Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

FAQ: Pengiriman Gojek Tokopedia, Request Pickup, Batas Jam, Beda Sameday dan Instant?

Pengiriman paket melalui Gojek Instant dan Sameday menjadi salah satu favorit pembeli di Tokopedia yang satu kota dengan penjual karena paket lebih cepat sampai. Di artikel ini saya akan membahas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

Apa Perbedaan Gosend Sameday dengan Instant di Tokopedia?

Intinya Gosend Instant lebih cepat karena saat penjual melakukan request pickup maka aplikasi Tokopedia akan langsung mencarikan driver terdekat dan setelah driver Gojek ditemukan ia akan segera mengambil barang dari penjual (maksimal 1,5jam), lalu mengantar barang ke pembeli. Driver layanan instant hanya mengirim barang dari satu pembeli. Sedangkan driver layanan sameday biasanya mengirim tiga atau beberapa barang sehingga estimasi pengiriman barang menjadi lebih lama. Soal harga tentu layanan instant lebih mahal.

Apa itu Request Pickup di Tokopedia?

Request pickup (bahasa Indonesia: Minta penjemputan), artinya Anda (penjual) meminta paket Anda dijemput kurir. Contohnya pada layanan pengiriman Gosend dan Grab Express, seketika setelah penjual menekan tombol "Request Pick-Up" maka sistem Tokopedia akan mencari driver untuk menjemput paket Anda dan mengirimkan ke pembeli.

Batas Waktu Pengiriman Gojek Tokopedia Sampai Jam Berapa?

 

  • Instant: Batas waktu pemesanan kurir untuk melakukan penjemputan barang adalah pukul 06.00 WIB - 21.00 WIB. Kurir akan tiba ke lokasi pick up maksimal 1.5 jam sejak retry pick up.
  • Sameday: Batas waktu pemesanan kurir untuk melakukan penjemputan barang adalah pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB. Kurir akan tiba ke lokasi pick up maksimal 3 jam sejak retry pick up.

*Ketentuan diatas berlaku Agustus 2021, sewaktu-waktu dapat berubah. Karena sebelumnya setau saya batas waktu Request pickup instant dari jam 06:00-17.00 WIB. 

**Sumber informasi: https://seller.tokopedia.com/edu/layanan-pick-up/

Berapa Lama Estimasi Waktu Pengiriman Gosend Instant?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, estimasi waktu pengiriman melalui Gosend Instant sekitar 1-3 jam setelah penjual melakukan Request Pickup. Tergantung respon driver dan jarak.

Ada juga driver yang suka mengabaikan orderan, biasanya ketika jarak tempuh terlalu jauh. Sebagai penjual, saya pernah menunggu driver hingga 1 jam lebih tidak datang-datang, sampai akhirnya sistem mencari driver baru lagi, hal ini yang menyebabkan paket lama sampai selain jarak tempuh.

Voucher Gratis Ongkir Gosend Instant Tokopedia?

Ya, untuk saat ini (Agustus 2021) ada juga voucher gratis ongkir Gosend Instant.

 


Cara menggunakannya: Setelah klik tombol Beli, kita pilih pengiriman Instant, lalu pilih GoSend. Setelah itu masuk menu "Makin hemat pakai promo", kalau kupon-nya ada maka akan muncul di menu promo tersebut, pilih Gratis Ongkir..

 


Itulah beberapa informasi mengenai pengiriman Gojek Tokopedia, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gosend Instant vs Grab Express cepat mana?

Posting Komentar untuk "FAQ: Pengiriman Gojek Tokopedia, Request Pickup, Batas Jam, Beda Sameday dan Instant?"