Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bongkar Notebook Tipis Acer Swift 1 SF114 (2021), Bisa Upgrade HDD/SSD M.2, RAM? Dan Ganti Baterai

Spesifikasi Acer Swift 1 (SF114)


Swift 1 (2021) hadir dengan layar IPS Full HD 14 inci dengan konsep desain stylish, ringkas, dan ringan. Laptop ini pas dijadikan teman sekolah/kerja secara mobile karena beratnya hanya 1,3 kg saja dengan ketipisan 1,49cm!


Laptop ini merupakan kelas paling bawah dari seri Swift. Cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Dengan harga 6 jutaan berikut spseifikasi yang bisa Anda dapatkan:

Spesifikasi Swift 1 (SF114):
  • Operating System: Windows 10
  • Processor: Intel® Pentium Silver N6000 (4C/4T, 1.1/3.3 GHz) processor
  • Graphic: Intel UHD G1 (32 EU, Integrated)
  • Display: 14” FHD IPS 60Hz Matte, 1920×1080. sRGB 71%, A-RGB 54%, DCI P3 54%. 250 nits.
  • RAM: 4GB LPDDR4-3200 (soldered)
  • Storage: SSD M.2 NVMe 512GB
  • Keyboard: backlight
  • Battery: Battery life up to 11 hours, 48Wh.
  • Weight: 1.3 Kg

Dengan spesifikasi seperti diatas, tentu laptop ini bukan untuk bermain games atau video editing dan aplikasi berat, walaupun bisa saja tipis-tipis jika mau memaksakan. Laptop ini lebih cocok untuk kerja ringan seperti browsing, nonton film, dan menjalanakan aplikasi office.

Opsi Upgrade Acer Swift 1 (SF114)


Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
  • Obeng set atau obeng plus
  • Opening pick
  • Pinset
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 1 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup mungkin ada sticker label garansi Acer. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak Acer apakah membukanya akan menghanguskan garansi atau tidak.
 

Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Acer Swift 1..

Bisa kita lihat disana ada sebuah heat spreader tembaga untuk mendinginkan processor. Tidak ada fan disitu, yang menjadikan laptop ini tidak berisik, tapi mungkin akan sedikit kepanasan jika menjalankan program berat. Ya disesuaikan dengan performa processor yang TDP nya rendah mungkin sehingga walaupun fanless, panasnya tidak akan berlebihan.

TIDAK ADA Slot RAM pada laptop ini karena RAM 4GB sudah di-solder, sehingga tidak bisa diganti ataupun di upgrade.

Lalu di sebelah kiri atas ada sebuah slot SSD M.2 yang sudah terisi SSD NVMe 512GB. Tidak ada slot M.2 tambahan, juga slot SSD/HDD 2.5" pada laptop ini.

Dan terakhir di bagian bawah ada baterai (model: AP18C8K) dengan kapasitas 4471mAh/50.29Wh. 

Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Acer Swift 1 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai di sisi kiri dan kanan baterai.

Upgrade SSD M.2


Satu-satunya upgrade yang bisa dilakukan pada Acer Swift 1 (SF114) hanyalah menambah kapasitas SSD M.2. Slot sudah mendukung PCIe/NVMe. Anda bisa mengganti SSD bawaannya dengan kapasitas lebih besar dan speed lebih kencang jika diperlukan.


Demikian informasi seputar jeroan notebook Acer Swift 1 SF114 2021.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Acer Swift 3X (SF314-510G)

Semoga bermanfaat! Pics source: NerdReviewID.

Posting Komentar untuk "Bongkar Notebook Tipis Acer Swift 1 SF114 (2021), Bisa Upgrade HDD/SSD M.2, RAM? Dan Ganti Baterai"