CPU Throtteling Pada Smartphone yang Bikin "Lag" dan Aplikasi Test Stabilitas Processor

Apa itu CPU Throttling?


CPU disebut juga processor, sedangkan throttling dalam bahasa Indonesia adalah pelambatan.

Definisi 1: PCMag

Menyesuaikan kecepatan clock CPU. Juga disebut "penskalaan frekuensi dinamis," pelambatan CPU biasanya digunakan untuk memperlambat komputer secara otomatis jika memungkinkan untuk menggunakan lebih sedikit energi dan menghemat baterai, terutama di laptop atau smartphone.

Pada laptop atau PC desktop, CPU Throttling juga dapat disesuaikan secara manual untuk membuat sistem lebih tenang, karena kipas kemudian dapat berjalan lebih lambat. Hal ini adalah lawan dari overclock.

Definisi 2: Wikipedia

Dynamic Frequency Scaling (juga dikenal sebagai CPU Throttling) adalah teknik dalam arsitektur komputer di mana frekuensi mikroprosesor dapat secara otomatis disesuaikan "on the fly" tergantung pada kebutuhan aktual, untuk menghemat daya dan mengurangi jumlah panas yang dihasilkan oleh chip .

Penskalaan frekuensi dinamis membantu menghemat baterai pada perangkat seluler dan mengurangi panas serta kebisingan pada pengaturan komputasi yang tenang, atau dapat berguna sebagai langkah pengamanan untuk sistem yang terlalu panas (mis. Setelah overclocking yang buruk). Penskalaan frekuensi dinamis digunakan di semua rentang sistem komputasi, mulai dari sistem seluler hingga server untuk mengurangi daya pada saat beban kerja rendah.

Penjelasan.. Jika belum faham, Elppas jelasin dengan bahasa ringan..

CPU atau prosesor itu ada frekuensinya (misal 2.2GHz). Ukuran GHz tertera itu adalah maksimalnya.

Pada saat dijalankan PC/Smartphone itu kan kerjanya dinamis, ada kalanya idle (stanby) atau sedang tidak digunakan, ada juga saatnya bekerja keras seperti saat main game, rendring, atau menjalankan aplikasi berat.

Ketika standby maka frekuensi prosesor akan otomatis diturunkan (seperti orang berjalan santai) untuk mendinginkan dan juga menghemat baterai.

Ketika menjalankan aplikasi berat dan banyak tugasnya maka frekuensi prosesor akan otomatis naik hingga kemampuan maksimalnya (seperti orang berlari sekencang-kencangnya). Namun ketika prosesor bekerja keras maka akan menimbulkan panas, dan ketika panas itu berlebihan maka frekuensinya otomatis akan diturunkan (seperti orang berlari makin lama makin panas dan nafas makin sesak maka akan menurunkan kecepatan larinya). Itulah yang disebut CPU Throttling.


Apa penyebab CPU Throttling?


Ada berbagai penyebab pelambatan dan salah satu penyebab utamanya adalah kepanasan.


Penyebab lain untuk pelambatan CPU adalah karena konfigurasi BIOS yang salah atau bahkan perangkat lunak driver yang salah.

Efek CPU Throttling pada Smartphone


Karena ada penurunan performa maka tentunya CPU Throttling ini dapat mengakibatkan beberapa gangguan seperti yang pernah saya alami di ponsel Xiaomi Redmi Note 7, diantaranya:
  • Frame drop yang mengakibatkan lag pada games berat seperti PUBG
  • Lag pada saat merekam video, terutama video gerak lambat
  • Hang dan force close pada beberapa aplikasi

Itulah beberapa efek throttling yang pernah saya alami.

Jadi, bagaimana kita mengatasi pelambatan CPU? (Pada Smartphone)


Cara paling umum untuk memperbaikinya adalah, pertama, memastikan apakah panas yang menyebabkan pelambatan atau bukan.

Perangkat lunak di bawah ini akan membantu Anda menentukan apakah CPU Anda kepanasan dan apakah itu cenderung mengalami throttling.

Apk CPU Throttling Test (https://play.google.com/store/apps/details?id=skynet.cputhrottlingtest&hl=en)

Ini akan membantu Anda untuk memonitor suhu chipset ponsel Anda dan menilai beban kerja CPU Anda.


Jika hasil pengujian menunjukkan terjadi pelambatan kinerja prosesor (throttling) seperti pada screenshoot diatas adanya grafik penurunan berwarna merah. Coba beberapa hal ini untuk mengatasi masalah throttling:
  1. Lepaskan casing saat bermain games atau aplikasi berat
  2. Mainkan di tempat dingin 
  3. Jangan bermain sambil di cas
  4. Jika ada, setting performa ke hemat daya 
  5. Jika tidak ada settingan performa, gunakan aplikasi "CPU Governor" pihak ke-3 seperti Kernel Auditor (HP harus di ROOT) untuk menurunkan frekuensi maksimal (underclock).
  6. Menunggu update perbaikan software dari vendor smartphone Anda.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah CPU Throttling. Karena smartphone secara desain tidak bisa diganti sistem pendinginnya, jadi kalau sudah berbagai macam cara dilakukan tapi tidak dapat mengatasi masalah tersebut, maka solusi terakhir adalah ganti smartphone :)

0 Response to "CPU Throtteling Pada Smartphone yang Bikin "Lag" dan Aplikasi Test Stabilitas Processor"

Posting Komentar