Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Mikroskop Digital?

Mikroskop digital adalah variasi dari mikroskop optik tradisional di mana kamera digital/mikroskop terhubung, dan output gambar ditampilkan pada layar dan/atau monitor. Sebagian besar model menyertakan perangkat lunak dan komputer untuk digunakan.

Karakteristik Mikroskop Digital

Perbesaran yang dihasilkan oleh kamera digital ditentukan oleh ukuran monitor tempat gambar ditampilkan, memberikan kemampuan perbesaran yang lebih besar daripada mikroskop optik rata-rata. Kekuatan perbesaran dalam mikroskop tradisional ditentukan dengan mengalikan perbesaran lensa mata dengan perbesaran lensa objektif.

Ergonomi menggunakan mikroskop digital menguntungkan pengguna di setiap industri yang menghabiskan berjam-jam setiap hari bekerja dengan mikroskop. Pengguna dapat duduk dalam posisi tegak yang santai, dengan kebutuhan untuk mengintip melalui lensa mata dihilangkan atau sangat dikurangi. Mikroskop digital dapat dihubungkan ke monitor komputer dan kemudian dapat diproyeksikan melalui proyektor LCD ke layar besar untuk melihat audiens/konferensi.

Bagian dari Mikroskop Digital

Meskipun ada banyak jenis mikroskop digital dan tujuan penggunaannya, ada beberapa bagian dasar mikroskop digital. Beberapa mikroskop optik dilengkapi dengan kamera mikroskop digital, sementara beberapa menawarkan kemampuan output HDMI/USB. Banyak mikroskop digital menyertakan kamera mikroskop digital dengan lampiran layar LCD untuk menampilkan gambar sementara banyak lainnya mengandalkan monitor komputer USB atau monitor HDMI yang terpisah.

 


Bagaimana Mikroskop Digital Bekerja?

Biasanya, mikroskop digital dilengkapi dengan perangkat lunak yang berjalan di komputer dan mendukung fungsi mikroskop. Dengan perangkat lunak, pengguna dapat melihat dan menangkap gambar. Banyak versi perangkat lunak juga memiliki fitur lanjutan tambahan, termasuk perekaman video, pengukuran, anekdot/pelabelan, dan pengeditan foto. Pada beberapa program, Anda dapat memperbesar dan memodifikasi gambar dari mikroskop digital dengan berbagai cara.

Jenis-jenis Mikroskop Digital

Dari sekian banyak jenis mikroskop digital yang tersedia dari mahasiswa hingga penelitian medis dan industri, unit genggam sangat populer. Mereka portabel, mudah dipegang, dan ideal untuk digunakan di lantai pabrik dan untuk pekerjaan lapangan di berbagai industri.

Mikroskop digital telah dirancang khusus untuk berbagai industri dan aplikasi terkait. Contoh unit digital yang dibuat untuk tujuan tertentu termasuk teropong telinga/THT, dan dentiskop/endoskopi. Berikut ini adalah lebih dari banyak jenis mikroskop digital:

Mikroskop Digital Biologis: Lingkup biologis perbesaran tinggi yang menyala dari bawah tahap mekanis bertingkat. Sasaran berkisar dari 4x-100x dengan pencahayaan halogen atau LED.

Mikroskop Digital Fluoresensi: Lingkup optik yang menggunakan fluoresensi dan pendar sebagai sumber cahaya utama untuk menghasilkan gambar.

Mikroskop Digital Terbalik: Mikroskop trinokular dengan sumber cahaya dan kondensor di atas panggung yang tersedia dalam konfigurasi metalurgi, medan terang, dan kontras fase.

Mikroskop Digital Metalurgi: Lingkup yang dirancang untuk melihat permukaan logam, sirkuit, atau permukaan buram apa pun.

Mikroskop Digital Fase: Mikroskop terbalik atau tegak lurus yang dirancang untuk melihat spesimen hidup atau mati yang tidak diwarnai.

Mikroskop Digital Polarisasi: Mikroskop ini menggunakan cahaya terpolarisasi untuk memaksa getaran gelombang cahaya dalam satu arah. Ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi struktur & komposisi tiga dimensi dari spesimen anisotropik.

Mikroskop Digital Stereo: Biasanya memantulkan cahaya dari spesimen daripada menyinarinya. Ideal untuk melihat komponen listrik, sirkuit, tanaman, seni, dan artefak.

Mikroskop USB: Mikroskop digital adalah tempat kamera didedikasikan untuk mikroskop. Kamera digital terpasang permanen & tidak dapat dilepas. Paket Mikroskop Digital adalah kamera mikroskop digital yang dapat dilepas dari mikroskop yang dihubungkan melalui adaptor c mount.

Mikroskop Digital Genggam: Gelombang baru kamera digital yang terintegrasi ke dalam sistem mikroskop genggam kecil. Digunakan dalam aplikasi seperti inspeksi permukaan dan forensik.

Mikroskop Digital Portabel: Kecil dan seringkali dengan kemampuan nirkabel, mikroskop digital portal ideal untuk melihat permukaan yang sulit dijangkau dan biasanya digunakan untuk keperluan medis, inspeksi lapangan, dan aplikasi dermatologi.

Aplikasi Mikroskop Digital menurut Industri

Mikroskop digital adalah pengubah permainan dalam penelitian, pendidikan, kedokteran, industri, dan banyak perdagangan dan bisnis lainnya. Dalam pendidikan, misalnya, seluruh kelas sekarang dapat melihat spesimen selama presentasi. Ini memberi siswa pengalaman belajar yang konsisten. Mikroskop digital portabel atau genggam juga dapat membantu dokter kulit dan ahli kecantikan mengidentifikasi masalah kulit; dokter hewan mengidentifikasi dan menghilangkan kutu; ahli hortikultura mengidentifikasi penyakit tanaman; profesional di art restorasi; dalam analisis forensik, untuk identifikasi tanda tangan palsu; dan banyak lagi.

Berikut ini adalah mikroskop digital yang dibuat untuk aplikasi tertentu, yang diidentifikasi oleh industri:

  • Sitologi dan Patologi
  • Kegagalan analisa
  • Pengolahan Limbah dan Air
  • Servis HP/Elektronik
  • Dokter hewan
  • Asbes
  • Ferrografi Bikromatik
  • Dental
  • Transplantasi Embrio
  • Perbandingan Forensik
  • Gemologis
  • Encok
  • Transplantasi rambut
  • Sel Darah Hidup
  • Mengukur dan Pembuat Alat
  • Ukiran dan Seni
  • Bedah mikro
  • Mohs untuk Dermatologi
  • Pencatatan Lumpur
  • Kristalografi Protein
  • Analisis Airmani 

Source: Newyork Miscroscope Company.

Contoh microscope digital sederhana untuk industri servis elektronik/HP:

Posting Komentar untuk "Apa itu Mikroskop Digital?"