Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Mikroskop (Dengan Benar) - Langkah demi Langkah

Sebelum Anda memulai

Membiasakan Diri

Langkah pertama adalah memeriksa atau melihat-lihat terlebih dahulu semua bagian mikroskop dan ketahui apa fungsinya – terutama dial atau fitur interaktif lainnya. Ini paling baik dilakukan sambil berdiri di depan mikroskop di mana Anda biasanya menggunakannya, tetapi Anda juga harus melihat sekeliling mikroskop fitur apa pun yang tersembunyi dari pandangan saat menggunakan perangkat.

 


Mempersiapkan Slide

Slide mikroskop harus disiapkan terlebih dahulu dan harus menyertakan kaca penutup (plastik atau kaca, tergantung pada tujuan dan anggaran Anda). Jika lensa objektif harus menyentuh slide (yang seharusnya tidak terjadi bagaimanapun perangkat digunakan dengan benar, lihat di gambar), penutup ini akan mencegah atau meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan. "Stage Clip" harus digunakan untuk mengamankan slide (dan penutup) ke stage. Menekan bagian belakang klip panggung ini akan membukanya.

Langkah demi Langkah – Cara Menggunakan Mikroskop Senyawa:

  1. Putar Lensa Objektif sehingga lensa terpanjang dalam posisi melihat atau mengarah ke objek. Pastikan ada cukup ruang untuk memindahkan lensa-lensa objective. Turunkan Mechanical Stage untuk membuat lebih banyak ruang jika diperlukan.
  2. Letakan slide di atas Mechanical Stage dan kencangkan dengan Stage Clip.
  3. Lihat ke sisi mikroskop dan putar kenop Penyesuaian (Adujstment) sampai lensa sangat dekat, tetapi tidak menyentuh, slide.
  4. Lihat melalui lensa okuler dan gerakkan kenop Penyesuaian sehingga lensa terangkat dari slide. Gambar harus menjadi fokus. Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan lensa ke muka slide, karena dapat menyebabkan kerusakan pada lensa.
  5. Kondensor (Condenser) dapat disesuaikan untuk menambah atau mengurangi intensitas cahaya. Anda biasanya menginginkan cahaya yang paling pas untuk tampilan yang lebih jelas, tetapi dengan lensa objektif berdaya rendah, Anda mungkin perlu mengurangi cahaya.
  6. Slide dapat dipindahkan untuk memusatkan gambar yang diinginkan di bidang tampilan.
  7. Setelah Anda memiliki gambar yang jelas dengan lensa objektif berdaya rendah, Anda mungkin ingin beralih ke foto berkekuatan lebih tinggi dengan mengganti lensa objektif. Karena lebih pendek, Anda tidak perlu khawatir mengubahnya terhadap slide dan menyebabkan kerusakan. Ini adalah salah satu alasan kami memulai dengan lensa terpanjang.
  8. Anda mungkin perlu sedikit menyesuaikan fokus dan pemusatan objek yang Anda lihat. Jika Anda mencoba ini, dan tampaknya tidak fokus, maka turunkan lensa ke sangat dekat, tetapi tidak menyentuh, slide (lihat dari samping mikroskop untuk melakukan ini, bukan melalui lensa mata) dan kemudian lihat melalui lensa mata saat Anda perlahan-lahan mengangkat lensa menjauh dari slide. Pada titik tertentu, itu akan menjadi fokus untuk Anda.
  9. Setelah Anda selesai melihat slide, turunkan tahap Mekanik menggunakan kenop Penyesuaian, klik lensa berdaya rendah ke posisi tampilan (sebagai persiapan untuk waktu berikutnya), dan lepaskan slide (dengan menekan ujung klip untuk melepaskannya) .

Bagian Berlabel dari Mikroskop Senyawa

Tips dan Trik Ekstra

Berikut adalah beberapa tips yang lebih berguna untuk dipertimbangkan sebelum menggunakan mikroskop:

  • Saat menggunakan mikroskop dengan lensa mata tunggal, adalah praktik yang baik untuk menjaga mata yang lain tetap terbuka untuk menghindari ketegangan mata. Ingatlah bahwa gambar dibalik terbalik dan horizontal ketika dilihat melalui mikroskop, jadi ketika memindahkannya, itu akan tampak berlawanan dengan apa yang Anda inginkan – menggerakkan slide ke atas membuat gambar bergerak ke bawah, dan memindahkan slide ke kanan membuat gambar bergerak ke kiri, dll.
  • Siapkan slide Anda dengan kaca penutup pelindung.
  • Jangan menyentuh bagian kaca tengah lensa dengan jari Anda, hanya bagian tepinya saja. Ada kertas lensa khusus untuk membersihkan lensa. Anda mungkin ingin menggunakan sarung tangan.
  • Matikan mikroskop jika tidak digunakan.
  • Selalu tutup mikroskop Anda saat tidak digunakan.
  • Selalu gunakan kedua tangan saat membawa mikroskop, dengan satu tangan di lengan dan tangan lainnya di bawah alas.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Mikroskop (Dengan Benar) - Langkah demi Langkah"