Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

IC (Chipset, UFS, IC Power, IC RF, dll) pada Mesin (Mainboard) Samsung Galaxy A53 5G

Bagi teknisi HP, mengenal hardware dalam yang digunakan sangat penting untuk bisa memperbaiki mesin apabila terjadi kerusakan.

Samsung Galaxy A53 5G adalah salah satu smartphone yang dilengkapi dengan berbagai komponen dan teknologi yang canggih, termasuk beberapa Integrated Circuit (IC) pada mainboard-nya. IC ini berfungsi sebagai pengatur atau pengendali sistem elektronik pada perangkat tersebut. 

Berikut adalah beberapa IC yang terdapat pada mainboard Samsung Galaxy A53 5G versi Indonesia di bagian bawah dimana terdapat CPU dan Memori:

  • Exynos 1280 (E8825): IC ini adalah prosesor utama pada Samsung Galaxy A53 5G. Exynos 1280 mengontrol semua operasi yang terjadi pada ponsel, termasuk mengelola memori, kamera, dan konektivitas. Terletak pada mainboard di dalam kaleng.
  • LPDDR4X & UFS KM8F9001JM: IC ini adalah memori flash dan RAM pada Samsung Galaxy A53 5G. RAM 8GB dan memori internal 128GB/256GB menggunakan teknologi LPDDR4X yang hemat energi. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan memungkinkan aplikasi berjalan dengan lancar. Sementara itu, memori internal berfungsi untuk menyimpan data pengguna seperti foto, video, musik, dan aplikasi. IC ini terletak bersebelahan dengan chipset Exynos 1280.
  • IC Charger RN4VXS. IC ini terletak di dekat CPU dan UFS.
  • IC Audio PA 878B. Ini terletak di sebelah chipset/CPU.
  • IC Direct Charger SM5451 & IF PMIC SM5714: Ini IC jalur awal dari konektor baterai
  • Adapun beberapa IC kecil seperti APT Modulator, Driver AMOLED, Charger, VBUS OVP, Accelelator & Gyro Sensor, serta Small charging. 
  • IC RF SHANNON551. IC RF atau Radio Frequency adalah untuk mengatur keluar masuk sinyal jaringan analog dan digital. Terletak didalam kaleng di atas kiri CPU dan RAM.
  • IC PA 77098B dan IC PA lainnya. Ada 4 IC PA disitu sebagai penguat sinyal yang bakal bikin pusing teknisi jika terjadi masalah sinyal. IC PA selalu berdekatan dengan IC RF

Di sisi depan mainboard terdapat beberapa IC, diantaranya: 

  • IC Power Utama Samsung SPU13P: PMIC (Power Management Integrated Circuit) bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola daya pada Samsung Galaxy A53 5G. PMIC ini dapat memantau dan mengatur penggunaan daya agar lebih efisien dan mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu. PMIC juga mengelola sumber daya dari baterai dan memastikan suplai daya yang stabil untuk setiap komponen pada mainboard.
  • SUB PMIC SPU14P: Ini IC power ke-2. Terletak di dalam kaleng berdekatan dengan konektor baterai.
  • IC Audio PA 878B: Penguat sinyal audio kedua yang berada di dalam kaleng dekat IC Power.
  • IC WTR (Wifi/Bluetooth/GPS) . Berfungsi untuk mengatur sinyal Wifi, bluetooth dan GPS. Terletak di dalam dekat socket antena.
  • IC LMBPA Sky5 8267-11: IC ini adalah penguat sinyal sebagai pendukung IC WTR, untuk menguatkan sinyal Wifi, Bluetooth, dan GPS.


Semua IC tersebut bekerja bersama-sama untuk mengatur dan mengendalikan fungsi-fungsi yang ada pada Samsung Galaxy A53. Prosesor utama (Exynos 1280) mengatur semua operasi pada ponsel, termasuk mengelola memori, kamera, dan konektivitas. 

PMIC mengelola dan mengatur penggunaan daya agar lebih efisien dan mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu. Memori flash dan RAM bertanggung jawab untuk menyimpan data pengguna dan membuat aplikasi berjalan dengan lancar.

Sumber foto: Estech Schematic.

Posting Komentar untuk "IC (Chipset, UFS, IC Power, IC RF, dll) pada Mesin (Mainboard) Samsung Galaxy A53 5G"