Iklan Header

Bongkar Notebook Tipis Acer Swift 3, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

Acer Swift 3, salah satu laptop atau notebook paling murah dan worthed untuk dibeli pada harga mulai 7 jutaan.

Untuk meningkatkan performa notebook tipis yang hampir setara ultrabook ini ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM hingga 20GB, Harddisk/SSD 2,5", SSD M.2 atau Intel Optane.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
  • Obeng set atau obeng plus
  • Opening pick
  • Pinset
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 9 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup biasanya ada sticker label garansi Acer.

Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Acer Swift 3..

Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Acer Swift 3 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan dua buah skrup yang menahan baterai di sisi kiri dan kanan baterai.

Ganti/Upgrade HDD/SSD Acer Swift 3


Harddisk rusak, mau ganti atau upgrade dengan kapasitas yang lebih besar? Atau mungkin mau ganti dengan SSD 2.5" agar booting Windows dan menjalankan aplikasi lebih cepat?

Lepaskan 4 buah baut yang menahan bracket HDD dengan menggunakan obeng plus, lalu lepaskan juga konektor HDD..


Hati-hati ada kabel WiFi card yang menempel ke bracket HDD, jadi pastikan juga mencabut WiFi card terlebih dahulu atau melepaskan kabel dari bracket HDD.

Silahkan ganti HDD/SSD dengan melepaskannya terlebih dahulu dari bracketnya. Gunakan obeng plus untuk melepaskan HDD.

Upgrade RAM DDR4 Acer Swift 3


Notebook tipis ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 4GB yang di solder pada motherboard sehingga tidak bisa diganti, namun ada sebuah slot RAM untuk menambah kapasitas RAM jika diperlukan, biasanya untuk keperluan desain grafis, video editing atau gaming.

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal membuka bracket aluminium yang menutup slot RAM, dan silahkan pasang RAM untuk menambah kapasitas..


Menambah SSD M.2 atau Intel Optane


Untuk meningkatkan performa booting Sistem Operasi atau loading Aplikasi sangat disarankan Anda menambah SSD M.2 atau Intel Optane. Saya pribadi sih lebih prefer tambah SSD M.2 saja untuk menyimpan OS Windows dan aplikasi-aplikasi penting agar lebih cepat loadinya.

Di sebelah baterai notebook ini atau diatas baterai BIOS ada sebuah tempat atau slot M.2 untuk memasang SSD M.2.. (foto: Nerd Reviews ID)


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Acer Swift 3. Btw tipe yang kita bongkar ini adalah SF314-56G, tapi untuk Swift 3 yang lain juga kurang lebih sama.

Baca Juga: Ganti HDD ke SSD dan Upgrade Ram Laptop Acer Aspire Z3-451 Tingkatkan Performa

Kalau mau lihat video disassembly-nya, silahkan tonton video berikut dari LaptopMedia:


Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Notebook Tipis Acer Swift 3, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai"