Realme 3 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,9 Jutaan!

Review Singkat Realme 3


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Realme 3 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Realme 3 ala orang awam..

Display/Layar



Realme 3 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,22 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya 720 x 1520 pixels HD+ pada aspek rasion 19:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 270 ppi. Bukan ketajaman yang ideal, tetapi masih cukup baik.

Layar dilindungi dengan Gorilla Glass 3, tetapi ada juga lapisan pelindung layar plastik bawaan yang sudah menempel darisananya. Bisa Anda lepas atau tidak - itu terserah Anda.
Teksnya cukup tajam meskipun pikselisasi minor terlihat di sana-sini. Ikon pada homescreen agak buram karena resolusi yang rendah juga. Tetapi meskipun layar tidak cukup tajam untuk bersaing dengan yang terbaik, kita gak bisa komplain jika mengingat harganya yang murah.

Layar Realme 3 memiliki kecerahan maksimum 385 nits - yang di bawah rata-rata bahkan untuk kelas ini, tetapi sebagian besar akan baik-baik saja di luar ruangan bawah sinar matahari kecuali yang paling cerah. Level hitam ternyata cukup dalam, jadi layar Realme 3 mencetak rasio kontras yang sangat baik yaitu 1460:1.

Kecerahan yang lebih rendah yang dapat kami capai pada Realme 3 adalah 1,8 nits, yang berarti cukup redup untuk kenyamanan penggunaan dalam gelap.

Angka kontras sinar matahari jauh dari ideal untuk layar Realme 3, tetapi itu tetap berarti tampilan masih dapat digunakan di luar ketika kecerahan diatur ke maksimum.

Design



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah oke, cakep dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya jadi bikin terlihat elegan.

Dan dengan pewarnaan Realme 3 Dynamic Black dan Radiant Blue, bagi kami ini cukup mempesona.

Dynamic Black adalah sesuatu yang sebenarnya telah kita lihat pada vivo V11 yang dipasarkan sebagai Starry Night. Ini adalah gradien yang sangat menarik dari hitam ke biru tua yang ditaburi seperti bintang sangat brilian.

Lalu ada Radiant Blue, yang sedikit lebih asing daripada Dynamic Black. Ini mencampurkan warna hijau cerah dan biru untuk satu efek yang sangat bunglon dan sangat memukau menyaksikan warna-warna itu berubah di bawah cahaya berbeda.

Bagian belakang, apa pun pilihan warnanya, terbuat dari plastik yang tahan lama dengan sentuhan akhir yang mengkilap. Realme 3 menggunakan desain unibody yang berarti bagian belakangnya benar-benar membungkus seluruh ponsel hingga ke layar. Tidak ada bingkai yang berdiri sendiri, meskipun kurva pada sisi cukup tajam untuk dipegang.

Pengaturan dua kamera di belakang untuk pertama kalinya pada Realme memiliki penyelarasan vertikal. Kamera 13MP berada di atas ditandai dengan cincin kuning, kemudian muncul sensor kedalaman 2MP, dan lampu kilat LED di bagian bawah.

Pemindai sidik jari juga ada di belakang, selalu aktif dan sangat akurat seperti biasa.

Realme 3 sangat mirip dengan Realme U1 dan Realme 2 Pro di bagian depan. Ini memiliki layar IPS LCD 6,2 "dengan satu lekukan kecil untuk kamera selfie 13MP. Tetapi tidak seperti model yang kami sebutkan, Realme 3 memiliki resolusi HD + yang lebih rendah seperti pendahulunya Realme 2.

Lubang suara terukir di antara bingkai dan kaca depan, yang merupakan Gorilla Glass 3.

Realme 3 memiliki semua yang penting di sisinya. Port microUSB yang ketinggalan jaman, loudspeaker dan port audio semuanya ada di bagian bawah. Tri-slot di sebelah kiri dan dapat diisi dua kartu nano-SIM dan satu microSD.

Realme 3 sama besar dengan Realme 2 di 156.1 x 75.6 x 8.3 mm dan beratnya hampir sama di 175g.

Dan ya, Realme 3 licin dan sidik jari menempel, tetapi ini datang dengan wilayah yang mengkilap. Frame lebih tajam dari pada model sebelumnya. Tetapi Anda dapat memasang casing gratis yang Anda dapatkan dalam kotak penjualannya.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Realme 3



Realme 3 ditenagai oleh baterai 4.230 mAh yang besar - kapasitas yang sama dengan Realme 2. Baterai mendukung pengisian 5V/2A biasa dan pengisi daya 10W yang dipaket mengisi sekitar 23% baterai dalam 30 menit dan 30% dalam 40 menit. Tidak cepat, tetapi secepat yang Anda harapkan di segmen harga ini.

Realme 3 mencetak hasil yang sangat baik dalam pengujian baterai kami dengan peringkat Daya Tahan 108 jam. Itu melakukan pekerjaan besar di semua skenario yang diuji - pemutaran video, panggilan, penelusuran web, dan bahkan kinerja siaga. Ini mencetak lebih baik daripada Realme U1, yang memiliki chipset yang sama, berkat baterainya yang lebih besar.

Secara keseluruhan, daya tahan baterai Realme 3 patut diacungi jempol.

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio


Realme 3 memiliki satu pengeras suara dari bawah dengan lubang bulat berbaris sebanyak enam buah. Pengeras suara masih dapat menampilkan pertunjukan yang baik, bahkan di segmen ponsel murah.

Sama seperti yang dijanjikan, speaker memang disetel untuk fokus pada nada tengah, tetapi tidak peduli jenis musik yang Anda mainkan, suaranya terdengar cukup bagus.

Jika menggunakan external amplifier aktif dari uji kualitas audio kami menunjukkan Realme 3 memberikan kinerja yang luar biasa - kejernihannya sempurna dan volumenya sangat tinggi.

Jika menggunakan headphone, kenyaringannya malah berkurang ke tingkat rata-rata. Stereo crosstalk naik dalam jumlah rata-rata dan beberapa distorsi intermodulation merayap masuk. Sebuah tampilan yang agak biasa-biasa saja oleh Realme 3 di sini dalam skema besar, tetapi cukup mempertimbangkan kisaran harganya.

Performa/Kecepatan



Realme 3 ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P60 (12nm) - SoC kelas menengah dari seri Performance Mediatek. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 132.221.

Realme 3 memiliki manfaat besar dalam hal grafis karena resolusi layarnya yang lebih rendah. Pada segmen harga 1,9 jutaan R3 menawarkan kinerja dua kali lipat atas Realme 2 (juga layar 720p), dan kecepatan yang tak tertandingi di seluruh kompetisi.

Realme 3 mungkin adalah ponsel Realme paling kuat sejauh ini karena manfaat resolusi layar yang lebih rendah.

Kami tidak melihat adanya area khusus pada tubuh Realme 3 yang memanas bahkan ketika menjalankan tolok ukur tersebut untuk jangka waktu yang lebih lama dan tidak ada pelambatan sama sekali.

Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja tidak ada kendala, tidak ada lag yang menganggu.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar, dan PUBG juga lancar dengan set medium. Tapi jika Anda pengguna giroskop maka mungkin akan sedikit kecewa karena ponsel ini tidak memiliki sensor giro secara hardware.

Kualitas Foto


Nightscape - Realme 3

Realme 3 memiliki dual kamera 13MP + 2MP. Hanya 13MP yang dapat digunakan sendiri, sedangkan modul 2MP digunakan untuk deteksi kedalaman.

Sensor utama berada di belakang lensa f /1.8. Autofokus deteksi fase, dan LED flash melengkapi spesifikasi kamera.

Aplikasi kamera menawarkan pengenalan scene AI - Anda akan melihat ikon kecil ketika scene berhasil dikenali, dan perangkat lunak akan menyesuaikan semua pengaturan yang sesuai. Makanan, salju, binatang peliharaan (anjing dan kucing), matahari terbenam, rumput, di antara scene lain, ditangkap sebagian besar dengan benar.

Aplikasi ini memiliki tiga mode utama - Foto, Potret dan Video - dan Anda dapat menggeser di antaranya. Beralih Chrome Boost baru ada di ujung yang lain, disertai dengan pengaturan HDR dan lampu kilat. Chrome Boost adalah mode HDR canggih, yang menumpuk beberapa gambar dan menawarkan peningkatan lebih lanjut dalam rentang dinamis dan kadang-kadang - saturasi warna yang lebih baik.

Ada juga menu hamburger dengan beberapa mode pemotretan lainnya - Expert (pengaturan manual), Pano, Time-lapse, Slow-mo, dan Nightscape. Yang terakhir adalah apa yang disebut mode genggam eksposur lama untuk foto malam, yang merupakan hal yang harus dimiliki di tahun 2019 ini. Dan terima kasih kepada Realme karena menghadirkannya pada ponsel murah!

Ada juga tombol zoom 2X, tetapi melakukan zoom digital sederhana - tidak ada lensa telefoto pada Realme 3.

Foto-foto siang hari yang kami ambil dengan Realme 3 ternyata tajam dan dengan detail yang cukup teratasi, kontras yang sangat baik, dan warna yang akurat. Rentang dinamis nya rata-rata - ada sorotan terpotong di sana-sini, tapi bisa diperbaiki dengan HDR. Kontrol noise seimbang - Anda dapat melihat noise sebagian besar di area warna seragam. Presentasi dedaunan juga cukup bagus.

Secara keseluruhan, itu adalah salah satu foto terbaik yang pernah kami lihat dari berbagai ponsel terbaru pada rentang harga 2 jutaan.

Zoom 2x murni digital, tidak ada lensa telefoto pada Realme 3.

Mode HDR bekerja dengan baik pada Realme 3. Anda juga mendapatkan mode otomatis yang baik, terkadang bahkan sangat baik. Pemrosesan HDR tidak terlalu ekstrim dan umumnya membantu menyelamatkan beberapa detail dalam bayangan dan sorotan chaya.

Lalu ada mode Chrome Boost, yang harus Anda aktifkan dari viewfinder. Anda harus menggunakan ini untuk meningkatkan rentang dinamis lebih jauh dan jika Anda berpikir warnanya agak kusam daripada seharusnya. Memang meningkatkan rentang dinamis lebih jauh dari HDR berkat beberapa penumpukan gambar yang lebih maju, tetapi Anda akan kehilangan beberapa detail halus dalam proses.

Chroma Boost sangat cocok untuk foto matahari terbenam atau matahari terbit.

Kamera 13MP pada Realme 3 memiliki lensa f/1.8 yang menyerap cahaya, dan itu membantu gambar di malam hari. Foto yang kami ambil dengan Realme 3 cukup dapat diterima untuk ponsel kelas budget. Ada detail yang cukup meskipun tingkat kebisingannya tinggi.

Banyak highlight yang terpotong, seperti yang diharapkan, tetapi mode HDR akan berhasil memulihkan beberapa dari mereka. Dan Anda bahkan mungkin mendapatkan sedikit lebih detail juga.

Realme 3 adalah salah satu ponsel termurah yang menawarkan mode malam eksklusif yang disebut Nightscape. Tapi itu melakukan pekerjaan yang agak buruk dan kami sering menemukan foto HDR lebih baik daripada Nightscape. Sekali lagi, ingat ini semua ditembak genggam.

Kami telah memutuskan untuk mencoba mode Chroma Boost dalam kondisi kurang cahaya dan menghasilkan bidikan yang seimbang.

Jadi, kami sedikit kecewa dengan mode Nightscape, meskipun kami percaya Realme akan menyelesaikannya melalui pembaruan perangkat lunak. Sementara itu, Chroma Boost dan HDR lebih dari cukup untuk beberapa foto yang sangat bagus.

Potret


Mode Potret memancarkan gambar beresolusi tinggi 13MP. Foto-fotonya sangat bagus - pemisahan subjek berfungsi dengan baik, tidak ada banyak transisi yang tiba-tiba dari tajam ke kabur, bokehnya bagus, dan secara keseluruhan - foto-foto tersebut adalah di antara potret yang lebih baik yang pernah kami lihat, termasuk flagships.

Masalahnya adalah ini membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengambil gambar yang berarti Anda harus menjaga tangan Anda stabil selama 1-2 detik.

Selfie



Realme 3 memiliki kamera selfie 13MP yang berada di belakang lensa f /2.0. Ini lensa fokus tetap; tidak ada flash khusus atau hal-hal lain seperti itu.

Kamera selfie 13MP melakukan pekerjaan yang cukup layak. Meskipun rentang dinamis yang tidak mengesankan (tapi ada mode HDR yang sangat baik), sebenarnya tidak banyak yang dikeluhkan. Ada lebih dari cukup detail, warnanya bagus, dan gambarnya cukup tajam.

Kamera selfie juga menawarkan bokeh yang disimulasikan, seperti halnya banyak snappers selfie Oppo dan Realme lainnya. Ini menyimpan gambar dalam 8MP yang cukup baik untuk berbagi di jejaring sosial.

Dan mode Beautification juga tersedia, termasuk yang didukung AI.

Rekaman video


Helio P60 dapat melakukan video 4K, tetapi karena alasan tertentu, hal itu tidak dapat dilakukan pada Realme 3. Tidak ada 1080p pada mode 60fps; EIS juga tidak ada.

Video 1080p ditangkap dengan suara stereo dan memiliki banyak detail terselesaikan untuk kelasnya. Rentang dinamis rata-rata. Warnanya akurat, dan kebisingannya ditangani dengan baik.

Sayangnya untuk video bergerak, seperti mengambil video sambil berjalan maka hasilnya cukup banyak goncangan. Tapi semoga bisa diperbaiki secara software pada update di masa akan datang.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 3


Realme 3 memiliki banyak hal yang ditawarkan, dapat banyak dengan harga murah. Desainnya terlihat bagus, kamera sangat baik dikelasnya, dan baterai juga termasuk yang terbaik. Performa juga menjadikan Realme 3 benar-benar unggul.

Kelebihan:

  • Desain yang bagus
  • Layar besar dengan bezel minimum dan takik layar mirip tetesan
  • Performa terbaik pada range harga 2 juta
  • Daya tahan baterai sangat baik
  • Pengalaman dan kualitas kamera serba bagus
  • Harga tergolong murah

Kekurangan:

  • Resolusi layar rendah masih HD+
  • Tidak ada sensor gyroscope secara hardware
  • Hasil video cukup banyak goncangan

Masalah:
Masalah yang diketahui pada ponsel ini yang cukup banyak dikeluhkan para pengguna adalah "touch delay", tapi telah bisa diatasi dengan meng-update Sistem Operasi ke versi terbaru.

Demikian review Realme 3, mohon maaf jika banyak kekurangan. Jika Anda ingin menambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Realme 3.

Baca Juga: Realme 3 Pro Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!

0 Response to "Realme 3 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,9 Jutaan!"

Posting Komentar