Cara Membongkar Huawei Mate 20 Pro: Buka Backcover, Ganti Baterai, Ganti LCD

Cara membongkar HP Huawei Mate 20 Pro sebenarnya hampir sama saja dengan membongkar Huawei P20 Pro. Jadi Elppas tidak akan membahas secara rinci karena untuk menghindari konten duplikat juga. Jadi akan saya bahas secara garis besarnya saja, dan untuk detailnya bisa dilihat di video yang saya sahre dibawah.

Ponsel Huawei Mate 20 Pro ini memiliki sertifikasi IP68 tahan debu/air sedalam 2 meter selama 30 menit. Jadi build-nya sudah pasti rapet-rapet banyak lemnya.

Untuk membongkar smartphone ini dimulai dari casing belakang (backcover). Casing belakangnya ini terbuat dari bahan kaca Gorilla Glass yang di lem ke frame body berbahan aluminium. Jadi untuk membukanya kita harus panaskan terlebih dahulu dengan menggunakan heat gun.


Berikut tahapan membuka casing belakang Huawei Mate 20 Pro:
  • Matikan dulu ponselnya untuk menghindari konslet.
  • Keluarkan dulu SIM card tray dengan SIM ejector
  • Panaskan di sekeliling backcover dengan menggunakan heat gun untuk melelehkan lem supaya lebih mudah dibuka.
  • Angkat backcover sedikit dengan menggunakan suction cup untuk membuat celah dan masukkan kartu plastik.
  • Geser-geser kartu plastik tersebut ke sekeliling backcover untuk mengoyak lemnya. Lem agak banyak dan susah jadi perlu kesabaran, karena ini ponsel anti air jadi harap maklum. Panaskan kembali jika diperlukan.
  • Setelah semua lem terkoyak, maka backcover akan bisa dibuka.

Setelah casing belakang terbuka, maka bisa dilanjutkan untuk melepas baterai jika ingin diganti atau jika ingin membongkar LCD assembly.

Baterai beserta konektornya masih tertutup oleh mid-frame (bingkai tengah berupa plastik) beserta modul wireless charging.


Berikut tahapan membuka mid-frame dan baterai Huawei Mate 20 Pro:
  • Lepaskan kesemua 15 buah sekrup/baut yang mengencangkan mid-frame dengan menggunakan obeng phillips #000 atau plus ukuran 1,5mm
  • Congkel mid-frame di bagian kiri dengan supdger dan angkat perlahan, hati-hati ada kabel flexible flashlight yang terhubung dari mid-frame ke mainboard.
  • Lepaskan konektor itu dengan menggunakan spudger.
  • Setelah itu keseluruhan mid-frame bisa diangkat dan dilepas.
  • Lepaskan konektor baterai, konektor sub-board, dan konektor charging port yang berwarna hitam.
  • Untuk melepaskan baterai, ada pull-tab berwarna orange yang bisa ditarik.


Selanjutnya kalau mau ganti baterai silahkan diganti dengan yang baru. Tetapi kalau mau ganti LCD assembly, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

LCD assembly merekat ke frame body dengan menggunakan lem, sama seperti casing belakang juga. Jadi teknik cara membukanya juga kurang lebih sama. Hanya saja mungkin untuk mengganti LCD harus memindahkan juga sensor fingerprint dibawah layar.

Caranya silahkan lihat di video disassembly/teardown Huawei Mate 20 Pro berikut ini:


Source: WitRigs.

0 Response to "Cara Membongkar Huawei Mate 20 Pro: Buka Backcover, Ganti Baterai, Ganti LCD"

Posting Komentar