Iklan Header

Vivo Y17 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,9 Jutaan!

Review Singkat Vivo Y17


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Vivo Y17 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Vivo Y17 ala orang awam..

Display/Layar


Vivo Y17 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,35 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya HD+ 720 x 1544 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 268 ppi.

Walaupun layarnya masih HD dengan ppi dibawah 300 tapi menurut saya pribadi layarnya cukup tajam dan bening-bening aja jika dilihat pada jarak pandang normal, kecuali kalau kita deketin dan dilihat lebih jeli tentu ada terlihat sedikit kurang rapat.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.

Design



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya jadi bikin terlihat seperti kaca.

Untuk feel genggamannya di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 190,5 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 8,9mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Vivo Y17



Vivo Y17 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan sampai 2 harian.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing.

Salah satu kelebihan Vivo Y17 adalah kemampuan pengisian cepat Dual-Engine fast charging-nya. Dengan charger bawaan yang memiliki output max 9V~2A (18 watt), HP ini bisa diisi dari low batt 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam, dengan rinician:
  • 30 meint = 0-32%
  • 1 jam = 63%
  • 1 jam 30 menit = 86%
  • 2 jam kurang = 100%

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio


Vivo Y17 memiliki loudspeaker single di bagaian frame bawah, yang sangat umum di luar segmen high-end. Speaker Vivo Y17 ini yang menurut kami menjadi kelemahan ponsel ini karena suaranya agak cempreng. Apakah ini hanya unit yang kami miliki atau tidak, entahlah.

Performa/Kecepatan



Vivo Y17 ditenagai oleh chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) - SoC kelas menengah bawah dari seri Performance Mediatek. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 86.308.

Kalau ngejar performance atau spesifikasi tinggi sebenarnya sih menurut saya jangan ke Vivo, karena di harga 3 jutaan Anda bisa dapat Realme 3 Pro atau Redmi Note 7 yang sepsifikasinya lebih tinggi dengan skor Antutu diatas 110.000.

Sebagai gantinya Vivo Y17 menawarkan RAM 4GB dan memori internal yang besar dibanding ponsel lain pada harga sama, yaitu 128GB.

Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja tidak ada kendala.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar, dan PUBG juga cukup lancar hanya sedikit lag tapi dengan setting yang rendah.

Kualitas Foto


Vivo Y17 memiliki kamera Triple dengan lensa 13 MP, f/2.2, PDAF + 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, depth sensor.

Hasil foto Vivo Y17 bisa dibilang lumayan bagus, sesuai harga lah. Ada banyak detail yang ditangkap dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.

Hanya rentang dinamis kalau menurut saya agak berlebihan sampai ngasih efek yang terlalu dramatis buat bagian langit.

Yang saya suka adalah kamera wide-angle nya yang sangat berguna untuk mengambil foto di ruang sempit sehingga dapat mengambil bingkai yang lebih luas.

Overall dengan harga 2,9 jutaan dapat kamera Triple yang mendukung fitur Super-wide-angle oke banget lah, karena masih langka bisa dapat triple camera dengan wide angle di harga segini.

Potret


Vivo Y17 mengambil potret objek manusia yang sangat bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Vivo Y17 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie


Kamera selfie Vivo Y17 mengemas sensor 20 MP di belakang lensa aperture f/2.0. Ada segala macam peningkatan beautyfication.

Pokoknya, selfie dengan Vivo Y17 banyak detail dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik. Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik.

Potret selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek sangat kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami.

Rekaman video


Vivo Y17 merekam video hingga 1080p pada 30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, sayangnya tidak ada stabilizernya sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai super awet, layar oke, pokoknya semua oke, hanya kualitas sepaker yang agak sedikit cempreng kalau menurut saya.


Kelebihan:
  • Skema warna yang menarik membuat desain yang biasa terlihat cakep, mewah dan elegan.
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya.
  • Pengisian cepat Dual-Engine fast charging juga terbilang sangat cepat dalam mengisi baterai.
  • Triple camera dengan lensa Super Wide-angle.
  • Kapasitas memori tergolong besar RAM 4GB + Internal 128GB.
  • Dapet earphone di paket penjualan.

Kekurangan:
  • Port masih MicroUSB.
  • Suara agak cempreng

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Vivo Y17.

Baca Juga: Realme 3 Pro Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!

Source foto: GadgetIn.

Posting Komentar untuk "Vivo Y17 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,9 Jutaan!"