Iklan Header

Vivo Y15 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,3 Jutaan!

Review Singkat Vivo Y15


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Vivo Y15 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Vivo Y15 rangkuman dari berbagai sumber..

Display/Layar


Vivo Y15 - Credit: 805Gadget

Vivo Y15 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,35 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya sayang sekali belum FullHD ya, ini hanya HD+ 720 x 1544 pixels pada aspek rasio 19,3:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 268 ppi.

Tapi, walau layarnya masih HD dengan ppi dibawah 300 tapi menurut saya pribadi layarnya cukup tajam dan bening-bening aja jika dilihat pada jarak pandang normal, kecuali kalau kita deketin dan dilihat lebih jeli tentu ada terlihat sedikit kurang halus.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.

Design


Vivo Y15 belakang - Credit: 805Gadget


Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya jadi bikin terlihat seperti kaca.

Desainnya kembaran dengan Vivo Y17 dan Y12, hanya beda di finishing casing belakang saja. 

Untuk feel genggamannya di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 190,5 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 8,9mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh. Ya harap maklum karena baterai juga besar, yang penting build quality ponsel ini sangat baik.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Vivo Y15



Vivo Y15 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan 1 sampai 2 harian.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing. Semakin banyak aplikasi diinstal biasanya baterai semakin boros. SIM card yang terpasang dan sinyal juga dapat mempengaruhi ketahanan baterai.

Disisi lain Vivo Y15 ini belum mendukung fast charging Dual-Engine khas Vivo, chargernya masih standar 5V~2A, jadi mengisi baterai 5000mAh lumayan agak lama, yaitu sekitar 2 jam 45 menit.

Performa/Kecepatan


 
Skor Antutu Vivo Y15 - Credit: 805Gadget

Vivo Y15 ditenagai oleh chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) - SoC kelas menengah bawah dari seri Performance Mediatek. SoC ini pada Vivo Y15 varian RAM 3GB + ROM 64GB dapat mencetak skor Antutu sebesar 78.165.

Kalau ngejar performance atau spesifikasi tinggi sebenarnya sih menurut saya jangan ke Vivo seri Y ini, karena di harga 2,3 jutaan Anda bisa dapat Realme 3 atau Redmi Note 7 yang sepsifikasinya lebih tinggi dengan skor Antutu diatas 110.000.

Sebagai gantinya Vivo Y15 menawarkan kamera triple yang salah satunya mendukung Super-wide Angle. Selain itu juga kapasitas RAM 3GB atau 4GB dan memori internal 64GB sudah cukup besar.

Untuk performa secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja, walaupun terkadang suka ada sedikit lag jika melakukan scroll cepat di sosmed.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar tapi di setting medium, dan PUBG juga lumayan masih playable hanya sedikit lag tapi dengan setting yang paling rendah.

Kualitas Foto

 
Sample camera Vivo Y15 - Credit: 805Gadget

Vivo Y15 memiliki kamera Triple dengan lensa 13 MP, f/2.2, PDAF + 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, depth sensor.

Hasil foto Vivo Y15 bisa dibilang lumayan bagus, sesuai harga lah. Ada banyak detail yang ditangkap dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.

Yang saya suka adalah kamera wide-angle nya yang sangat berguna untuk mengambil foto di ruang sempit sehingga dapat mengambil bingkai yang lebih luas.

Overall dengan harga 2,3 jutaan dapat kamera Triple yang mendukung fitur Super-wide-angle sih keren banget, karena masih langka bisa dapat triple camera dengan wide angle di harga segini.

Potret


Vivo Y15 mengambil potret objek manusia yang bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Vivo Y15 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie Vivo Y15

 
Vivo Y15 selfie

Kamera selfie Vivo Y15 mengemas sensor 16 MP di belakang lensa aperture f/2.0. Ada berbagai fitur AI Face Beauty.

Pokoknya, selfie dengan Vivo Y15 banyak detail dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik.

Potret/bokeh selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek cukup kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami. Hanya di bagian rambut terkadang terbawa blur sedikit.

Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik, karena jika salah posisi maka akan kebanyakan putih di latar belakang.

Rekaman video


Vivo Y15 merekam video hingga 1080p pada 30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, walaupun detailnya agak kurang sih menurut saya, dan sayangnya tidak ada stabilizernya sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y15


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai super awet, layar oke, pokoknya semua oke, hanya performa saja yang agak kurang.


Kelebihan:
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya.
  • Triple camera dengan lensa Super Wide-angle di harga 2 jutaan.
  • Hasil kamera secara keseluruhan oke 
  • Kamera selfie bagus 
  • Desain yang biasa terlihat cakep, mewah dan elegan dengan skema warna yang menarik.

Kekurangan:
  • Performa kurang bisa diandalkan
  • Tidak ada EIS

Jadi kesimpulan menurut saya sih, ini ponsel lebih cocok buat Anda yang mencari baterai besar 5000mAh dengan daya tahan yang baik, kamera triple yang mendukung super-wide angle dengan hasil yang baik, dan kamera selfie yang bagus, serta memori internal yang cukup besar untuk menyimpan banyak foto. Tapi tidak mengejar performa, ini untuk Anda yang lebih banyak menggunakan fungsi dasar ponsel seperti nelpon, chat, sosmed, foto-foto dan nonton video. Ini bukan untuk Anda yang lebih banyak main game berat seperti PUBG. Tapi kalau maksa, bisa coba manfaatkan fitur Ultra Game Mode untuk meningkatkan performanya.

Baca Juga: Perbandingan dan Perbedaan Spesifikasi Vivo Y17 vs Y15 vs Y12, Pilih Mana?

Kira-kira begitulah hasil review kami, bila Anda ingin menambahkan silahkan di komentar. Maaf jika masih banyak kekurangan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Vivo Y15. 

Posting Komentar untuk "Vivo Y15 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,3 Jutaan!"