Iklan Header

Cara Membuka Backcover dan Mengganti Baterai Honor 8X

Honor 8X memiliki backcover atau casing belakang yang terbuat dari kaca yang direkatkan pada mid-frame dengan lem. Oleh karena itu untuk membuka backcover kaca tersebut kita harus menggunakan pemanas untuk melelehkan lemnya.

Yuk kita liat saja langsung tutorialnya..

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Mesin hot plated atau heat gun
  • Plastic card atau plastik tipis
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5~2,0mm
Jika belum punya, obeng dan tools kit bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Backcover Honor 8X


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..


Casing belakang Honor 8X ini tidak bisa langsung dicongkel seperti pada kebanyakan smartphone, tetapi harus dicopot dulu penutup belakangnya yang merekat dengan lem pada mid-frame. Karena menggunakan lem, maka kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh dan mudah membukanya.

Panaskan setiap sisi cover belakang dengan menggunakan mesin hot plate ata heat gun seperti ini.. Mulai dari bagian bawah..


Panaskan pada suhu 100 derajat Celcius sekitar 30 detik untuk melelehkan lem.

Setelah kira-kira lem meleleh, gunakan suction cup (ceplokan) untuk mengangkat backcover sehingga membuat celah untuk memasukkan plastik tipis..


Panaskan lagi sisi lainnya dengan menggunakan heat gun lalu geser plastik ke area yang sudah dipanaskan untuk merobek lemnya.

Hati-hati jangan terlalu dalam memasukkan plastik tipisnya karena ada kabel flexible fingerprint sensor yang terhubung dari backcover ke mainboard.

Ulangi untuk sisi-sisi lainnya sehingga backcover bisa dibuka..


Ada kabel flexible sensor sidikjari yang masih terhubung, namun konektornya tertutup oleh mid-frame sehingga tidak bisa langsung dilepaskan. Tapi kita bisa melepaskan konektor sidik jari dibagian backcover yang terhubung ke modul fingerpirnt sensor, atau biarkan saja dan buka dulu mid-frame.

Untuk membuka mid-frame, kita harus melepaskan terlebih dahulu 18 buah skrup dengan menggunakan obeng plus ukurang 1,5~2.0mm..

Setelah semua sekrup terlepas, kita bisa melepaskan mid-frame dengan mencongkelnya menggunakan plastik tipis. Hati-hati patah karena mid-frame sebagiannya terbuat dari plastik yang cukup tipis..


Angkat sedikit mid-frame dan lepaskan konektor sensor sidik jari dengan menggunakan spudger..


Setelah itu maka backcover bisa dipisahkan dengan body dan mid-frame bisa dilepaskan secara sempurna.

Lanjut ke tutorial mengganti baterai..

Spesifikasi Baterai Original Honor 8X


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Honor 8X ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Honor 8X:

  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: HB386590ECW
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 3.650mAh/13.95Wh
  • Nominal Voltage: 3.82Vdc
  • Typical Capacity: 3.750mAh/14.33Wh
Dimana membeli baterai Honor 8X yang original? Saya sendiri kurang tahu. Mungkin Anda bisa coba tanya ke Service Center Honor/Huawei.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Honor 8X


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya.

Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku..


Baterai Huawei 8X merekat dengan lem, namun sayang tidak ada pull-tab khusus untuk menarik baterai seperti pada batarai Oppo atau Xiaomi, sehingga kita harus mencongkelnya dengan prying tool yang lebar atau dengan plastik tipis..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Honor 8X. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! Pics source: WitRigs, youtube.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Backcover dan Mengganti Baterai Honor 8X"