Iklan Header

Solusi HP Restart Pas Nonton Youtube dan Main Games Tapi Kalau Sambil Di Cas Aman

HP saya (Sharp Aquos Zero 2) tiba-tiba restart pas dapat muter voice note di Whatsapp, awalnya nganggap biasa aja. Eh pas coba play voice note lagi, ternyata restart lagi. Waktu itu pas posisi baterai emang lagi low batt, jadi saya cas dulu. Ternyata aman setelah di cas lebih dari 50%.

Untuk penggunaan biasa berjalan normal kembali, browsing, sosmed FB Twitter normal-normal aja. Nonton youtube tiba-tiba random restart lagi. Cas lagi sampe full, normal lagi.

Coba lagi main game (Mobile Legends), awalnya bisa loading normal, nah pas masuk match tiba-tiba restar lagi. Disini HP langsung bootloop gak mau masuk menu.

 

Booting sambil cas ternyata bisa lagi.

Gejala lain pas di cas suka loncat-loncat persentasenya, dan tidak bisa ngecas sampai 100%, dan gejala ngecas yang aneh-aneh.

Dari situ sebenarnya sudah curiga sih ke baterai. Tapi baterai ini sebenarnya baru ganti sekitar 2 bulan lalu, gantinya di refill sih, jadi konektor baterai ori Sharp Aquos Zero 2 dipindahkan ke baterai Vizz Mi6.

Langsung saya bongkar dan coba untuk re-solder, jadi disolder ulang barangkali ada retak di solderan sehingga arus listrik tidak mengalir secara sempurna.

Dan ternyata benar, setelah disolder ulang smarpthone saya normal kembali, fix tidak ada random restart saat menjalankan audio, video, bahkan games.

Hal semacam ini bisa juga terjadi di ponsel yang memang baterainya sudah lama pakai sekitar 2-4 tahun, ketika baterai sudah drop maka tidak mau ngangkat untuk menjalankan kerja berat seperti audio, video dan games.

Saat daya tidak memadai, maka otomatis HP bakal down power-nya dan langsung merestart. Bahkan bisa jadi boot-loop tidak mau ngangkat masuk ke menu karena daya gak kuat.

Jadi solusi jika HP restart pas menjalankan aplikasi berat seperti nonton youtube dan main games, tapi tidak restart saat dicolok cas, maka kemungkinan ada masalah di baterai. Jika baterai sudah lama pakai sekitar 2-4 tahun, coba ganti saja baterainya dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "Solusi HP Restart Pas Nonton Youtube dan Main Games Tapi Kalau Sambil Di Cas Aman"