Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 dan Cocok Buat Siapa HP Ginian?

Jujur saya bingung sebenarnya menentukan apa kelebihan dari smartphone Samsung Galaxy A13 ini, mengingat ujung-ujungnya harga yang menentukan.

Launching dengan harga 2,499,000 untuk varian 4/128GB dan 2,699,000 untuk varian 6/128GB. Di harga segitu banyak pilihan dari brand lain yang lebih layak dipertimbangkan.

Tapi inilah Samsung, brand yang memang sudah banyak dikenal apalagi kalangan awam, yang kurang mengerti soal spesifikasi. Yang penting merk Samsung langsung gas.

Kembali ke soal harga, kalau mau lebih murahan dikit, trik beli HP Samsung itu jangan pas launching, tunggu 2-3 bulanan baru harganya bakal lebih bersahabat. Saya pribadi ini beli Galaxy A13 di harga 300rb lebih murah plus cashback sekitar 70rb-an, karena bekas review Youtuber dan juga beli online supaya dapat cashback. Lumayan lah kondisi pemakaian mungkin kurang dari seminggu.

Ok, langsung aja kita bahas kelebihan dan kekurangan menurut saya pribadi..

Kelebihan Samsung Galaxy A13:

  • Desain tergolong bagus untuk HP kelas bawah, jadi tidak terlihat Samsung kelas murah. Khususnya bagian belakang karena ada 4 kamera.
  • Setup kamera 4 lensa, 50MP utama + 5MP Ultrawide + 2 Macro + 2 Depth. Ya walaupun mungkin hanya sekedar pelengkap apa adanya tapi itu cukup meningkatkan nilai jual.
  • RAM 4/6GB dan ROM 128GB yang cukup besar. Ini bisa berguna untuk pemakaian jangka panjang. Selain itu juga masih bisa ditambah dengan MicroSD hingga 1TB.
  • Android 12, One UI 4.1. Nah ini user interface Samsung yang memang selalu jadi kelebihan, mudah digunakan dan juga smooth dan stabil dalam segala hal. Saya pribadi suka dengan tampilan sofware Samsung ini. Sebagai pengguna Xiaomi, saya suka pakai tema Samsung One UI.
  • Layar sudah Full HD 1080 x 2408 pixels, 20:9 ratio (~400 ppi density).
  • Kaca depan menggunakan Gorilla Glass 5. Mungkin karena ini Samsung tidak ngasih screen protector di paket penjualan. Ini menjadi kelebihan, karena beberapa brand masih pake Gorilla Glass 3 di harga yang setara.
  • Mendukung DolbyAtmos untuk earphone. Berguna untuk meningkatkan kualitas suara bagi Anda yang suka mendengarkan musik melalui headset.
  • Baterai 5000mAh. Walaupun mungkin udah standar HP zaman now.

Kekurangan Samsung Galaxy A13:

  • Fast Charging cuma 15Watt. Agak kurang kalau menurut saya pribadi, ngecas dari 0-100% sekitar 2 jam 25 menitan. Brand lain di harga segini sudah ada yang 33 Watt! Samsung harusnya ngasih minimal 18Watt atau 25Watt lebih baik.
  • Tidak ada EIS atau stabilizer video, jadi kalau take video ya agak goyang-goyang gitu hasilnya.
  • Performa SOC Exinos 850 kurang kencang. Tidak recommend untuk game berat seperti PUBG/ML walau masih bisa dimainkan tapi kurang smooth, apalagi Genshin Impact tidak ada di Play Store mungkin karena terlalu berat. Kalau untuk sosmed dan games casual sih sudah memadai.

Nah mungkin itu saja kelebihan dan kekurangannya, selebihnya saya sih netral saja, semisal:

  • Kualitas foto dan video ya standar lah, sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti upload foto-foto ke sosmed. Tidak ada mode Pro di menu kamera, jadi cocoknya buat pengguna biasa/awam.
  • Ketidakadaan NFC juga cukup wajar mengingat ini HP kelas bawah Samsung seri A.
  • Gak dikasih casing dalam paket penjualan.

Jadi.. HP ini cocok untuk siapa?

Pelajar SD/SMP mungkin yang gak boleh main games sama orang tuanya. Cocok juga buat mama/papa yang agak gaptek yang biasanya cuma pake WA/nelpon atau sosmed saja. Buat admin olshop juga cocok. Intinya ya bukan buat yang suka main games berat dan content creator video.

Alternatif dari Samsung Galaxy A13, jika ada budget lebih bisa pilih Galaxy A22 yang sedikit lebih kencang dan ada stabilizer video, atau kalau mau hemat bisa pilih Galaxy M12 yang performanya hampir sama karena menggunakan SoC/Processor yang sama.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 dan Cocok Buat Siapa HP Ginian?"