Cara Bongkar Huawei P30 Pro: Buka Backcover, Ganti Baterai, dan Ganti LCD

Huawei P30 Pro merupakan ponsel flaghsip atau kelas atas yang dirilis dan sudah masuk resmi ke Indonesia pada April 2019.

Di artikel ini Elppas akan membahas bagaimana cara membongkar ponsel ini, untuk sekedar pengetahuan atau jika diperlukan suatu saat ketika ponsel rusak atau mau ganti baterai.

Dalam artikel ini akan saya bagi 3 pembahasan, diantaranya: membuka casing belakang (backcover), mengganti baterai, dan mengganti LCD assembly.

Sebelum mulai bongkar, inilah beberapa peralatan yang diperlukan:
Obeng dan tools kita bisa dibeli di bukalapak.com/elppastore atau tokopedia.com/elppastore.

Cara Membuka Casing Belakang (Backcover) Huawei P30 Pro


Sebelum bongkar pastikan HP dalam keadaan mati dan keluarkan juga SIM tray nya untuk keamanan.

Smartphone ini memiliki backcover dengan bahan kaca yang di lem ke body atau frame berbahan aluminium. Secara sepsifikasi HP ini memiliki sertifikasi IP86 yang berarti water proof alias tahan air. Jadi lem yang merekatkan cukup banyak.

Karena direkatkan dengan lem, maka untuk membongkar ponsel ini harus dipanaskan terlebih dahulu lemnya yang berada di sekeliling backcover dengan menggunakan heat gun pada suhu sekitar 100 derajat selama 30-60 detik.

Setelah lem kira-kira meleleh maka kita bisa angkat sedikit backcover dengan menggunakan suction cup lalu masukkan kartu plastik.


Geser-geser ke sekeliling backcover untuk merobek lemnya. Jika susah, panaskan lagi lemnya dengan menggunakan heat gun, dan geser terus kartu plastiknya sampai casing belakang bisa dibuka.

Cara Mengganti Baterai Huawei P30 Pro


Jika baterai sudah terasa boros, cepat habis, drop tiba-tiba dari sekian persen ke sekian persen, baterai kembung dan masalah baterai lainnya, maka mungkin sudah saatnya ganti baterai.

Untuk membuka dan mengganti baterai, seperti pada umumnya ponsel Huawei, kita harus membuka terlebih dahulu mid-frame atau bingkai tengah yang menutupi konektor baterai dan mainboard.

Di bingkai tengah ini juga ada modul NFC dan modul wireless charging berwarna hitam yang menutupi baterai.
Untuk membukanya kita harus melepaskan 10 buah sekrup/baut yang di bagian atas yang mengencangkan penutup mainboard.

Setelah mid-frame dibuka, maka kita bisa melihat mainboard dan baterai ponsel ini.

Lepaskan konektor baterai untuk memutus arus dan menghindari konslet. Lalu lepaskan juga konektor yang terhubung ke sub-boar (board bawah) dan konektor yang terhubung ke port charger.


Setelah itu, tekuk kabelnya agar tidak menghalangi baterai, dan Anda bisa membuka baterainya dengan cara menarik pull-tab baterai yang berwarna orange.


Silahkan ganti dengan baterai baru.

Cara Membuka dan Mengganti LCD Huawei P30 Pro


Kebanyakan masalah LCD perlu diganti adalah ketika ponsel terbentur atau terjatuh dan mengakibatkan kaca layar LCD pecah atau touchscreen bermasalah.

Membuka LCD Huawei P30 Pro memang hanya bisa dilakukan setelah membuka baterai terlebih dahulu karena kabel flexible LCD nya ada di bawah baterai.

Setelah baterai terbuka, lepaskan konektor LCD yang terhubung ke mainboard. Lalu untuk membuka LCD caranya sama seperti dengan membuka backcover, yaitu dengan cara memanaskan bagian sisi sekeliling LCD untuk melelehkan lem dan menyayat-nyayatnya dengan menggunakan kartu plastik.

Dan terakhir mungkin Anda perlu memindahkan modul sensor fingerprint yang berada di bawah layar ke LCD assembly yang baru. Caranya kurang lebih sama dengan mengganti LCD Huawei Mate 20 Pro.

Untuk teardown/disassembly videonya bisa dilihat dibawah ini: (minus bongkar LCD)


Source: XYZONE.

0 Response to "Cara Bongkar Huawei P30 Pro: Buka Backcover, Ganti Baterai, dan Ganti LCD"

Posting Komentar