Iklan Header

Kecepatan Ngecas Samsung Galaxy A13? Test dengan Charger Original 15W dan Kabel Bawaan

Dikala Smartphone China seperti Xiaomi dan Realme sudah memberikan dukungan pengisian cepat 33 Watt di HP 2 jutaannya. Samsung A13 yang baru saja rilis bulan April 2022 kemarin masih mengusung charger 15 Watt.

Menurut saya pribadi sih, pengisian baterai cepat saat ini merupakan hal yang sangat penting, minimal 25 Watt gitu lah, mengingat kapasitas baterai ponsel sekarang kan sudah besar-besar, A13 ini kapasitasnya 5000 mAh, masa 15 Watt. 

Berapa lama dong ngecas nya?

Adapter dan Kabel Data Original Samsung Galaxy A13

Ini dia chargernya.. charger ini bawaan Galaxy A13 batch awal, alias baru lanuching langsung saya beli HP ini dan dapat cherger ini didalamnya..


Spesifikasinya bisa dilihat pada gambar:

  • Model: EP-TA200
  • Input: 100-240V, 50-60Hz,0.5A
  • Output: 9.0V~1.67A (15W) atau 5.0V~2.0A (10W)

Untuk portnya hanya ada satu colokan dengan tipe USB, dengan aksen warna putih.

Selain itu kabel data/chargernya pun putih di setiap ujungnya USB to Type-C nya..


Spesifikasi kabel data:

  • Tipe: USB to Type-C
  • Panjang: 1m
  • Support 3A

Lingkaran kabel standar, solid dan cukup berat khas kabel original.

Test Kecepatan Pengisian Baterai Samsung Galaxy A13

Setelah unboxing, install beberapa aplikasi standar, ponsel dipakai hingga baterai habis ke 0% (mati sendiri). Perlu diketahui, real-nya dalam fisik baterai tentu tidak benar-benar habis, hanya sistem menganggap baterai 0% untuk mencegah kerusakan. Kita sebagai pengguna tetap menganggapnya sebagai 0%.

*Dalam keseharian usahakan jangan sampai 0% ya, minimal 20% langsung cas aja.

Kami cas dari 0%, lalu dinyalakan dan di set pada posisi tanpa sim card tapi wifi nyala, cas kondisi nyala dari 2% hingga 100%, dan inilah hasilnya:

  • 5 menit = 4%
  • 10 menit = 12%
  • 30 menit = 24%
  • 1 jam = 48%
  • 2 jam = 90%
  • 2 jam 27 menit = 100%

Untuk baterai 5000mAh bisa terisi penuh dalam waktu 2 jam 27 menit bisa dibilang agak lama ya menurut saya pribadi. Tapi tergantung kebiasaan dan kebutuhan masing-masing juga ya. 

Btw, sebenarnya hasil bisa berbeda tergantung setting, suhu ruang, dll. Saya perthatikan di beberapa reviewer Youtube juga berbeda-beda waktu pengecasannya. Tapi kesimpulannya ya relatif lama lah untuk pengisian baterai smartphone tahun 2022.

Kamu punya catatan waktu sendiri? Share di komentar!

Setting Fast Charging Samsung Galaxy A13

Pada smartphone Galaxy A13 terdapat pengaturan pengisian daya cepat yang terletak di: Pengaturan, ketuk Perawatan perangkat dan baterai > Baterai > Pengaturan baterai lainnya, lalu aktifakn fitur Penisian daya cepat
 

Di menu Pengaturan baterai lainnya juga terdapat pengaturan Lindungi baterai untuk memperpanjang masa pakai baterai dengan membatasi pengisian daya maksimum ke 85% sehingga baterai tidak akan penuh ke 100% walaupun di cas semalaman.

Tips: Anda dapat mengisi daya baterai lebih cepat dengan mematikan perangkat atau layar saat di cas.

Posting Komentar untuk "Kecepatan Ngecas Samsung Galaxy A13? Test dengan Charger Original 15W dan Kabel Bawaan"