Iklan Header

Spesifikasi dan Harga Axioo MyBook Z6 Metal Bagus kah? Bisa Upgrade RAM dan SSD?

Laptop ini bisa jadi salah satu laptop murah yang paling menarik untuk saat ini, dia sudah pakai prosesor Intel Core generasi ke-12, layarnya IPS resolusi full HD, desainnya minimalis, stylish, back covernya udah metal dan harganya cuma di kisaran 6 jutaan aja ya.

Laptop ini adalah Axioo MyBook Z6 Metal. Versi murah dari Axioo Z10 Metal yang sudah kita bahas sebelumnya.

Untuk HARGA Axioo MyBook Z6 Metal ini ada 2 varian:

  • MyBook Z6 Metal: Rp. 6.899.000,-
  • MyBook Z6 Plastik Polycarbonate: Rp. 6.599.000,-

Dan kalau kalian teruskan simak ini kalian pasti merasa bahwa harga itu murah bener ya. 

Nah, kita menemukan banyak sekali hal yang menarik di laptop ini tapi kita mulai satu-satu dari SPESIFIKASI dasarnya dulu ya.

Untuk prosesor dia pakai Intel Core i3-1215U dengan code name-nya Alder Lake, fabrikasinya sudah Intel 7, 6-Core/8-thread, 2 performance Core, 4 efisien Core, base TDP di 15 watt dengan 10 MB Intel Smart case.

Untuk sistem grafisnya dia pakai Intel UHD graphic dengan 64 execution unit, inget ini udah gen 12 64 EU itu udah besar banget ya, ini menarik karena jumlah EU-nya ini udah mirip dengan Iris Plus graphics.

Tentunya dia udah support akselerasi quick sync dan AV1.

Untuk RAM default-nya adalah 8 GB DDR4-3200 single channel SODIMM, tapi dia pakai dua slot SODIMM. 

Jadi masih bisa di-upgrade laptop ini jadi dual channel bahkan bisa di-upgrade sampai 64 GB. Tapi ngapain sih 64 giga gede banget ya 16 giga 2 channel udah cukuplah ya.

Nah untuk SSD, ini pakai 256 GB SSD NVMe PCI, sayangnya emang belum ada slot M.2 atau SATA untuk storage tambahan harddisk di sini ya.

Untuk wireless connectifity dia pakai Intel WiFi AC-9560, WiFi 5 atau WiFi AC gigabit WiFi multi user MIMO dan Bluetooth-nya sudah versi 5.1.

Kapasitas baterainya adalah 55 watt power dan laptop ini sudah pakai Windows 11 pro.

Nah, untuk body form factor-nya adalah clam shell materialnya itu kombinasi metal dan polikarbonat. Untuk metal ada di back cover-nya.

Nah, untuk desain dia desainnya stylish minimalis dan bisa cantik juga ya. Tergantung warnanya tentunya ya, terdapat logo Axio di pojok kanan atas cover.

Nah bicara soal warna untuk varian yang tersedia, ada Pink Sakura dan Black Ninja jadi ada yang pink
ada yang Black atau hitam.

 

Untuk dimensi panjang 32,3 cm lebar 22,1 cm dengan ketebalan 1,89 cm. Untuk bobot laptopnya ada di 1,56 kg dan charger-nya 28 gram. Jadi total bobotnya adalah 1,8 kg. 

Untuk display-nya ini adalah panel IPS ukuran 14 inci resolusinya full HD 1920x1080 refresh rate nya 60Hz dan berdasarkan pengujian kami puncak brightness nya ada di 254 nits.

Untuk Gammut Covernya ada di 63,7% sRGB dan Volumenya di 64,3% sRGB, permukaannya anti glare jadi nggak mantul-mantulin cahaya dari mana-mana ya.

Bingkai kanan kirinya cukup tipis dan sementara di atas itu memang agak tebal karena ada kamera yang menurut kami cukup unik. Karena kameranya resolusinya adalah 2 MP tapi untuk aspek rasio 4 banding 3 ya. Saat menggunakan 4 banding 3 resolusinya adalah 1600 * 1200 pixel.

Tapi kalau kita mengambil video dengan rasio 16:9 resolusi maksimalnya adalah 720p 30 FPS dan dia juga punya privasi shutter ini juga unik ya biasanya privater hanya menutup lensa kamera di laptop ini privasi shutternya menutup seluruh kamera jadi terlihat seperti jendela geser ya.

Nah untuk kemampuan kamera bisa dibilang lumayan lah, sudah memadai untuk kebutuhan meeting online, dan microphone-nya juga memiliki noise canceling untuk mengurangi suara bising di sekitar. 

Untuk audio dia menggunakan dua speaker yang uniknya terletak di sebelah atas keyboard ya. Untuk kualitas suaranya menurut kami ini bukan yang paling kencang yang pernah kami uji tapi untuk kelas harganya speaker ini punya karakteristik yang menarik ini ya.

Vokal terdengar, bass masih bisa terdengar di sini ya meskipun enggak menggelegar tentunya kan wajar ya sebuah laptop tipis. Dan mungkin karena posisinya ada di atas jadi kalau kita muter musik itu suaranya terdengar dengan jelas sekali.

Nah, untuk konektor di kiri ada satu DC-in, ada satu USB 2.0 ada 1 SD card reader dan ini SD card ya yang besar ya tentunya ya ini bukan hanya Micro SD card reader ya.

Lalu ada satu Audio Jack combo 3.5 mm, lalu di kanan ada satu USB 3.2 gen 1 type C ya, menariknya konektor ini bisa digunakan juga untuk ngecas laptopnya pakai charger USB type-c dan kita bisa pakai
charger yang 65 watt di sini ya. Nggak cuma itu dia juga bisa untuk output display ke monitor.

Lalu ada dua USB 3.2 gen 1, HDMI, dan 1 Ethernet port.

Untuk keyboard ini adalah model ciklat ya, untuk layout ini berbeda dengan MyBook 14 F dan CyberBook yang pernah kami uji. Di laptop ini terlihat memiliki ukuran tombol anak panah yang sama seperti tombol lainnya tidak dikecilkan.

Juga ada tombol navigasi di sisi kanan, keyboard yang sebelumnya tidak ditemukan di varian-varian sebelumnya. Nah saat ditekan tombol ini terasa agak klik ya, memberikan feel yang unik di sini.

Keyboard ini juga telah dilengkapi dengan backlight putih dengan dua tingkat kecerahan. Di harga 6 jutaan ini sudah bagus ya.

Kita lanjut ya untuk touchpad ini menggunakan precision touchpad letaknya center to Space ini ya membuatnya nyaman karena tidak mudah tersentuh saat kita mengetik.

Lalu ada tombol untuk Klik Kanan dan Klik Kiri yang terpisah di bagian bawah touchpad.

Untuk sistem pendingin dia menggunakan sistem pendingin aktif dengan satu kipas dan satu heatpipe
intake dari bawah, exhaust ke arah samping kiri, bukan ke arah layar. 

Menariknya engsel layar laptop ini akan mengangkat body belakang dan keyboard saat layarnya dibuka. Ini buat sirkulasi udara jadi lebih lancar ya. Tenang di bawah engsel ini ada dua pad pelindung jadi mekanisme ini aman, keren kan?

Lanjut ke part 2: Review, Gaming Test, Kelebihan dan Kekurangan Axioo Z6 Metal.

Posting Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga Axioo MyBook Z6 Metal Bagus kah? Bisa Upgrade RAM dan SSD?"