Ultra Wide ya, tapi Macro yang lumayan lagi hit di tahun 2019-2020 ini. Realme menyebutnya "Ultra Macro" yang mampu memotret objek sedekat 4cm. Cuma kalau menurut saya, daripada Macro 2MP lebih penting Ultra-Wide sih, lebih sering kepake.

Contoh kamera Ultra-Macro Realme C3

Overall dengan harga 1,6 jutaan dapat kamera Triple yang mendukung fitur Macro sih keren banget, karena masih langka bisa dapat triple camera dengan fitur Macro di harga segini.

Potret



Realme C3 mengambil potret objek manusia yang bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Realme C3 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie Realme C3


Selfie Realme C3, dalam ruangan (indoor)

Kamera selfie Realme C3 mengemas sensor  5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5", 1.12µm. Ada berbagai fitur AI Face Beauty dan AI HDR.

Selfie dengan Realme C3 detailnya cukup dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik. Dan yang terpenting AI nya bisa bikin wajah lebih cantik atau lebih ganteng.

Potret/bokeh selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek cukup kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami. Hanya di bagian rambut terkadang terbawa blur sedikit.

Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik, karena jika salah posisi maka akan kebanyakan putih di latar belakang.

Rekaman video


Realme C3 merekam video pada dua pilihan 720p/30fps dan 1080p/30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Berikut contoh video Realme C3 1080p/30fps:


Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, walaupun detailnya agak kurang sih menurut saya, dan sayangnya tidak ada stabilizernya sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan. Semoga kedepannya ada update software untuk menambah fitur EIS.

Dan ini sample video slow-motion Realme C3:


Untuk video slow-motion, Realme C3 hanya mampu merekam pada resolusi VGA 640x480p/120fps, dengan hasil yang kurang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C3


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE MANTAP banget, kamera oke, baterai mantap super awet, layar oke, performa kecepatan mantap, hanya kapasitas RAM/ROM yang terbatas.


Kelebihan:
  • Kecepatan kinerja secara keseluruhan sangat baik
  • Performa gaming baik untuk smartphone murah
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya.
  • Triple camera dengan lensa Ultra-Macro di harga 1,6 jutaan.
  • Hasil kamera secara keseluruhan oke 
  • Kamera selfie bagus 
  • Ada screen recording

Kekurangan:
  • Ngecas pakai charger bawaan agak lama, tapi wajar karena baterai besar dan awet. Kalau mau lebih cepat bisa diakali pakai charger 5,3V~2A.
  • Belum ada fitur EIS
  • Pilihan RAM 3GB/ROM 32GB agak sumpek.

Jadi kesimpulan menurut saya sih, ini ponsel cocok buat yang suka main games tapi budget terbatas di 1,6 jutaan atau buat yang mencari chipset kencang. Buat ingin lancar buka sosmed, chat dan aplikasi sehari-hari juga cocok.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Realme C3.

Baca Juga: Masalah Umum Realme C3: Gyro Delay, Ngecas Lama, Touchscreen

Posting Komentar untuk "Realme C3 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,6 Jutaan! HP Gaming Kere Hore!"