Bongkar Notebook Lenovo IdeaPad 330s, Upgrade HDD, PCIe SSD, RAM, dan Ganti Baterai

Lenovo IdeaPad 330s, salah satu laptop atau notebook dengan desain simple, ramping dan terlihat premium.

Untuk meningkatkan performa notebook tipis ini ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM hingga 20GB, Harddisk/SSD 2,5", SSD PCIe atau Intel Optane.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 9 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup biasanya ada sticker label garansi Lenovo.


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Lenovo IdeaPad 330s..


Untuk lebih jelasnya kita buka dulu bracket hitam yang menutupi slot RAM dan slot SSD PCIe. Lepaskan empat buah sekrup yang menahannya dengan menggunakan obeng plus..


Setelah dibuka bracketnya kita bisa melihat sebuah slot RAM DDR4 dan slot SSD PCIe..

Adapun area kosong diatas slot SSD PCIe adalah tempat chipset GPU diskrit yang pada notebook kami kosong karena ini model Ryzen 3 2200U dengan GPU terintegrasi tanpa GPU tambahan.

 
Selanjutnya saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Lenovo IdeaPad 330s Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing serta dengan jari tangan..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan lima buah skrup yang menahan baterai..


Demikian cara melepaskan konektor baterai dan cara membuka baterai jika ingin diganti pada Lenovo IdeaPad 330s.

Ganti/Upgrade HDD/SSD Lenovo IdeaPad 330s


Harddisk rusak, mau ganti atau upgrade dengan kapasitas yang lebih besar? Atau mungkin mau ganti dengan SSD 2.5" agar booting Windows dan menjalankan aplikasi lebih cepat?

Lepaskan dua buah baut yang menahan bracket HDD dengan menggunakan obeng plus, lalu lepaskan juga konektor HDD dengan cara mendorong/menggesernya..


Silahkan ganti HDD/SSD dengan melepaskannya terlebih dahulu dari bracketnya. Gunakan obeng plus untuk melepaskan HDD.

Upgrade RAM DDR4 Lenovo IdeaPad 330s


Notebook tipis ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 4GB yang di solder pada motherboard sehingga tidak bisa diganti, namun ada sebuah slot RAM untuk menambah kapasitas RAM jika diperlukan, biasanya untuk keperluan desain grafis, video editing atau gaming.

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal membuka bracket hitam yang menutup slot RAM, dan silahkan pasang RAM untuk menambah kapasitas..


Menambah SSD M.2 atau Intel Optane


Untuk meningkatkan performa booting Sistem Operasi atau loading Aplikasi sangat disarankan Anda menambah SSD atau Intel Optane. Saya pribadi sih lebih prefer tambah SSD saja untuk menyimpan OS Windows dan aplikasi-aplikasi penting agar lebih cepat loadinya.

Di sebelah baterai notebook ini atau diatas baterai BIOS ada sebuah tempat atau slot SSD PCIe untuk memasang SSD PCIe..


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Lenovo IdeaPad 330s. Btw tipe yang kita bongkar ini adalah Lenovo IdeaPad 330s AMD Ryzen 3 2200U, tapi untuk IdeaPad 330s konfigurasi lain (Intel/AMD) juga kurang lebih sama.

Baca Juga: Bongkar Laptop Gaming Lenovo Legion Y530, Upgrade HDD/SSD M.2/Intel Optane, RAM, dan Ganti Baterai

Kalau mau lihat video disassembly-nya, silahkan tonton video berikut dari LaptopMedia:


Semoga bermanfaat!

2 Responses to "Bongkar Notebook Lenovo IdeaPad 330s, Upgrade HDD, PCIe SSD, RAM, dan Ganti Baterai"