Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo R17 Pro

Kemarin Elppas sudah share unboxing dan kesan pertama Oppo R17 Pro dengan melihatnya dari luar. Sekarang kita akan tinjau dari dalam dengan cara membuka casing belakang dan sekalian juga tutorial ganti baterai.

Ok, ini obeng dan tools kit yang diperlukan untuk bongkar Oppo R17 Pro:
  • SIM Card tray ejector
  • Heat gun atau heating platform
  • Obeng phillips #00 atau obeng plus ukuran 1,5~2,0mm
  • Suction cup/sucker 
  • Opening tools
  • Pinset
FYI: alat-alat tersebut bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Ok, langsung aja kita bongkar..

Cara Membuka casing belakang (backcover) Oppo R17 Pro


Seperti biasa, sebelum bongkar pastikan ponsel dalam keadaan mati (turn off). Lalu keluarkan dulu SIM card tray holdernya..

Catatan: Membuka SIM tray ini optional, jika hanya ganti baterai sebenarnya tidak perlu, tapi jika sampai bongkar modul bawah ini perlu.. tidak ada salahnya buat jaga-jaga saja..


Backcover Oppo R17 Pro ini direkatkan menggunakan lem, jadi kita harus panaskan dulu untuk melelehkan lemnya menggunakan heat gun atau mesin pemanas.

Kami memanaskan Batery cover menggunakan mesin pemanas pada suhu 75 derajat celcius selama 5 menit, tidak termasuk bagian kamera..


Jika menggunakan heatgun, panaskan sekeliling sisi backcover.

Selanjutnya, gunakan suction cup/sucker/ceplokan untuk mengangkat backcover dan membuat celah untuk memasukkan opening pick atau plastik tipis seperti pick gitar atau kartu nama..


Gunakan kombinasi sucker + plastik tipis untuk merobek sekeliling lem sampai akhirnya backcover terbuka..


Sampai sini kita sudah membuka casing belakang atau backcover atau batterycover.

Kita akan bongkar lebih jauh untuk mengganti baterai..

Cara Mengganti Baterai Oppo R17 Pro


Setelah buka backcover kita sudah bisa melihat baterai, tapi seperti biasa kita belum bisa membukanya karena konektor baterai tertutup mid-frame atau frame motherboard atau bingkai plastik yang menutupi board utama.

Untuk membuka bingkai tersebut kita harus melepaskan beberapa buah batu/sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran antara 1,5mm atau 2,0mm..

Catatan: Ada sebuah sekrup yang diberi segel Oppo, merusak segel tersebut berarti garansi hangus.


Setelah bingkai board utama dibuka, maka kita bisa melepaskan konektor baterai dengan menggunakan opening tools atau menggunakan kuku..


Selanjutnya kita tinggal membuka baterainya. Seperti biasa baterai Oppo bisa dibuka dengan cara menarik pull-tab yang disediakan. Namun kali ini ada dua buah pull-tab, yaitu di sisi kiri dan kanan. Ternyata baterai Oppo R17 Pro terdiri dari 2 buah dengan kapasitas (1850mAh x 2 = 3700)..


Tarik satu per satu pull-tab tersebut sehingga baterainya terlepas..


Setelah itu kita bisa mengganti baterai dengan yang baru. Tes fungsi baterai baru sebelum memasang kembali semua part.

Baca Juga: Oppo R17 Pro, Smartphone Dengan Fast Charging Tercepat di Dunia.

Demikian cara membuka casing belakang dan ganti baterai Oppo R17 Pro. Selanjutnya mungkin Elppas akan review atau bahas hal menarik lainnya dari ponsel ini. Terimakasih sudah berkunjung ke ellpas.com. Thanks to my friend for pic source: Android Corridor.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo R17 Pro"

Posting Komentar