Jenis Mata Obeng Sekrup HP dan Gadget (Pentalobe, Torx Security, Y Tri-Point, Phillips, Slotted, dll.)

Obeng adalah alat yang digunakan untuk memutar sekrup/baut. Obeng memiliki ujung (sering disebut mata obeng) berupa tonjolan dan atau rongga berbentuk yang berpasangan dengan kepala sekrup sehingga memungkinkan torsi diterapkan padanya.

Sering kita kesulitan mencari obeng dengan bentuk tertentu karena kita tidak tahu nama dari jenis atau tipe kepala sekrup tersebut. Oleh karena itu, mari kita mengenal nama-nama jenis "mata obeng" dan "kepala sekrup."

Berbagai tipe dan ukuran mata obeng

 

Jenis-Jenis/Tipe Mata Obeng dan Kepala Sekrup


Karena jenisnya cukup banyak, maka saya akan ambil jenis mata obeng yang paling banyak digunakan pada sekrup gadget saja (HP, Smartphone, Laptop, Macbook, Harddisk, Console, XBOX, Playstation 3/4, dan sejenisnya).

1. Slot


Slot atau minus, pipih, flat. Kalau ini mungkin sudah banyak yang tau karena merupakan salah satu yang paling simple dan cukup banyak digunakan.

Sekrup Flathead pada iPhone


Diketahui digunakan di:
  • Bagian dalam iPhone 4/5/6 sekrup flat-head

2. Phillips


Phillips sering juga disebut obeng kembang atau plus, kadang disebut cross walau agak sedikit berbeda.

Drive sekrup Phillips diciptakan oleh John P. Thompson, yang setelah gagal menarik pabrikan, menjual desainnya kepada pengusaha Henry F. Phillips. Phillips membentuk perusahaan (Phillips Screw Company), memperbaiki desain, dan mempromosikan penerapan produknya.

Sekrup Phillips pada ponsel Samsung Galaxy S8


Bit drive Phillips sering diinisial dengan huruf "PH", ditambah kode ukuran 0000, 000, 00, 0, 1, 2, 3, atau 4 (dalam rangka peningkatan ukuran); Kode ukuran bit numerik tidak harus sesuai dengan nomor ukuran nominal sekrup.

Pada obeng set multi bit buatan China yang banyak beredar di Indonesia sering kali diinisial dengan +1.0mm +1.5mm +2.0mm +2.5mm +3.0mm +3.5mm, dst.

Diketahui digunakan di:
  • Bagian dalam Apple iPhone semua seri
  • Smartphone Samsung Galaxy series
  • Smartphone Xiaomi
  • Berbagai merk Laptop

3. Torx


Soket Hexalobular (Torx) atau bintang 6, sering disebut dengan nama merek asli Torx (/ tɔːrks /), menggunakan reses berbentuk bintang dengan enam titik bulat. Ini dirancang untuk memungkinkan transfer torsi lebih tinggi dari obeng tipe lainnya.

Sekrup Torx pada Harddisk


Dikembangkan pada tahun 1967 oleh Camcar Textron. Torx sangat populer di industri otomotif dan elektronik karena lebih awet, lebih tahan aus, baik untuk sekrup maupun obeng-nya.

Obeng Torx juga dapat digunakan sebagai pengganti obeng hex, namun tetap harus hati-hati dalam menentukan ukurannya dan menggunakannya untuk mencegah pengupasan soket.

Sering digunakan di:

4. Torx Security


Obeng Torx Security merupakan variasi dari Torx, Tamper-Resistant Torx (sering disingkat menjadi TR Torx) atau pin-in Torx atau Torx bolong di tengah.

Kode yang umum digunakan adalah TR.

Sekrup Torx Security pada Leatherman Multi-tools


Pada kepala sekrup Torx ini terdapat tonjolan pengaman di tengah yang mencegah obeng torx biasa (atau obeng slot) dimasukkan.

Digunakan di:
  • Bagian dalam Macbook Pro/Air
  • Leatherman Multi-Tools

5. Y-type (Tri-Point)


Kepala sekrup keamanan Tri-point atau tipe Y mirip dengan kepala sekrup Phillips, namun memiliki tiga titik, bukan empat. Tapi hati-hati, Y sedikit berbeda dengan Tri-wings.

Sekrup Y pada Baterai Macbook Pro 2010

Sekrup khusus ini biasanya digunakan pada:
  • Peralatan elektronik, 
  • Nintendo GameCube, 
  • Nintendo Game Boy Advance, 
  • Boy Advance SP, 
  • Ponsel Sanyo dan Kyocera, 
  • Kamera digital Fuji
  • Apple menggunakan sekrup tipe Y untuk mengamankan baterai pada MacBook Pro 2010 dan 2011, 
  • Apple Watch dan iPhone 7.

6. Pentalobe


Drive sekrup pentalobe sering tertukar dengan Torx (bintang 6), padahal pentalobe (bintang 5) adalah sistem tahan tampan lima titik yang diimplementasikan oleh Apple dalam produknya.

Sekrup Pentalobe pada Macbook Pro/Air


Penggunaan pertama Apple dari drive pentalobe adalah pada pertengahan 2009 untuk mengamankan baterai di MacBook Pro.

Versi yang lebih kecil sekarang digunakan pada iPhone 4/4s/5/5c/5s/5se/6/6+/6s/6s+/7 dan model berikutnya, MacBook Air (sejak model akhir 2010), MacBook Pro dengan Retina Display dan MacBook 2015.

Obeng pentalobe yang murah, diproduksi oleh pihak ketiga, relatif mudah didapat. Ukuran sekrup Pentalobe termasuk TS1 (juga dikenal sebagai P2 atau *0,8 mm, digunakan pada iPhone 4 dan model berikutnya), TS4 (juga dikenal sebagai P5 atau *1.2 mm, yang digunakan pada MacBook Air [sejak akhir 2010], MacBook Pro dengan Retina Display dan MacBook 2015) dan TS5 (juga dikenal sebagai P6 atau *1,5 mm, yang digunakan pada baterai MacBook Pro 2009).

Penggunaan istilah TS ambigu karena juga digunakan untuk obeng Torq-set.

Digunakan juga di:
  • Smartphone Meizu M series

Demikian obeng yang sering digunakan di HP/smartphone, laptop, macbook, dan gadget lainnya saat ini. Jika Anda memerlukan obeng-obeng tersebut. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia Elppastore atau Bukalapak.

0 Response to "Jenis Mata Obeng Sekrup HP dan Gadget (Pentalobe, Torx Security, Y Tri-Point, Phillips, Slotted, dll.)"

Posting Komentar