Iklan Header

Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro Blank Tidak Bisa Dibuka Setelah Update MIUI

Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro tiba-tiba tidak bisa dibuka setelah update MIUI. Saat dibuka aplikasi Camera hanya menampilkan blank screen, tapi menu-menu kamera muncul hanya saja layarnya hitam saja.

Kronologis menurut user, awal mula kamera bermasalah setelah update OS MIUI. Lalu di servis dan disarankan ganti modul kamera, namun setelah ganti modul kamera masih saja masalahnya sama, kamera tidak berfungsi.

Berarti tukang servis sebelumnya salah analisa.

Hal yang pertama dilakukan saat terjadi seperti ini kita coba dulu secara software yaitu dengan membersihkan data aplikasi, clear data. Barangkali hanya masalah software. Tapi dalam kasus ini ternyata tidak bisa.

Selanjutnya kita duga ada masalah hardware, kita akan cek jalur-jalur kamera apakah ada yang bermasalah atau tidak.

Langsung saja kita bongkar HP Xiaomi Redmi Note 10 Pro. HP ini casing belakangnya menggunakan lem, jadi harus kita panaskan dulu menggunakan heat gun, lalu congkel backdoor dengan menggunakan plastik tipis. Hati-hati ada flexible fingerprint sensor di dekat tombol power.

Setelah kita angkat mainboard, langsung kita lepas semua modul kamera, kita cek secara fisik sepertinya aman, tidak ada kerusakan fisik.

Lanjut kita cek semua jalur konektor kamera dengan menggunakan Multimeter Digital. Pengecekan ini memerlukan panduan skema. Kita gunakan skema dari Bornoe Schematics.

Setelah kita cek ternyata ada 4 konektor kamera yang putus jalur..

Dan ternyata konektor yang bermasalah tersebut, nyambungnya ke chipset/CPU gaes, mantap jiwa mempesona..

Jadi terpaksa walaupun dengan resiko yang cukup besar, kita harus lakukan ACP (angkat cetak pasang) ulang CPU. Redmi Note 10 Pro ini menggunakan Chipset Qualcomm SM7150 Snapdragon 732G (8nm).

Untuk mengangkat IC CPU yang dilindungi kaleng, kita harus memotong beberapa bagian kaleng terlebih dahulu agar bisa lebih leluasa dalam melakukan eksekusi.

Setelah itu, kita panaskan Chipset dengan menggunakan blower dengan panas 380 derajat dan anging 50. IC sebenarnya di lem tapi tidak terlalu melebar, jadi kita langsung eksekusi saja.

Lanjut bersih-bersih bekas timah baik di PCB maupun di IC CPU agar proses pencetakan ulang bisa berjalan sempurna.

Setelah keduanya bersih, lalu kita lakukan pencetakan timah di IC CPU. Pencetakan kita lakukan 3x agar timah rata dan benar-benar sempurna.

Chipset/IC CPU sudah kita pasang ulang. Dan selanjutnya kita coba rakit kembali untuk kita lakukan pengetasan, apakah berhasi atau tidak?

Hasilnya, kamera sudah bisa berfungsi dengan baik.

Kasus yang cukup ajaib sih, karena berdasarkan kronologi katanya masalah berawal dari update MIUI yang mana hal tersebut merupakan software saja.

Tapi ternyata saat diperbaiki, masalahnya bukan software tapi masalah hardware.

Semoga menambah wawasan.

Sumber: Teknisi Cungkring.

Posting Komentar untuk "Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro Blank Tidak Bisa Dibuka Setelah Update MIUI"