Iklan Header

Masalah SAMSUNG A32 Restart Bootloop dan Dicas Cuma Logo Petir

Samsung seri A, termasuk A32 ini merupakan salah satu HP yang sering masuk servis. Di artikel ini kita akan bahas Galaxy A32 yang masalahnya kalau di cas hanya muncul logo petir dan bootloop muncul logo SAMSUNG lalu restart lagi, restart pendek terus-terusan.

Logo petir dan tidak bisa di cas pernah kita bahas disini. Biasanya karena masalah baterai yang masuk mode sleep sehingga perlu "disuntik", ini perlu di cek dulu dengan smart charger. Atau kalau sudah lama pemakaian biasa juga baterai drop, dan perlu diganti.

Jika baterai sudah fix namun masih terjadi masalah logo petir, bisa jadi ada masalah lain di mesin, seperti IC cas, dan masalah mesin lainnya.

Dalah masalah kami, baterai sudah diganti dan fix, namun masalah bootloop masih terjadi. Ini bisa software maupun hardware. Kami curiga masalahnya di hardware, tepatnya di chipset (CPU/RAM), kenapa? Karena memang masalah Galaxy seri A ini kebanyakan di chipset.

Nah, chipset Samsung Galaxy A32 ini adalah Mediatek MT6769V Helio G80 (12 nm). Didalamnya terdapat CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55). Dan selain itu juga RAM sudah terintegrasi didalam chipset tersebut.

Biasanya untuk mengatasi masalah chipset, rata-rata teknisi HP melakukan reball atau solder ulang terlebih dahulu. Hanya masalahnya di ponsel ini si chipset merekat di lem juga, jadi resiko sangat tinggi mengakibatkan mati total.

Kalau di reball masih bermasalah, maka solusi lain adalah ganti chipset. Lagi-lagi resikonya besar.

Jadi karena resiko besar kami hanya melakukan trik yang mungkin bisa mengatasi masalah, trik yang mudah, yaitu mengganjal cpu dengan menggunakan bekas SIM card. Bongkar casing belakang, bongkar mesin, buka dan lepas pelindung chipset lalu tempelkan plat bekas SIM card seperti ini..

Teknisi Ndeso

Plat bekas SIM card ditempel dengan double tape tipis.

Kalau mau lebih rapi dibikin agak kecil lalu disekelilingnya bisa gunakan thermal pad yang tebalnya cukup sehingga fungsi pendingin tidak hilang.

Pasang kembali mesin, dan pelindung mesin, lalu coba nyalakan, dan ternyata..

Teknisi Ndeso

Amazing masalah bootloop teratasi!

Trik ini aneh, bisa memperbaiki masalah bootloop, tapi mungkin tidak semua bisa fix seperti ini. Namun layak dicoba dan semoga beruntung.

Sayangnya, masih ada masalah lain di ponsel yang kami garap, yaitu tidak mau ngecas. Ini mungkin ada masalah lain.

Tapi setidaknya dalam artikel ini kita bisa menambah pengetahuan bahwa trik tersebut bisa mengatasi masalah bootloop.

Kalau mau fix total memang harus ganti mesin, terutama kalau dibawa ke servis center Samsung, pasti disarankan ganti mesin.

Posting Komentar untuk "Masalah SAMSUNG A32 Restart Bootloop dan Dicas Cuma Logo Petir"