Iklan Header

Samsung Galaxy A50 A50s A51 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini

Pemecahan masalah hp tidak mau nyala


Ada dua alasan umum mengapa Samsung Galaxy A series (A50, A50s, A51) Anda tidak mau hidup. Salah satunya adalah kemungkinan bahwa ada perangkat keras yang bermasalah yang mencegah sistem untuk boot atau dihidupkan kembali. Ini biasanya terjadi ketika perangkat telah rusak secara fisik setelah jatuh atau ketika terkena air atau cairan. Alasan lainnya adalah bug perangkat lunak.

Artikel pemecahan masalah ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah tentang cara mengidentifikasi masalahnya, baik secara hardware maupun software.

Solusi 1: Galaxy A50 tidak mau nyala, Periksa perangkat keras yang rusak


Salah satu alasan paling umum mengapa perangkat elektronik atau telepon gagal dinyalakan adalah perangkat keras yang rusak. Apakah Galaxy A50 Anda terjatuh atau terbentur sesuatu yang sehingga mengakibatkan itu mati dan tidak mau nyala? Jika jawabannya adalah ya, maka Anda mungkin mengalami kerusakan fisik.

Mungkin tidak banyak yang dapat Anda lakukan pada titik ini dan ponsel Anda mungkin mati. Dalam banyak kasus, kejadian apa pun yang merusak perangkat keras dan mengakibatkan kegagalan ponsel untuk melakukan booting adalah sesuatu yang serius.

Tidak ada perbaikan software yang dapat dilakukan untuk memperbaiki bagian yang rusak secara fisik. Jika ada kerusakan parah pada motherboard saat ini, hanya ada dua opsi untuk Anda: Anda harus memperbaikinya atau menggantinya.

Jika kerusakan perangkat keras berasal dari paparan air atau cairan. Coba cara klasik, yaitu jangan coba menghidupkan ponsel, dan rendam dalam beras 2-3 hari untuk mengeringkan. Lalu coba nyalakan.

Namun, jika ada indikasi yang jelas bahwa perangkat tersebut mengalami kerusakan perangkat keras, Anda tidak perlu mencari solusi secara software. Anda harus segera menghubungi Samsung Service Center agar mereka dapat memeriksa telepon dan memberi tahu Anda masalahnya.

Namun, jika masalah Galaxy A50 Anda tidak mau menyala terjadi secara tiba-tiba dan Anda yakin bahwa itu tidak jatuh, terpapar elemen, atau mengalami kerusakan fisik (karena Anda tahu sejarah ponsel Anda), maka kemungkinan ada masalah software. Dalam hal ini, kami sarankan Anda melanjutkan langkah pemecahan masalah di bawah ini untuk mencari tahu dari mana masalah itu berasal.

Solusi 2, Galaxy A50 tidak mau nyala: Lakukan soft/force reset


Hal berikutnya yang patut coba Anda lakukan adalah melakukan soft reset. Ini seperti mencabut baterai dan memasangk kembali yang mungkin dapat menyingkirkan bug juga.


Untuk melakukannya, cukup tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Turun selama sekitar 10-15 detik. Setelah ponsel merestart, lepaskan tombol. Ini biasanya efektif dalam membersihkan bug yang berkembang ketika suatu sistem dibiarkan berjalan selama beberapa waktu.

Kami menyarankan Anda me-restart A50 Anda menggunakan metode ini setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi kemungkinan bug.

Untuk beberapa Galaxy A50, mungkin ada cara yang sedikit berbeda untuk sampai pada metode yang sama. Begini caranya:
  1. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Turun selama sekitar 10 detik atau hingga siklus daya perangkat. Biarkan beberapa detik hingga layar Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  2. Dari layar Maintenance Boot Mode, pilih Boot Normal. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menelusuri opsi yang tersedia dan tombol kiri bawah (di bawah tombol volume) untuk memilih. Tunggu hingga 90 detik hingga reset selesai.

Solusi 3: Galaxy A50 tidak bisa nyala, coba cas dulu


Isi daya ponsel Anda. Ini adalah hal kedua yang bisa Anda lakukan dalam kasus ini. Banyak Android dengan masalah ini biasanya akibat ponsel yang mungkin kehabisan baterai. Untuk memeriksa apakah itu masalahnya, yang harus Anda lakukan adalah membiarkan ponsel mengisi daya untuk beberapa waktu.

Dalam panduan ini, kami sarankan Anda mengisi daya setidaknya selama 30 menit. Pastikan Anda tidak mengganggu sesi pengisian daya dengan menghidupkan kembali ponsel. Jika perangkat Anda berhasil dihidupkan setelah itu, pastikan untuk juga mengkalibrasi ulang Sistem Operasi dan baterai dengan langkah-langkah ini:
  1. Kuras baterai sepenuhnya. Ini berarti menggunakan perangkat Anda hingga mati dengan sendirinya sampai tingkat baterai 0%.
  2. Isi daya telepon hingga mencapai 100%. Pastikan untuk menggunakan peralatan pengisian daya asli untuk perangkat Anda dan biarkan baterai terisi penuh. Jangan mencabut perangkat Anda selama setidaknya dua jam lagi dan juga jangan menggunakannya saat mengisi daya.
  3. Setelah waktu yang berlalu, cabut perangkat Anda.
  4. Nyalakan ulang perangkat.
  5. Gunakan ponsel Anda sampai benar-benar kehabisan daya lagi.
  6. Ulangi langkah 1-3.

Solusi 4, Galaxy A50 tidak nyala tapi ada getar dan suara: Cek layar


Alasan lain yang memungkinkan mengapa ponsel Anda dapat mati saat ini adalah layar yang rusak. Jika telepon masih bergetar, atau masih ada suara suara notifikasi, maka mungkin ada masalah dengan layar.

Ini biasanya terjadi ketika perangkat jatuh dan layar hancur. Pada dasarnya, apa yang terjadi adalah layar rusak tetapi motherboard masih bekerja dengan normal. Namun, karena layar adalah pintu gerbang ke sistem, itu perlu diperbaiki terlebih dahulu agar Anda dapat terus menggunakan perangkat Anda.

Jika layar tidak menyala sama sekali, Anda harus mengirim ponsel ke Samsung agar dapat diperbaiki terlebih dahulu. Jika mesinnya masih bagus, maka telepon Anda akan berfungsi normal setelah mengganti LCD.

Baca Juga: Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A50

Solusi 5, Galaxy A50 tidak bisa hidup: Dapatkan bantuan dari Samsung


Sebagaimana dibahas secara singkat di atas, panduan ini dimaksudkan untuk membantu pengguna Galaxy A50 yang mengalami kesulitan menyalakan perangkat mereka karena masalah yang terkait dengan perangkat lunak.

Jika tidak ada saran di atas yang berhasil sejauh ini, Anda dapat mengasumsikan bahwa penyebabnya bukan pada software. Mungkin ada kesalahan perangkat keras yang tidak dikenal yang mencegah ponsel untuk memulai.

Baca Juga: 

Kunjungi Samsung Service Center di sekitar Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjut pada ponsel Anda.

1 komentar untuk "Samsung Galaxy A50 A50s A51 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini"

Comment Author Avatar
Makasih bangkrut Ya Allah ....