Iklan Header

Review Singkat Shopee Affiliate VS Tokopedia Affiliate, Mana yang Terbaik?

Affiliate marketing untuk mempromosikan marketplace sepertinya sekarang di tahun 2022 dan 2023 mulai populer, khususnya Shopee, TikTok dan Tokopedia.

Sudah banyak affiliator Tiktok yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dari affiliate marketing ini.

Saya pribadi sekarang mulai fokus di Affiliate marketing, karena jujur saja persaingan menjadi reseller di marketplace tersebut semakin ketat dan tipis untungnya tidak seperti dulu. Jadi jualan online di marketplace malah cape dan butuh space untuk nyimpan barang juga. 

Sedangkan menjadi affiliate, kita tidak direpotkan dengan stock barang, packing, dan pengiriman barang. 

Setelah berberapa waktu menjalankan Affiliate Shopee dan Tokopedia, sekarang saya mau review sekilas berdasarkan pengalaman saya pribadi. Mana yang terbaik antara affiliate Shopee vs Tokopedia? Tiktok belum saya jalankan, jadi sementara 2 itu dulu.

Buat yang belum tau apa itu Affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah model bisnis yang memungkinkan seseorang atau bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan milik orang lain dan memperoleh komisi atas setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui link unik yang diberikan oleh pemilik produk atau layanan tersebut.

TikTok Affiliate merupakan program afiliasi dari platform TikTok yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan produk atau layanan melalui video mereka dan memperoleh komisi atas setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui link unik yang diberikan oleh layanan Affiliate TikTok.

Shopee Affiliate adalah program afiliasi dari platform e-commerce Shopee yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan produk yang tersedia di Shopee melalui link unik dan memperoleh komisi atas setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui link tersebut.

Begitu juga dengan Affiliate Tokopedia.

Langkah menjadi Affiliator:

  • Anda mendaftar sebagai Affiliator di: Shopee, Tokopedia, dan Tiktok.
  • Mempromosikan produk toko-toko orang lain yang ada di marketplace tersebut dengan link khusus yang dibuat melalui sistem Affiliasi marketplace tersebut.
  • Jika ada yang mengklik link Anda dan membeli barang maka Anda akan mendapatkan komisi.

Sistem yang berbeda-beda!

Pada intinya memang seperti yang sudah disebutkan diatas, kita promosikan barang dengan menyebarkan link affiliate dan mendapatkan komisi jika ada yang belanja melalui link kita.

Tapi sistem dan kebijakan antara Shopee Affiliate dan Tokopedia Affiliate berbeda.

 

Perbedaan yang paling signifikan dari keduanya tersebut adalah:

  • Kalau di Tokopedia setiap ada klik terverifikasi dari link yang kita promosikan maka akan mendapatkan komisi Rp. 50. Dan jika ada yang belanja melalui link akan mendapatkan komisi penjualan (pembeli memasukan produk dalam 24 jam, maskimal transaksi pembayaran 14 hari). Menarik? Belum tentu. Kebijakan lengkap Affiliate Tokopedia.
  • Kalau di Shopee, setiap ada klik link promosi kita akan dicatat dan direkam selama satu minggu, dan jika orang yang klik tadi belanja dalam waktu 1 minggu setelah klik link kita, walaupun pindah toko, maka kita akan mendapatkan komisi penjujalan. Kebijakan lengkap Affiliate Shopee.

Pada faktanya mana yang lebih menguntungkan? Jujur saja, secara pribadi saya lebih merasakan keuntungan dari sistem affiliasi Shopee daripada Tokopedia karena konversinya sangat besar.

Kebiasaan orang kalau mau belanja biasanya mikirnya cukup lama, bisa sampai 1-3 hari kemudian baru belanja. Selain itu juga kadang suka pindah-pindah toko untuk mencari harga termurah atau mencari barang lain. Selain itu juga kadang malah beli barang lain yang serupa dengan apa yang kita promosikan!

Itulah hebatnya sistem Shopee Affiliate untuk para affiliator-nya lebih menguntungkan. Walaupun belanjanya besok lusa (maks 1 minggu) setelah klik link promosi, pindah toko, beli barang selain yang kita promosikan, kita akan dapat komisi!

Di Tokped, apa yang saya alami memble, kebanyakan cuma dapat Rp. 50, itupun tidak setiap klik link tapi link yang terverifikasi. Jarang sekali dapat komisi penjualan, konversinya sangat kecil, jauh dibanding konversi penjualan di afiliasi Shopee.

Di Shopee 10x klik bisa ada penjualan, sedangkan di Tokopedia 38x klik kagak ada penjualan! 

Tapi ya jalani aja sebagai pelengkap, karena tidak semua orang belanjanya di Shopee.

Sekian review singkat Shopee Affiliate VS Tokopedia Affiliate. Apakah Anda punya pengalaman berbeda? Karena mungkin pengalaman setiap orang berbeda-beda. Bisa saja ada yang lebih untung di afiliate Tokopedia dibanding Shopee. Silahkan berbagi di komentar!

Posting Komentar untuk "Review Singkat Shopee Affiliate VS Tokopedia Affiliate, Mana yang Terbaik?"