Bongkar Laptop Lenovo IdeaPad 130, Upgrade HDD, SSD, RAM, dan Ganti Baterai

Lenovo IdeaPad 130 15IKB, salah satu laptop atau notebook dengan desain simple, ramping dan terlihat premium.

Untuk meningkatkan performa notebook tipis ini ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM hingga 20GB (4GB + 16GB), dan mengganti Harddisk dengan SSD 2,5".

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 13 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup biasanya ada sticker label garansi Lenovo.


Setelah semua skrup dilepaskan, selanjutnya bisa cabut dulu DVDRW drive agar tidak menghalangi saat membuka casing belakang..

 
Setelah itu congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Lenovo IdeaPad 130..


Selanjutnya saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Lenovo IdeaPad 130 Jika Ingin Diganti


Sebelumnya kita bahas dulu spesifikasi baterai Lenovo IdeaPad 130 15IKB:
  • Model: L16L2PB3 
  • Jenis: Li-Ion battery
  • Rating: 7,6V
  • Kapasitas: 4610mAh (Typ)/4400mAh (Min)

Lanjut..

Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing serta dengan jari tangan..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai.

Demikian cara melepaskan konektor baterai dan cara membuka baterai jika ingin diganti pada Lenovo IdeaPad 130.

Ganti/Upgrade HDD/SSD Lenovo IdeaPad 130


Harddisk rusak, mau ganti atau upgrade dengan kapasitas yang lebih besar? Atau mungkin mau ganti dengan SSD 2.5" agar booting Windows dan menjalankan aplikasi lebih cepat?

Lepaskan dulu konektor HDD-nya yang warna biru itu.. yang kiri atau kanannya bisa dilepas.


Lalu lepaskan empat buah baut yang menahan bracket HDD dengan menggunakan obeng plus.. biasanya ada salah satu sekrup yang dilindungi stiker segel garansi.


Silahkan ganti HDD/SSD dengan melepaskannya terlebih dahulu dari bracketnya.

Jika awalnya dari HDD dan mau ganti SSD, tapi masih ingin menggunakan HDD bawaannya, Anda bisa mengganti DVDRW dengan HDD Caddy. Jadi DVDRW dihilangkan diganti dengan slot untuk HDD. Sehingga nantinya SSD+HDD.

Silahkan lihat video berikut: 


Upgrade RAM DDR4 Lenovo IdeaPad 130


Notebook tipis ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 4GB yang di solder pada motherboard sehingga tidak bisa diganti, namun ada sebuah slot RAM untuk menambah kapasitas RAM jika diperlukan, biasanya untuk keperluan multitasking, desain grafis, video editing atau gaming.

Setelah dibuka casing belakang, silahkan bisa langsung pasang RAM untuk menambah kapasitas. Bisa tambah 1x8GB atau 1x16GB DDR4. Untuk spesifikasi RAM nya bisa lihat dulu dengan menggunakan software CPUZ di tap SPD, usahakan agar sama Bandwidth nya.


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Lenovo IdeaPad 130. Btw tipe yang kita bongkar ini adalah Lenovo IdeaPad 130 15IKB, tapi untuk IdeaPad 130 konfigurasi lain juga kurang lebih sama.

Baca Juga: Cara Membuka Casing Belakang Notebook Asus ZenBook Flip 13" UX362, Upgrade SSD M.2, dan Ganti Baterai

Semoga bermanfaat!

Source: iamsvinu.

0 Response to "Bongkar Laptop Lenovo IdeaPad 130, Upgrade HDD, SSD, RAM, dan Ganti Baterai"

Posting Komentar