Apa Bedanya Teknologi Quick Charge dengan AiPower, PowerIQ, VoltiQ?

Mungkin bagi sebagian orang yang masih awam dengan teknologi yang terdapat pada charger akan ada sedikit kebingungan ketika menggunakan charger multiport bermerk seperti Anker, Aukey atau Tronsmart.

Contohnya pada charger Aukey 3-port (colokan USB) yang sudah mendukung teknologi Quick Charge dibawah ini..
Disana ada port berwarna orange dengan logo "Quick Charge" (tanda petir dalam lingkaran) dan ada port berwarna hijau dengan logo "AIO" (AiPower).

Lalu Anda mau cas HP, tapi bingung mau colok ke mana? Lebih baik Quick Charge atau AiPower?

Ini bedanya:

  • Quick Charge itu adalah teknologi fast charging atau pengisian baterai cepat dengan meningkatkan voltase dan ampere. Quick Charge 3.0 mendukung output 3.6-6.5V/3A, 6.5-9V/2A, 9-12V/1.5A (Max 18 Watt). Teknologi ini berjalan pada perangkat yang sudah mendukung Quick Charge. Baca juga: Bahasan Lengkap Qualcomm Quick Charge 1 2 3 4 dst
  • AiPower (Aukey), PowerIQ (Anker), VoltiQ (Tronsmart) itu adalah teknologi pintar yang dapat mendeteksi kebutuhan daya pada perangkat yang dihubungkan ke port yang memiliki teknologi itu. Jadi misalkan HP dicolok ke port ini maka si charger akan mendeteksi apakah HP ini mendukung pengisian 5V~1A (5W) atau 5V~2A (10W) atau 5V~2.4A (12W), dan otomatis akan menyediakan supply daya sesuai kebutuhannya. Baca juga: Apa itu AiPower, PowerIQ, VoltiQ, Smart Technology, iSmart+ 2.0 pada Charger?

Itulah perbedaannya! Sudah jelas?

Jadi untuk perangkat HP/gadget yang sudah mendukung Quick Charge colok ke yang ada logo Quick Charge-nya, kalau di Aukey biasanya port warna orange, kalau di Tronsmart biasanya berwarna biru.

Kalau HP Anda belum mendukung Quick Charge dan/atau tidak tahu HP Anda support berapa ampere, maka colok ke port hijau yang berlogo AIO.

Bolehkah HP yang belum support Quick Charge dicolok ke charger Quick Charge? Apa yang terjadi jika hape belum support Quick Charge menggunakan kepala charge Quick Charge?

Boleh-boleh saja tidak akan ada masalah selama chargernya bukan abal-abal, karena biasanya port Quick Charge juga sudah mendukung teknologi pintar seperti AiPower/PowerIQ/VoltiQ, sehingga akan memberikan output sesuai dengan kebutuhan HP yang di hubungkan.

Misalkan HP iPhone 5 yang hanya mendukung pengisian 5V~1A jika dicolok ke charger Quick Charge maka akan diisi dengan daya 5V~1A saja (5W).

0 Response to "Apa Bedanya Teknologi Quick Charge dengan AiPower, PowerIQ, VoltiQ?"

Posting Komentar