Iklan Header

Masalah Umum Realme C3: Gyro Delay, Ngecas Lama, Touchscreen

Realme C3 banyak masalah? Bug! Harap maklum HP baru, chipset baru, sistem operasi Realme UI juga baru, sehingga sepertinya memang masih banyak bug-nya.


Berikut beberapa masalah pada ponsel Realme C3 yang pernah saya alami dan juga pengguna C3 lainnya di group Realme C3 Indonesia.

Ngecas Lambat


Ngecas Realme C3 normalnya 3 jam. Tapi masalah yang saya alami ngecas Realme C3 lama banget dari 0-100% sekitar 5 jam, padahal menggunakan charger dan kabel data bawaan.

Solusi: Ganti kepala charger dengan yang lain 5V~2A, saya coba pakai charger bawaan Xiaomi Redmi Note 7 jadi normal lagi, bisa diatas 1A. Kirain charger-nya bermasalah, dicoba ke HP lain bisa normal. Entah kenapa charger bawaan gak mau ngisi lebih dari 1A buat si Realme C3 padahal spek 5V~2A dan kalau ngecas ke Realme 5 dan Note 7 bisa diatas 1A. Aneh!

Sekalian info kalau mau agak lebih cepat pengisian baterai dibandingkan dengan charger bawaan, coba charger Xiaomi model MDY-09-EW, sedikit lebih cepat karena voltasenya bisa mencapai 5,3V dan ampere di angka 1,9A!

Sensor Gyroscope Delay


Main PUBG kalau settingan Gyro aktif maka akan terjadi delay? Ya, berdasarkan pengalaman saya begitu.

Solusi sementara terpaksa settingan gyro dimatikan. Harap maklum ponsel ini tidak memiliki sensor gyroscope secara hardware, jadi hanya ada virtual-gyroscope yang merupakan software yang menggabungkan sensor acceleration dengan compass.

Masalah Touchscreen


Ada beberapa pengguna yang mengalami masalah touchscreen seperti meleset, ghost touch, pijit back gak bisa tapi setelah beberapa kali baru bisa atau masalah touchscreen lainnya.

Solusi yang bisa dicoba:
  • Matikan Split Screen (Layar Terpisah) di Setting (Pengaturan). Juga matikan 3Finger Screenshot (Tangkapan Layar 3-Jari).
  • Cek menu Software Update barangkali ada update sistem.

Itulah beberapa masalah yang pernah saya alami di ponsel Realme C3. Semoga kedepannya ada update-update software yang bisa memperbaiki masalah tersebut.

Posting Komentar untuk "Masalah Umum Realme C3: Gyro Delay, Ngecas Lama, Touchscreen"