Iklan Header

IC (Chipset, eMMC, IC Power, IC WTR, dll) pada Mesin (Mainboard) Samsung Galaxy A03s

Bagi teknisi HP, mengenal hardware dalam yang digunakan sangat penting untuk bisa memperbaiki mesin apabila terjadi kerusakan.

Samsung Galaxy A03s adalah salah satu smartphone yang dilengkapi dengan berbagai komponen dan teknologi yang canggih, termasuk beberapa Integrated Circuit (IC) pada mainboard-nya. IC ini berfungsi sebagai pengatur atau pengendali sistem elektronik pada perangkat tersebut. 

Berikut adalah beberapa IC yang terdapat pada mainboard Samsung Galaxy A03s versi Indonesia di bagian bawah dimana terdapat CPU dan Memori:

Didalam kaleng paling besar:

  • MediaTek Helio P35 MT6765V: IC ini adalah prosesor utama pada Samsung Galaxy A03s. Helio P35 mengontrol semua operasi yang terjadi pada ponsel, termasuk mengelola memori, kamera, dan konektivitas. Terletak pada mainboard di dalam kaleng.
  • EMMC KMRP60014M: IC ini adalah memori flash dan RAM pada Samsung Galaxy A03s. RAM 2/3/4GB dan memori internal 32GB/64GB menggunakan teknologi LPDDR4X yang hemat energi. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan memungkinkan aplikasi berjalan dengan lancar. Sementara itu, memori internal berfungsi untuk menyimpan data pengguna seperti foto, video, musik, dan aplikasi. IC ini terletak bersebelahan dengan chipset Exynos 1280.
  • IC Charger BQ25601. IC ini terletak di dekat CPU.
Dalam kaleng kecil:
  • IC PA 5627G. Power Amplifier atau penguat sinyal

Di sisi depan mainboard terdapat beberapa IC, diantaranya: 

 

Dalam kaleng paling besar:

  • IC Power MT6357CRV: PMIC (Power Management Integrated Circuit) bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola daya pada Samsung Galaxy A03s. PMIC ini dapat memantau dan mengatur penggunaan daya agar lebih efisien dan mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu. PMIC juga mengelola sumber daya dari baterai dan memastikan suplai daya yang stabil untuk setiap komponen pada mainboard.
  • Lampu LCD AL65: Ini IC pengatur lampu LCD.
  • Display TPS65132AD: Adalah IC pengatur display.
  • Audio 1559: Adalah IC audio.
Dalam kaleng sebelah kanan kedua paling besar:
  • IC WTR/RF MT6177MV. Berfungsi untuk mengatur sinyal radio dari analog ke digital.
  • IC PA5596G: IC ini adalah penguat sinyal sebagai pendukung IC RF, untuk menguatkan sinyal radio saat dipancarkan kembali ke antena BTS.

Dalam kaleng paling kecil di bagian atas:

  • IC WIFI MT6631N: Adalah IC Wifi untuk mengatur penerimaan dan pengiriman kembali sinyal wifi.

Semua IC tersebut bekerja bersama-sama untuk mengatur dan mengendalikan fungsi-fungsi yang ada pada Samsung Galaxy A03s. Prosesor utama (Helio P35) mengatur semua operasi pada ponsel, termasuk mengelola memori, kamera, dan konektivitas. 

PMIC mengelola dan mengatur penggunaan daya agar lebih efisien dan mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu. Memori flash dan RAM bertanggung jawab untuk menyimpan data pengguna dan membuat aplikasi berjalan dengan lancar.

Sumber foto: Estech Schematic.

Posting Komentar untuk "IC (Chipset, eMMC, IC Power, IC WTR, dll) pada Mesin (Mainboard) Samsung Galaxy A03s"