Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Saja yang Dikerjakan Manajer? Berapa Gaji, Keterampilan yang Dibutuhkan, & Lainnya

Definisi Manajer

 

Theresa Chiechi / The Balance

Manajer adalah orang yang mengelola atau bertanggung jawab atas sesuatu. Manajer dapat mengontrol departemen di perusahaan, atau membimbing orang yang bekerja untuk mereka. Manajer harus sering membuat keputusan tentang berbagai hal.

Manajer bertanggung jawab untuk mengawasi dan memimpin pekerjaan sekelompok orang dalam banyak hal. Manajer juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan memelihara sistem, prosedur, dan kebijakan kerja yang memungkinkan dan mendorong kinerja se-optimal mungkin dari orang-orangnya dan sumber daya lainnya di dalam unit bisnis.

Manajer lini, terkadang disebut manajer langsung (direct manager), bertanggung jawab atas sebuah departemen dan memiliki karyawan yang menjadi tanggung jawab kepemimpinan mereka. Organisasi yang lebih besar juga dapat mempekerjakan manajer senior, manajer umum, atau manajer manajer lain, yang melapor ke tingkat direktur atau tingkat wakil presiden perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer


Menurut Henri Fayol, seorang ahli teori manajemen Perancis, manajer harus mampu melakukan:

  • Perencanaan
  • Pengorganisasian
  • Kepemimpinan
  • Koordinasi
  • Mengendalikan

Pekerjaan setiap manajer bisa sedikit berbeda, tetapi pada umumnya mereka semua memiliki tanggung jawab ini. Secara tradisional, deskripsi pekerjaan dan tugas manajer membutuhkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan berikut:

  • Merencanakan operasi dan fungsi area di mana mereka ditugaskan dengan cara yang mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawab mereka dalam cara kerja organisasi secara keseluruhan.
  • Mengatur produksi pekerjaan, serta tenaga kerja, pelatihan, dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu.
  • Memberi karyawan dan sumber daya mereka panduan, arahan, kepemimpinan, dan dukungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa mereka dapat mencapai tujuan mereka.
  • Menindaklanjuti untuk memastikan bahwa rencana tersebut dilaksanakan sedemikian rupa sehingga pencapaiannya terjamin.
  • Meninjau dan menilai keberhasilan tujuan, rencana, dan alokasi karyawan dan sumber daya mereka menggunakan pengukuran yang solid dan andal.
  • Melaksanakan tanggung jawab lain sebagaimana ditugaskan oleh presiden, wakil presiden, atau direktur sebagai bawahan. Tanggung jawab ini dapat beragam dan menjangkau jauh di sebagian besar organisasi dan bergantung pada tujuan dan sasaran organisasi.

Deskripsi pekerjaan seorang manajer bervariasi dari satu organisasi ke organisasi dan tergantung pada tanggung jawab khusus yang ditugaskan ke fungsi pekerjaan. Di beberapa organisasi, jabatan manajer diberikan kepada karyawan yang memiliki karyawan lain yang melapor kepada mereka seperti yang terlihat pada bagan organisasi. Di lain pihak, gelar juga diberikan kepada karyawan yang mengelola area fungsional.

Berapa Gaji Manajer?


Gaji manajer dapat bergantung pada bisnis tempat mereka bekerja. 

Posisi Manager biasanya didapatkan untuk mereka yang sudah bekerja selama 7 tahun lebih. Standar gaji untuk posisi ini Rp 8-45 juta per bulan.

  • Gaji manajer di perusahaan multinasional rata-rata adalah sekitar Rp 35 – 45 juta per bulan. Pasalnya, perusahaan tersebut sudah bertaraf internasional dan diakui dunia. Posisi menjadi manajer mungkin didapatkan dalam waktu yang lama, yaitu bisa belasan atau puluhan tahun. Dengan begitu, loyalitasnya memang tidak bisa diragukan lagi.
  • Gaji manajer di perusahaan nasional yang relatif besar seperti bank atau perusahaan nasional yang bonafid adalah sekitar Rp 25 – 35 juta per bulan.
  • Gaji Manajer di perusahaan lokal yang skalanya lebih kecil (menengah) adalah sekitar Rp 10 juta – 15 juta per bulan.
  • Gaji manajer di sejumlah perusahaan kecil hanya sekitar Rp 8 – 12 juta per bulan saja.

Biasanya posisi ini juga mendapatkan fasilitas seperti tunjangan jabatan dan kendaraan.

Pendidikan, Pelatihan, dan Sertifikasi


Mereka yang mencari karir sebagai manajer idealnya memiliki gelar sarjana dan pengalaman terkait.

  • Pendidikan: Sebagian besar pemberi kerja mencari kandidat dengan setidaknya gelar sarjana S1 dengan konsentrasi kursus di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, atau pemasaran.
  • Pengalaman: Pengalaman di bidang terkait biasanya diperlukan, dan setidaknya beberapa pengalaman dalam kapasitas pengawasan lebih disukai.


Keterampilan dan Kompetensi Manajemen


Anda harus memiliki beberapa kualitas penting untuk berhasil menjadi seorang manajer.

  • Keterampilan komunikasi dan layanan pelanggan: Pekerjaan ini memerlukan interaksi dengan rekan kerja, dan dapat membutuhkan kontak pelanggan dan klien di beberapa bidang juga.
  • Keterampilan kepemimpinan: Seorang manajer sering kali memimpin operasi di industri apa pun dan harus dapat membimbing, menilai, dan mengevaluasi karyawan dan staf.
  • Keterampilan analitis: Bergantung pada bidangnya, manajer yang baik mungkin bertanggung jawab untuk menganalisis dan menyimpan data dalam jumlah besar untuk menilai tujuan dan langkah selanjutnya dalam berbagai proyek.


Lingkungan kerja


Ini bisa menjadi posisi stres dengan banyak tanggung jawab. Bergantung pada industrinya, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di parit dengan karyawan lain atau di kantor, atau bahkan sering bepergian ke cabang dan toko lain.

Jadwal kerja


Ini hampir selalu merupakan posisi penuh waktu yang dapat melibatkan lembur harian dan akhir pekan di beberapa sektor.

Jika Anda ingin mengetahui kisah hidup seorang manager sukses, coba baca buku novel The Manager, kisah salah satu manager termuda di Indonesia berkelas dunia.

Posting Komentar untuk "Apa Saja yang Dikerjakan Manajer? Berapa Gaji, Keterampilan yang Dibutuhkan, & Lainnya"