Iklan Header

4 Cara Mengambil Screenshot pada Microsoft Surface Pro di Windows 10

Apakah Anda belum tahu cara untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) di perangkat Surface Anda? Lihat 4 metode terbaik kami, Anda dapat mengambil tangkapan layar di Microsoft Surface, Surface Pro, dan Surface Book.

Microsoft Surface dirancang untuk menjadi mesin yang kuat dalam desain yang ringkas. Tata letak keyboard di Surface telah didesain ulang untuk mencerminkan fungsi dan multimedia Windows. Untuk Surface Type Covers yang lebih lama, Anda tidak akan pernah menemukan tombol "print screen" (PrtSc).

Anda mungkin bingung ketika baru saja beralih dari desktop atau laptop. Namun, Microsoft Surface dengan Windows 10 memiliki banyak metode alternatif untuk melakukan lebih dari sekadar tangkapan layar. Baca terus untuk mengetahui metode terbaik untuk Anda.

Metode 1: mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tombol perangkat keras Surface

 


Di sebagian besar perangkat 2-in-1 seperti Microsoft Surface, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tombol perangkat keras. Metode ini berguna saat Anda berada dalam mode tablet tanpa koneksi ke jenis penutup.

Surface RT / 2, Surface Pro / 2, Surface 3 dan Pro 3: untuk mengambil tangkapan layar:

  1.  Tekan dan tahan tombol logo Windows di bagian depan perangkat.
  2.  Saat Anda menahan tombol logo Windows, tekan tombol volume bawah di samping perangkat.

Layar akan "berkedip" untuk memberi tahu Anda, tangkapan layar direkam.

Surface Pro 4 dan Surface Book: karena tidak ada tombol logo Windows di perangkat ini, ada sedikit perubahan tindakan di sini.

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Saat Anda menahan tombol daya, tekan tombol volume atas di samping perangkat.

Layar akan berkedip untuk memberi tahu Anda, tangkapan layar direkam.

Metode 2: Mengambil Screenshot dengan Surface Type Cover

 


Untuk Surface Type Cover Pro 4 / (2017), Surface Book / 2 dan Surface Laptop Keyboard

Mulai dari Surface Pro 4 dan Surface Book, Microsoft telah memutuskan untuk menyertakan tombol PrtSn (Print Screen) khusus pada keyboard. Sama seperti keyboard umum, untuk mengambil screenshot Anda memiliki 2 pilihan.

Opsi 1: Menangkap semua layar dan menyimpan di Clipboard Windows.

  1. Tekan tombol PrtSn untuk mengambil tangkapan layar.
  2. Tempel ke program pilihan Anda seperti Paint atau Word.

Opsi 2: Menangkap jendela yang aktif dan menyimpannya di Clipboard Windows.

  1. Tekan Alt + PrtSn untuk mengambil tangkapan layar dari jendela aktif.
  2. Tempel ke program pilihan Anda seperti Paint atau Word.

Untuk Surface RT / 2, Surface Pro / 2/3, Surface 3, atau Type Cover yang lebih baru

Catatan: Metode berikut ini juga berfungsi pada model yang lebih baru seperti Surface Pro 4, Surface Pro (2017), Surface Book, Surface Book 2, dan Surface Laptop juga.

Pada Surface Type Cover yang lebih lama, tidak ada tombol print screen khusus, namun, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan kombinasi tombol khusus.

Opsi 1: Menangkap semua layar dan menyimpan ke file PNG.

  • Tekan dan tahan tombol Fn dan tombol Windows, lalu tekan tombol Spasi (Fn + + Spasi).

Layar akan berkedip seperti metode 1. tangkapan layar yang Anda ambil dengan metode ini, juga disimpan dalam folder bernama Screenshot dalam folder Gambar (Pictures).

Opsi 2: Menangkap semua layar dan menyimpan di Clipboard Windows.

  • Tekan dan tahan tombol Fn, lalu tekan tombol Spasi (Fn + Spasi).
  • Kemudian Anda dapat menempelkannya ke program pilihan Anda seperti Photoshop, Paint atau Word.

Opsi 3: Menangkap jendela yang aktif dan menyimpannya di Clipboard Windows.

  • Tekan dan tahan tombol Fn dan tombol Alt, lalu tekan tombol Spasi (Fn + Alt + Spasi).
  • Kemudian Anda dapat menempelkannya ke program pilihan Anda seperti Paint atau Word.

 

Metode 3: Mengambil tangkapan layar dengan Surface Pen

 


Surface Pen telah dikembangkan dan mendapatkan fungsi yang jauh lebih baik di Windows 10. Di update Windows 10 Anniversary, ada fitur baru yang disebut Sketsa layar. Fungsi ini akan menangkap layar perangkat dan muncul dengan alat untuk menggambar, memotong, dan lainnya.

Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Surface Pen dengan fungsi ini. Untuk mengaktifkan fungsi sketsa layar, klik dua kali tombol penghapus di bagian atas Pena Permukaan Anda. Sekarang Anda dapat mengedit, memotong, dan menyimpan tangkapan layar dengan mengklik tombol "Simpan sebagai" di kanan atas layar.

Metode 4: Mengambil tangkapan layar dengan Alat Pemotong Windows


Di Windows, ada program tangkapan layar bawaan yang disebut alat Snipping yang memiliki lebih banyak kontrol dan fungsionalitas daripada metode di atas. Untuk membuka alat ini:

  • Buka menu Start dan ketik "Snipping Tool", atau Anda dapat mengetik langsung ke dalam kotak teks Cortana.
  • Anda juga dapat membuka alat ini dengan membuka menu Start dan menemukan Snipping Tool di bawah folder Windows Accessories.
  • Untuk update Windows 10 terbaru, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows dan Shift, lalu tekan S ( + Shift + S).

Saat Anda meluncurkan alat ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar dalam beberapa cara seperti Desktop penuh, jendela program tertentu, ukuran persegi panjang apa pun, dan bentuk apa pun yang Anda gambar secara manual.

Setelah Anda memilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya, itu akan ditampilkan di jendela baru. Anda dapat menggambar atau menyorot pada tangkapan layar sebelum menyimpannya. Alat ini memungkinkan Anda untuk menyimpan tangkapan layar sebagai file JPEG, PNG, GIF, atau HTML sesuai keinginan Anda.

Itu adalah empat cara Anda dapat mengambil tangkapan layar di komputer permukaan Anda. Apa pilihan favoritmu? Atau apakah Anda punya cara lain? Bagikan dengan kami di bagian komentar di bawah.

Source: Surfacetip.

Posting Komentar untuk " 4 Cara Mengambil Screenshot pada Microsoft Surface Pro di Windows 10"