Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Charger Smartphone Tercepat (2021)

Mengisi baterai smartphone 4000mAh dari 0-100% sekarang cuma 18 menit? Ponsel apakah itu? Dan bagaimana cara penjelasannya?

Pengisian cepat (fast charging) telah menjadi salah satu bidang inovasi paling banyak di industri smartphone dalam beberapa tahun terakhir.

Fitur yang satu ini telah menjadi kriteria penting dalam membeli telepon Anda berikutnya, terutama untuk pengguna yang paling menuntut.

Dengan semua ini dalam pikiran, kami telah mengumpulkan semua ponsel terbaru di tahun 2021 yang populer untuk membandingkan seberapa cepat mereka dapat mengisi ulang baterai.

Di bawah ini, Anda akan menemukan telepon pengisian tercepat di luar sana bersama dengan beberapa detail tentang teknologi yang digunakan oleh masing-masing perusahaan yang membuatnya.

Yang merupakan telepon pengisian tercepat di dunia?


Vivo iQOO 7 memegang gelar sebagai ponsel dengan pengisian daya tercepat di dunia sejauh ini pada tahun 2021. Ponsel ini memiliki kecepatan pengisian cepat 120W (versi China) dan baterai 4.000 mAh terisi penuh dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu sekitar 18 menit.

Xiaomi Mi 10 Ultra adalah runner-up terdekat. Itu juga dilengkapi dengan pengisi daya cepat 120W di dalam kotak, tetapi baterainya lebih besar, 4.500mAh sehingga sebenarnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 22 menit untuk mengisi penuh.

Dari merek yang dijual di Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, ponsel OnePlus mendukung pengisian daya tercepat. OnePlus 9 Pro dengan teknologi 65W Warp Charge-nya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi penuh baterai 4.500mAh di dalamnya.

Sebagai perbandingan, Galaxy S21 Ultra membutuhkan waktu sekitar 1 jam 5 menit untuk pengisian penuh, sedangkan Apple iPhone 12 Pro Max membutuhkan waktu hampir 1 jam 40 menit untuk pengisian penuh, jauh di belakang merek lain di luar China.

Kecepatan pengisian daya ponsel berdasarkan merek


Di bawah ini, Anda akan menemukan kecepatan pengisian daya yang didukung untuk semua merek ponsel utama. 


Penjelasan Pengisian Cepat iPhone


Dimulai dengan iPhone 8 pada akhir 2017, Apple telah mengadopsi standar USB Power Delivery dan semua iPhone baru yang dirilis sejak saat itu, termasuk keluarga iPhone 12 baru-baru ini, mendukung teknologi pengisian cepat ini.

Namun, mulai dengan seri iPhone 12, Apple tidak lagi menyertakan pengisi daya di dalam kotak dan Anda harus membelinya secara terpisah. Apple menjual Adaptor Daya USB-C 20W resminya sendiri dengan harga sekitar Rp. 299.000,-, dan Anda juga memerlukan kabel USB-C ke Lightning jika Anda tidak memilikinya.

Bisakah Anda menggunakan adaptor daya pihak ketiga yang tidak dibuat oleh Apple dan masih mendapatkan kecepatan pengisian 20W yang cepat itu? Jawabannya sebagian besar ya, tetapi pastikan adaptor yang Anda beli mendukung standar USB Power Delivery (USB-PD). Misalnya, pengisi daya ponsel Samsung standar juga mendukung standar USB-PD yang sama dan juga akan mengirimkan pengisian daya cepat ke iPhone dengan aman. Anda juga memiliki banyak opsi pihak ketiga dengan nama seperti Anker sebagai salah satu merek paling andal.

Penjelasan Pengisian Cepat Samsung Galaxy


Samsung telah mendukung standar pengisian cepat yang berbeda di masa lalu, tetapi akhirnya mengadopsi standar USB Power Delivery yang tersebar luas dengan seri Galaxy S20 dan seri Note 10.

Menariknya, ponsel Samsung terbaru (termasuk S21 Ultra) tidak mendukung kecepatan pengisian cepat 45W yang diperkenalkan Samsung dengan Note 10, dan malah maksimal pada 25W. Samsung tidak akan secara resmi mengkonfirmasi apa alasan di balik itu, tetapi pelestarian baterai jangka panjang mungkin menjadi salah satu alasan.

Ponsel Samsung sebelumnya seperti Samsung Galaxy S10 Plus, S10 dan S10e hanya mendukung standar Qualcomm QuickCharge 2.0 dan mereka memaksimalkan kecepatan pengisian 15W.

Penjelasan Pengisian Cepat Google Pixel


Google telah menjadi salah satu perusahaan paling awal yang mengadopsi pengisian cepat melalui standar USB Power Delivery dan pada akhir 2016 ketika Google Pixel pertama diluncurkan, itu sudah dilengkapi dengan pengisi daya cepat 18W di dalam kotak. Itu juga salah satu ponsel pertama yang menggunakan standar USB-C di kedua ujung saluran untuk pengisian daya.

Dapatkah Anda menggunakan adaptor daya 25W atau 45W yang lebih cepat untuk mengisi daya ponsel Google Pixel lebih cepat? Jawabannya tidak, telepon dikonfigurasi untuk menerima daya maksimum 18W sehingga Anda tidak akan melihat manfaat apa pun dari mencolokkannya ke pengisi daya yang lebih tinggi.

Penjelasan Pengisian Cepat LG ThinQ


LG mendukung standar pengisian cepat Qualcomm QuickCharge 4.0 dengan tingkat pengisian daya maksimum 21 watt pada ponsel seperti LG G8X ThinQ dan LG V50 ThinQ, tetapi pengisi daya yang disertakan dalam kemasan dapat memberikan daya maksimum 16 watt, jadi Anda mungkin ingin berinvestasi dalam pengisi daya yang lebih cepat untuk menggunakan kecepatan maksimum.

Faktanya, pengisi daya 16W dengan nama LG Travel Power Adapter ini kompatibel dengan sebagian besar ponsel LG seperti LG G7, LG G6, LG G5, LG V40, LG V30, LG V20, dan bahkan ponsel dengan harga terjangkau seperti LG Stylo. 5 dan LG Stylo 4. Adaptor daya ini dilengkapi port USB standar, dan bukan tipe USB-C yang lebih baru.

Dengan LG V60 ThinQ yang lebih baru, Anda mendapatkan pengisi daya USB-C 25W yang lebih modern dengan dukungan standar Qualcomm QuickCharge 4.0+.

Penjelasan Pengisian Cepat OnePlus


Ponsel OnePlus menggunakan standar pengisian eksklusif yang menggunakan arus tinggi (lebih banyak Amps) daripada tekanan listrik tinggi (Volt) untuk menghasilkan pengisian daya yang lebih cepat.

Apa artinya ini adalah dua hal: satu, ini adalah solusi eksklusif yang berarti Anda perlu menggunakan pengisi daya OnePlus dengan kabel OnePlus untuk memanfaatkan kecepatan pengisian tercepat (untungnya, keduanya disediakan secara gratis di dalam kotak), dan kedua, itu berarti pengisi daya lain seperti pengisi daya USB Power Delivery tidak akan dapat memberikan output maksimum pada ponsel OnePlus.

Pada kenyataannya, kami telah menemukan pengisi daya OnePlus yang dipatenkan bekerja dengan sangat baik dan satu keunggulannya dibandingkan teknologi lain adalah ia mampu mempertahankan tingkat pengisian cepat bahkan saat Anda menggunakan ponsel. Di ponsel lain, sebaliknya, tingkat pengisian daya turun secara nyata jika Anda menggunakan ponsel saat mengisi daya.

Penjelasan Pengisian Cepat Huawei


Huawei juga menggunakan solusi pengisian cepat eksklusif yang diberi nama Huawei SuperCharge.

Dimulai dengan Mate 20 Pro pada akhir 2018, Huawei mengirimkan produk unggulannya dengan pengisi daya 40W yang mampu mengisi daya ponsel dengan sangat cepat. Sebelumnya, Huawei P20 Pro menggunakan pengisi daya cepat 22,5W. Dan ponsel terbaru seperti Huawei Mate XS yang dapat dilipat sekarang hadir dengan pengisi daya 65W di dalam kotak (kecepatan pengisian maksimum ponsel itu terbatas pada 55W).

Bisakah Anda menggunakan adaptor daya pihak ketiga dengan ponsel Huawei? Jawabannya adalah ya, tetapi jangan berharap untuk mendapatkan kecepatan pengisian cepat yang sama.

Penjelasan Fast Charging Oppo dan Realme


Perusahaan Cina Oppo tidak populer di pasar Barat, tetapi anggarannya di luar jangkauan Realme meningkat pesat di banyak tempat di seluruh dunia, dan salah satu fitur penjualan utama adalah tingkat pengisian daya yang sangat cepat.

Faktanya, Oppo Ace Reno adalah ponsel komersial pertama yang mendukung kecepatan pengisian 65W. Ponsel ini dapat mengisi daya 70% hanya dalam 15 menit, dan terisi penuh dalam waktu sekitar setengah jam. Benar-benar mengesankan. Tapi teknologi apa yang digunakannya?

Teknologinya mirip dengan yang digunakan di ponsel OnePlus (yang merupakan bagian dari grup perusahaan Oppo). Ini disebut Super VOOC 2.0 dan menggunakan daya pompa pada kecepatan 10V dan 6,5A, dan juga menggunakan teknologi GaN untuk mencapainya dalam paket yang relatif ringkas.

Pengisi daya ini, bagaimanapun, hanya akan bekerja dengan beberapa telepon yang sangat spesifik dan akan mengisi daya telepon lain dengan kecepatan hanya 10 watt.

Sedangkan untuk ponsel Realme, Realme X50 Pro 5G mendukung pengisian daya 65W melalui teknologi yang sama dan ponsel juga akan mengisi daya dengan tarif 18W dengan pengisi daya QC/PD dan 30W dengan adaptor daya Flash Charge perusahaan.

Penjelasan Pengisian Cepat Xiaomi dan Redmi


Xiaomi Mi 10 Ultra telah meningkatkan standar industri dan dilengkapi dengan pengisi daya 120W di dalam kotak.

Pengisi daya yang disertakan dalam kotak juga mendukung standar QC4.0+ dan Power Delivery 3.0, sehingga secara teknis juga kompatibel dengan banyak ponsel lain.

Posting Komentar untuk "Charger Smartphone Tercepat (2021)"