Cara Membuka Casing Belakang Notebook Asus ZenBook Flip 13" UX362, Upgrade SSD M.2, dan Ganti Baterai

Asus ZenBook Flip 13" UX362, salah satu laptop atau notebook dengan desain simple, ramping dan terlihat premium.

Saking simple-nya, opsi upgrade pada ultrabook ini hanya bisa upgrade SSD M.2 saja, tidak bisa upgrade RAM karena tidak ada slot tambahan, dan RAM bawaannya juga tidak bisa dicabut pasang karena onboard alias di solder ke motherboard.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 9 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! dua buah sekrup bersembunyi di bawah kaki karet yang bagian belakang dekat engsel. Jadi harus dibuka dulu kaki karetnya itu..

Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Asus ZenBook Flip 13" UX362..

Hampir setengah ruang ditempati oleh baterai berkapasitas 4335 mAh. Dekat baterai ada slot SSD M.2. Lalu di atasnya ada Processor yang ditutupi heatsing yang terhubung ke fan. Tidak terlihat slot RAM tambahan karena memang laptop ini tidak bisa di-upgrade RAM-nya.

Selanjutnya saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Asus ZenBook Flip 13" UX362 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing serta dengan jari tangan..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan empat buah skrup yang menahan baterai, di baterai juga ada tanda petunjuknya ke arak skrup..

Oh ya, sebelum ganti baterai, ini dia spesifikasi baterai Asus ZenBook Flip 13" UX362:
  • Model: C31N1816
  • Jenis: Li-Polymer Battery
  • Rating: 11.55V~50Wh
  • Capacity: 4335mAh (Typ)/4210mAh (Min)

Demikian cara melepaskan konektor baterai dan cara membuka baterai jika ingin diganti pada Asus ZenBook Flip 13" UX362.

Dibawah balik baterai ada modul touchpad, apabila suatu saat touchpad Anda rusak maka untuk mengganti atau memperbaikinya harus membuka baterai terlebih dahulu.

Ganti/Upgrade SSD M.2 Asus ZenBook Flip 13" UX362


Notebook ini tidak memiliki Harddisk ataupun slot drive 2.5", jadi hanya ada slot SSD PCIe saja. Dengan kapasitas SSD bawaan 256GB/512GB mungkin suatu saat Anda ingin menambah kapasitasnya menjadi lebih besar.

Untuk mengganti SSD pada notebook ini cukup mudah, hanya perlu membuka casing belakang seperti yang sudah kami pandu diatas, lalu gunakan obeng plus untuk melepaskan baut penguncinya..


Silahkan ganti SSD dengan melepaskannya terlebih dahulu dari slotnya.

Begitulah kira-kira untuk mengganti atau menambah kapasitas SSD NVMe pada dan mengganti baterai laptop Asus ZenBook Flip 13" UX362. Sayang sekali tidak ada opsi untuk menambah RAM pada laptop ini.

Baca Juga: Bongkar Notebook Lenovo IdeaPad 330s, Upgrade HDD, PCIe SSD, RAM, dan Ganti Baterai

Kalau mau lihat video disassembly-nya, silahkan tonton video berikut dari LaptopMedia:


Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang Notebook Asus ZenBook Flip 13" UX362, Upgrade SSD M.2, dan Ganti Baterai"

Posting Komentar