Iklan Header

Laptop Murah 4 Jutaan dari Lenovo: IdeaPad 3 IGL05 56ID, Bisa Upgrade RAM/SSD?

Oke jadi di artikel kali ini kita akan membahas laptop yang harganya murah dan menurut saya sih ini termurah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Laptop ini harganya 4 jutaan kecil bukan 4.999 juta, tapi 4 jutaan kecil, 4 jutanya berapa? Nanti aja.

Dan dengan harga 4 jutanya ini, biasanya kompetitornya itu panel layarnya pakai panel TN dan resolusinya HD, tapi laptop yang satu ini di harga 4 jutaan dia sudah Full HD dan layarnya juga udah pakai IPS.

Perkenalkan ini adalah Lenovo Ideapad 3 14IGL05..

Cuman yang agak tricky ya, banyak SKU dari Lenovo IdeaPad 3 14IGL05 ini yang panelnya itu masih HD, dan ada yang masih pakai panel TN, yang harganya di Rp. 3,9 jutaan. 

Nah harusnya kalau misalkan kalian pengen dapat yang panel layar IPS kalian harus memperhatikan yang namanya MTM. Di box-nya ya biasanya ada MTM ID, nah ambil aja 4 angka di belakangnya, 56ID ini jadi udah pasti kalau misalkan kode MTM-nya belakangnya itu 56ID, kalian akan mendapatkan layar yang IPS dengan resolusi Full HD.

Karena untuk 14 IGL05 ini kalau saya lihat di marketplace harganya random, dan setelah saya pelajari saya lihat-lihat ternyata panel layarnya beda ya antara TN dan IPS.

Saya sudah pernah bahas antara panel TN dan IPS. Intinya IPS itu biasanya bisa dilihat dari sisi manapun tanpa perubahan warna yang signifikan, sementara TN tampilannya agak sedikit lebih kusam, apalagi dilihat dari sisi atas atau kiri kanan.

Dan karena dia namanya IdeaPad 3 ya ini maksudnya ke seri mainstream-nya lah, sebenarnya di bawahnya masih ada IdeaPad 1, jadi urutannya itu IdeaPad 1, 3, 5 dan 7. Ini masuk ke-3 jadi dia masuk ke segmen yang entry-level dan harganya Rp. 4 jutaan.

Kalau kalian berharap 4 jutaan dapat prosesor Core i3, yah belum dapat ya di tahun 2023 ini.

Cuman sekarang harganya udah normal kalau dulu di akhir-akhir tahun 2020 sampai 2021 awal itu harganya untuk 6 juta kita cuma dapat Celeron ataupun Athlon Silver AMD yang dual core.

Nah kalau tahun 2023 ini 4 juta kita ya dapatnya memang masih Celeron ya jangan berharap banyak.

Jadi Lenovo IdeaPad 3 IGL05 ini pakai processor Intel Celeron N4020 yang fabrikasinya ya ini prosesor lama sih ya dengan pabrikasi 14 nanometer. Terus 2 core 2 thread, untuk base frekuensinya di 1,1 GHz, turbo boost-nya bisa sampai 2,8 GHz.

Terus untuk memori RAM-nya dia pakai DDR4 yang speed-nya juga bukan yang 3.200 MHz tapi di 2400 MHz. Sayangnya kapasitasnya ini cuman 4 GB dan enggak bisa di-upgrade, ya standarnya laptop Rp. 4 jutaan biasanya memang kayak gini ya konfigurasinya.

Terus untuk storage-nya udah jarang saya lihat laptop yang pakai hardisk ya, hampir semua keluaran laptop sekarang memang pakai SSD sih, walaupun yang harganya 4 jutaan ini jadi untuk SSD-nya dia pakai M.2 2242 NVMe Gen3 yang kapasitasnya 256 GB, ya standart-nya 4 jutaan.

Oh tapi ada yang kompetitornya nanti di artikel lain akan kita bahas ada Asus E410MA itu ssd-nya 512 GB harganya di Rp. 4 jutaan juga. 

Terus kalau untuk speed ssd-nya standar dia di kisaran 1800mbps standar banget di harga 4 juta sampai 7 jutaan untuk speed SSD gitu. 

Tapi dengan spesifikasi yang saya sebutkan tadi 4 juta lebih tepatnya di 4,4 ini bisa jadi laptop yang gaib., karena harganya murah. 

Si Lenovo Ideapad 3 14 IGL05 secara spesifikasi menurut saya sudah oke, kalau kita ngomongin desain ya ini IdeaPad banget dari dulu ya kayak gini.

Untuk warna dari laptop yang kita bahas ini warna aman karena dia pakai warna silver di mana ini bisa dibilang warna yang Everlasting lah ya. Warna-warna aman, jadi enggak ada warna pink, tosca atau warna-warna dinamis kayak Asus. Silver itu menurut saya adalah warna yang paling aman untuk dibikin karena lebih banyak orang yang suka silver atau netral dibandingkan warna warni ya.

Dan karena dia masuk ke entry level, kalau kita ngomongin build quality ya dia pakai plastik semuanya plastik polikarbonat.

Untuk engselnya sayangnya dia belum bisa dibuka dengan satu tangan, ini parah banget ya, engselnya ini kurang enteng gitu. Jadi kita harus pakai tangan dua. Bagusnya sih dia bisa dibuka sampai 180 derajat yang bisa kita gunakan untuk fitur presentasi.

Dimana ada empat orang di sini kita tinggal buka aja set enggak usah kita otak-atik seperti ini ya untuk menghadapkan layar ke lawan presentasi kita.

Terus di bagian keyboard-nya ini beda dengan ideapad 5 atau 7 ya ini kerasa lebih kopong. Dan walaupun dia kopong tapi bobotnya lumayan berat ada di 1,5 Kg. Dan untuk ketebalannya dia di 1,99 cm. 

Tapi bulid quality yang menurut saya agak kerasa kopong ini akan langsung termaafkan ketika kalian melihat layarnya. Karena biasanya layar laptop yang harga 4 juta dia pakai TN, tapi yang ini sudah pakai panel IPS.

Kalau IPS itu kita lihat dari sisi kiri kanan bawah atas ataupun dari bawah warna dan gambar masih terlihat nyaman. Intinya kalau kita lihat dari View Angle yang berbeda, itu nggak ada penurunan kualitas warna secara signifikan, ciri khas IPS banget.

Tapi kalau kita ngomongin akurasi warna ya karena harganya 4 jutaan jadi ya standar di 45% NTSC atau 60% sRGB, brightness nya juga ada di kisaran 250 nit standar.

Di atas layar untungnya buat kalian yang suka meeting online udah ada privasi shutter untuk kameranya jadi kalau kalian merasa enggak save ketika laptop-an kok webcam ini kayaknya ada ngintip tinggal ditutup aja tinggal di slide aja itu ciri khasnya Lenovo ya. Dari seri yang murahnya aja untuk privasi shutter sudah ada.

Sekarang kita turun ke bawah ke bagian keyboard. Keyboard-nya ini untungnya tombol powernya udah memisah dengan bagian keyboard.

Keyboard-nya saya suka banget ya, memang saya penggemar berat keyboard-nya Lenovo walaupun ini di seri 4 jutanya aja suara keyboardnya itu beda gitu, jadi suaranya ini tactile ciri khasnya Lenovo maka nyalain lampu itu keyboardnya layoutnya gini-gini aja Kenapa karena emang udah nyaman ya.

Kayaknya kalau dirubah bakalan banyak yang komplain, karena memang di harga 4 jutaannya aja keyboardnya ini udah nyaman, walaupun kekurangannya adalah di casing-nya yang plastik ini, jadi casing plastiknya itu yang bikin berisik. 

Tapi kalau untuk keyboard-nya tekstilnya enak nyaman, travel distance-nya juga pas.

Terus lanjut untuk touchpad, sayangnya kalau untuk touchpad ini dia enggak senyaman keyboard-nya sih ya. Travel distance-nya ini terlalu rendah dan mantulnya itu kurang cepat jadi tactile-nya kurang enak kurang seenak keyboard-nya lah. 

Terus kalau untuk port konektivitas, di bagian kiri itu dia ada input power, ada HDMI, ada tiga buah USB type A, wah banyak banget. 

Di sebelah kanan ada full size MicroSD Card, terus juga ada Audio Jack.

Kalau untuk konektivitas wireless-nya, untuk wifi-nya karena N4020 jadi dia masih pakai wi-fi 5. Terus kalau untuk bluetooth-nya sudah versi 5 yang tergolong baru. 

Nah sekarang kita bahas masalah performanya ya. Performanya Celeron ini performa yang biasanya digunakan untuk ngetik-ngetik aja Office. Main game bisa main game Zuma, terus Candy Crush kayak gitu itu bisa.

Kalau untuk main game-games Dota2, Valoran, Genshin Impact, itu ya bukan segmentasinya ya mending kalian nabung dikit lagi untuk beli laptop yang emang dikhususkan untuk main game tersebut, daripada kalian nanti jatuhnya emosi terus laptopnya kalian banting malah rusak. 

Ketika saya tes di Chinebench R15 ya untuk performanya multicore-nya aja di kisaran 108 poin ini bukan single core ya tapi multi core, yang score-nya masih jauh dibawah singe-core i5.

Jadi di sini aja kalau misalkan kalian minta saya untuk ngetes editing yang lebih, Premiere Pro ya bisa tapi ya kasihan yang benchmark-nya lama banget.

Intinya laptop ini ditujukan untuk ngetik-ngetik aja, sekolah, meeting online gitu. 

Untuk nonton film enak karena dia sudah Full HD IPS dibandingkan kalian nonton film dengan layar TN di mana warnanya itu akan memudar, jadi warna merah itu bisa jadi agak orange kalau di panel TN, tapi kalau di IPS warnanya itu adem dan dilihat itu walaupun akurasinya enggak sampai 100% tapi lebih baik lah ketimbang panel TN. 

Okelah jadi mungkin cukup segitu aja artikel review dari Lenovo Ideapad 3 14 IGL05 dengan MTM ID belakangnya itu 56ID. Jadi pastikan kalau kalian beli online kodenya itu, atau kalau kalian pengin gampangnya langsung aja klik link DK.ID Shopee.

Dan harganya sekarang di kisaran Rp. 4.5 jutaan, karena ini barang resmi bukan barang TI atau distributor atau ya, jadi kalau resmi Lenovo itu pasti ada Office Home & Students 2021 dan juga Windows 11,  walaupun di seri 4 juta saja.

Cuman kalau ADP atau Accidental Damage Protection enggak ada ya, ADP itu adanya Lenovo Yoga, IdeaPad Gaming, terus di yang mahal-mahal itu ada. 

Tapi overall dengan harga 4,5 juta menurut saya dengan kelebihan dapat Full HD IPS, RAM 4 GB, pakai SSD di Lenovo ideapad 3 yang keyboard-nya enak menurut saya sudah worth it banget sih ya.

Kekurangannya dia keyboard-nya belum ada backlight ya. Kalau mau backlight ada di HP 14s DQ0508TU atau Asus E410MA.

Posting Komentar untuk "Laptop Murah 4 Jutaan dari Lenovo: IdeaPad 3 IGL05 56ID, Bisa Upgrade RAM/SSD?"