Apa itu AiPower, PowerIQ, VoltiQ, Smart Technology, iSmart+ 2.0 pada Charger?

Sebelumnya Elppas sudah pernah membahas VoltiQ, sebuah teknologi "charger pintar" dari Tronsmart. Sekarang kita bahas teknologi dari merk lain.

Setiap merk charger (HP) memiliki teknologi berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Jadi kamu harus tau dulu merk dan teknologi yang dibawanya..
  • VoltiQ dari Tronsmart, <== sudah dibahas silahkan baca lagi kalau belum tau.
  • Power IQ dari Anker,
  • AiPower dari Aukey,
  • Smart Technologi dari EasyAcc,
  • iSmart+ 2.0 dari RavPower.

Intinya, teknologi-tekonlogi tersebut diatas adalah untuk mendeteksi power yang diperlukan oleh perangkat yang terhubung sehingga dapati disupply (diisi baterainya) secara optimal. Misal si HP hanya mendukung 5V~1A maka charger akan mendeteksi dan mensupply sesuai kebutuhannya. Contoh lainnya HP yang sudah mendukung 5V~2A maka teknologi ini akan mendeteksi dan otomatis memberikan supply 5V~2A. Selain itu juga tentu ada kecerdasan-kecerdasan lain di masing-masing teknologi tersebut..

Power IQ dari Anker


Apa itu PowerIQ? Adalah teknologi pengisian cepat eksklusif dari Anker. Mengidentifikasi perangkat dengan cerdas untuk memberikan pengisian baterai tercepat.

PowerIQ 1.0

Teknologi pengisian daya asli dari Anker versi pertama, kompatibel dengan banyak protokol standar, dengan output power hingga 12W (5V 2.4A).

PowerIQ 2.0

Pengembangan dari versi sebelumnya untuk kompatibilitas yang lebih banyak untuk kebanyakan protokol pengisian baterai dengan output power hingga 18W.

Teknologi fast charging Anker kompatibel dengan kebanyakan perangkat (ponsel/tablet) di pasaran, sehingga kamu dapat mengisi baterai dengan cepat baik pada perangkat Samsung Android maupun Apple iPhone, iPad, Kindle dan lainnya.

Chip smart-charging PowerIQ 2.0 langsung mengidentifikasi perangkat yang terhubung dan menyesuaikan keluaran voltase untuk kecepatan pengisian yang sesuai dan optimal.

AiPower dari Aukey


AiPower adalah Adaptive Charging Technology dari AUKEY yang dapat mengisi baterai perangkat sesuai kebutuhannya hingga 2.4A per Ai USB Port.
Port USB AiPower ditandai dengan logo AiO yang terdapat di pengisi daya dan power bank AUKEY dirancang untuk memberikan tingkat pengisian maksimum dengan aman untuk semua perangkat berbeda termasuk Android, iOS, headphone Bluetooth, kamera, atau bahkan power bank lainnya.

Smart Technology dari EasyAcc


Teknologi pintar ini padadasarnya sama.
Fast Charging: Teknologi pintar yang otomatis mengidentifikasi perangkat yang terhubung dan memberikan output arus tercepat untuk menerima efisiensi dari charger originalnya.

Jaminan Keamanan: Smart Technology dari EasyAcc memiliki 9 porteksi pengamanan pada power bank/chargernya, memberikan keandalan dan keamanan.

IC pintar yang sangat canggih dan aman: Proteksi short-circuit; Proteksi Overcharge; Perlindungan Over discharge; Overcurrent protection.

iSmart+ 2.0 dari RavPower


iSmart+ 2.0 adalah teknologi pengisian cepat dan pintar dari RavPower.
  • Smart Current. Teknologi iSmart 2.0 secara cerdas mendeteksi kebutuhan pengisian perangkat yang terhubung dan secara otomatis memberikan output yang dibutuhkan untuk efisiensi maksimal. Dengan dukungan untuk output 2.4A, kebutuhan pengisian maksimum untuk ponsel dan tablet yang paling populer tanpa batas.
  • Smart Voltage. Kabel lama dan port USB yang berdebu dapat mengurangi voltase pengisian perangkat di bawah 5V, yang membuat pengisian baterai lebih lama. Dengan teknologi iSmart 2.0, perilaku pengisian yang tidak teratur dikoreksi secara otomatis, memastikan pengisian 5V yang konsisten dan andal setiap saat.
  • Smart Distribution. Ketika beberapa perangkat terhubung, teknologi iSmart 2.0 menyeimbangkan output arus (ampere), sehingga setiap perangkat dapat mengisi dengan kecepatan optimalnya.
  • Smart Protection. Sistem keamanan teknologi iSmart 2.0 hadir dengan 10 jenis perlindungan menyeluruh dan mencakup semua. (Over Charge protection, Over Discharge protection, Suge Current protection, Surge Voltage protection, Over current protection, Short circuit protection, High temperature protection, Safe reset mechanism, Reverse connection protection, EMF protection.
Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu AiPower, PowerIQ, VoltiQ, Smart Technology, dan iSmart pada charger.

Setidaknya jika kamu memilih charger OEM, kamu tahu merk mana yang tidak hanya sekedar dapat ngecas, tapi memiliki teknologi pintar didalamnya.

Sebenarnya ada satu merk lagi yang memiliki teknologi charger pintar, yaitu Super Charging dari Orico yang fungsinya sama saja dengan merk-merk diatas, hanya saja mungkin si Orico kurang menggembar-gemborkannya.

Mana yang Terbaik?


Sebelum ngomongin yang terbaik. Kita eliminasi dulu EasyAcc dan RavPower karena peredarannya bukan di Indonesia jadi tidak akan saya list disini.

Dan kedua, ini hanya opini saya saja. Yang terbaik menurut saya adalah:
  1. Anker
  2. Aukey
  3. Tronsmart
  4. Orico
Dan selebihnya adalah masalah selera, garansi dan juga budget, karena Anker adalah yang paling mahal. Lalu Tronsmart belum ada resminya di Indonesia. Mau beli charger itu? Coba cek di Lazada.

1 Response to "Apa itu AiPower, PowerIQ, VoltiQ, Smart Technology, iSmart+ 2.0 pada Charger?"