Iklan Header

Review Axioo MyBook Z6 Metal: Benchmark, Gaming Test, Kelebihan dan Kekurangan

Sebelumnya sudah kita bahas Spesifikasi dan jeroan Axioo InBook Z6 Metal. Sekarang kita akan review performa serta kelebihan dan kekurangan laptop ini.

Oke sekarang mari kita masuk ke aspek performa. 

Benchmark Cinebench R15

Pertama-tama kita uji kompetensi performanya dengan Cinebench R15, kita looping 20 kali terlihat bahwa skor maksimal yang dapat diraih adalah 808 poin. Ini termasuk skor yang kencang ya untuk kelas harganya ya. Ini mirip dengan sebuah Core i7 sekitar 2-3 tahun yang lalu. Luar biasa ini ya.

JagatReviewTV

Nah, sedangkan skor yang dipertahankan ada di kisaran 710 sampai 720-an poin.

Untuk suhu kerjanya ya, suhu CPU terlihat sempat sekali menyentuh ke 98-97 derajat Celcius di Run pertama. Jadi sepanjang kita coba 20 kali Loop hanya sekali saja suhunya menyentuh 98-97 derajat Celcius kemudian dia langsung turun dan stabil di kisaran 70-76 derajat Celcius jadi terjaga dengan aman di sini.

Video Editing Test Render

Oke sekarang kita coba kalau kita pakai Adobe Premiere Pro cc 2022 tentunya untuk edit video ya. Videonya 1080p60 FPS durasinya 2 menit 7 detik dengan software only ini semua selsesai dalam waktu 5 menit 5 detik.

Kalau kita pakai OpenCL  ini selesai dalam waktu 4 menit 42 detik itu kalau kondisinya single channel. 

Sekarang mari kita coba untuk 2 channel. Nah hasilnya gini mantap ya lebih kenceng tentunya. Jadi kalau kalian ada yang mau pakai ini buat video editing sebaiknya langsung dual channel aja mantap nih kalau dua channel. 

JagatReviewTV

Untuk suhu kerja di awal sempat sekali spike 96 derajat Celcius tapi langsung turun dan dipertahankan di
Kisaran 70-73 derajat Celcius. 

Oke sekarang kita beralih ke Davinci Resolve 17.2 software video editing kelas profesional yang gratis ini. Video 1080p60fps itu selesai di render dalam waktu 9 menit 13 detik. Nah kita juga uji ya dengan dual channel dan hasilnya 7 menit 6 detik, lebih kenceng ya.

Nah untuk suhu kerjanya sama seperti di Adobe Premiere Pro so CPU sempat naik di awal ke-93 derajat Celcius tapi langsung turun dan dipertahankan di Kisaran 65-70 derajat Celcius. 

Gaming Test

Nah mari kita lihat pengujian gaming-nya tentunya ram-nya langsung pakai dual channel.

JagatReviewTV

  • CSGO, 720p Low: 65-90 FPS
  • DOTA 2, 720p Fastest, Render Resolution 100%: 44-80 FPS
  • Genshin Impact, 1080p Lowest, Resolution Scale 0.8: 52-60 FPS
  • GTA V, 720p Normal, Tesselation OFF: 45-60 FPS

Nah di pengujian terakhir ini GTA V dijalankan selama 30 menit terlihat bahwa suhu CPU ada kisaran
68-73 derajat Celcius lagi-lagi terjaga untuk suhu permukaannya hampir seluruh permukaan keyboard ada di bawah 40 derajat Celcius. Titik terpanas ada di sela antara huruf T dan F mencapai 42 derajat Celcius. 

Aarea terdingin ada di sisi kanan keyboard di kisaran 34 derajat Celcius untuk area palm-rest tentu saja aman di bawah 35 derajat Celcius.

Kecepatan SSD

Nah untuk storage kalau kita tes kecepatan bacanya ada di 2398 mbps dan kecepatan tulis di 1823 mbps ini wajar mengingat SSD yang dipakai adalah yang berkapasitas 256 GB.

Baterai

Oke kita lanjut ke pengujian baterai, brightness 50% volume di 25% hasilnya adalah untuk video playback 1080p kita dapat 7 jam, ini adalah hasil yang kita ekspektasi untuk kelas harga segini antara 6 sampai 8 jam.

Untuk charging 30 menit pertama kita dapat 28% sementara untuk dari kosong sampai penuh kita butuh waktu 135 menit atau sekitar 2 jam 15 menit. Hasil yang normal ini.

Harga, OS, dan Garansi

Nah untuk harganya Axio Mybook z6 Metal ini dijual dari harga Rp. 6.999.000,- jika masih kemahalan ada Axio punya satu varian lagi yang ini bodinya menggunakan material full polikarbonat dia dijual di
harga 6.599.000 tapi buat kalian yang butuh performa extra gimana dong?

Nah Axioo punya juga versi Z10 Metal yang spesifikasinya pakai Core i5 1235u RAM 8 GB, SSD 256GB harganya di 7.999.000,- ada lagi yang Core i5-1235u ram-nya 16GB SSD 512gb dijual di Rp. 8.999.000,-

Nah untuk setiap pembelian ini sudah termasuk Windows 11 Pro versi Pro ya bukan versi home. Lalu dapat backpack dengan warna pink atau hitam sesuai dengan warna laptop yang kalian pilih tentunya selama persediaan masih ada.

Lalu dia dapat garansi resmi Axioo Indonesia dengan rincian dia dapat 3 tahun garansi layanan dan satu tahun garansi sparepart.

Kelebihan dan Kekurangan

Nah kita masuk ke hal yang perlu diperhatikan, pertama konfigurasi RAM standarnya masih 8 GB single channel, tapi karena dipakai DDR4 dan bisa diupgrade dengan mudah, rasanya nggak ada masalah ya beli aja tambahannya langsung bikin kedua channel kalau kalian pilih yang versi entry ini ya.

 

Kekurangan Axioo MyBook Z6 Metal:

  • Belum disediakan Microsoft Office dalam paket penjualan, sehingga perlu membeli lisensi Microsoft Office tentunya. Ya tapi kalau tidak ingin beli, ini unik, Axio sudah menyertakan software Libre Office terinstall saat laptop dinyalakan sudah langsung ada ini. Tentunya bisa jadi pengganti dari Microsoft Office yang jelas ini resmi ya dari sini menariknya ini adalah salah satu laptop termurah dengan prosesor Intel Core generasi 12.

Kelebihan Axioo MyBook Z6 Metal: 

  • Ada 2 buah slot SODIMM sehingga RAM bisa diupgrade.
  • Menggunakan Windows 11 PRO (bukan Home)
  • Karena dia pakai Intel Core i3 1215u dia punya performa yang kenceng untuk kelas harganya ya, punya total 6 core 8 thread, ini nyaman untuk multitasking nih, dan kalau di upgrade jadi dual channel dia nyaman untuk gaming tipis-tipis. 
  • Untuk konten Creation yang ringan juga masih oke nih untuk 1080p60 wow ini oke sih. Apalagi dia udah pakai layar IPS dengan resolusi Full HD jadi layarnya nyaman dipandang. Walaupun memang ini bukan untuk video editor kelas profesional tapi sudah cukup konsisten warnanya ya. 
  • Jumlah konektornya ini banyak ya lengkap di sini dan kita bahkan masih bisa pakai charger 65 watt. Jadi kalau ada yang punya charger kecil 65 watt itu yang pakai USB PD bisa nih buat ngecas laptop ini.
  • Lalu garansi dari Axio itu sampai dengan 3 tahun layanan dan 1 tahun sparepart ya kami cukup terkejut ya saat pertama kali mengetahui spesifikasi laptop ini terutama mengetahui harganya dan setelah kami uji tadinya kami skeptis sih tapi ternyata performanya juga nggak bercanda nih ya. 

Jadi kalau kalian nyari laptop yang murah dengan performa maksimal Axio my book z6 Metal ini bener-bener bisa jadi salah satu pilihan kalian.

Sumber: JagatReviewTV, Axioo.

Posting Komentar untuk "Review Axioo MyBook Z6 Metal: Benchmark, Gaming Test, Kelebihan dan Kekurangan"