Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Laptop Bekas 3,2 Jutaan HP Probook 430 G5 (Core i3/HDD/DDR4), Bagus Gak?

Halo sobat Elppastore, harga laptop sekarang naik drastis, gara-gara pandemi Covid-19 yang memaksa orang-orang untuk bekerja di rumah (WFH), jadi banyak yang beli laptop sementara supply laptop justru malah tersendat. 

Rp. 3,2 jutaan sekarang cuma bisa beli laptop bekas seperti HP Probook 430 G5. Saya beli laptop bekas kantoran, nemu di grup jual beli Facebook. Bagus kah laptop ini? Yuk kita review sedikit..


Spesifikasi

Spesifikasi singkat HP Probook 430 G5 yang saya beli:

  • Processor Intel i3 6006u
  • RAM 8GB DDR4-2666
  • HDD: 500GB WD Black
  • Layar HD 13.3" non-Touchscreen
  • Windows 10 Pro original bawaan

Itu spek yang saya dapat di harga 3,2 jutaan. Perlu diketahui HP Probook 430 G5 ini banyak modelnya, spek beda-beda, hanya bentuk yang sama saja.

Yang membuat saya tertarik untuk membeli laptop ini adalah RAM yang sudah DDR4 (2 slot SoDIMM) dan juga sudah memiliki slot M.2 yang mendukung SSD NVMe yang lebih kencang dari SATA, plus slot HDD 2,5" yang juga bisa diganti SSD SATA 2,5" lagi nantinya, sehingga bisa dibilang masih kekinian dan bisa untuk dipakai beberapa tahun kedepan.

 


Design HP Probook 430 G5

Secara design laptop ini bisa dibilang elegan. Memiliki bodi yang cukup ramping dan ringan, apalagi laptop ini sudah tidak memiliki slot DVDRW.

 

Bodi luar, bawah dan layar kebanyakan plastik polycarbonate, sedangkan bagian dalam tempat tangan kita menempel saat mengetik, berbahan metal alumiunum. 

 

Sebenarnya agak kurang nyaman sih dengan bahan metal di bagian itu karena sering terasa ada arus listrik statis saat laptop di cas atau terhubung ke perangkat berlistrik lain melalui usb.

Selain itu, bezel layar laptop ini masih cukup tebal, agak kurang enak dipandang sih, mengingat bezel layar laptop tahun 2020-2021 sudah pada tipis.

Sound di Depan Atas

Modul sound diletakan dibagian depan sebelah atas keyboard. 

Walaupun bukan dari Bang & Olufsen seperti di Elitebook, saya rasa suaranya cukup baik, kencang dan jernih.

Tidak ada masalah dengan sound, malah enak suaranya dari depan tidak seperti laptop kebanyakan yang dari bawah.

Fingerprint Sensor

Di laptop HP Probook ini juga ada fitur fingerprint sensor, sebuah fitur yang sering ada di laptop bisnis dan jarang ada di laptop biasa. 

 

Tapi saya pribadi sampai saat ini belum menggunakan fitur ini karena laptopnya cuma dipake di rumah buat cetak resi jualan online saja. 

Performa & Gaming Laptop HP Probook 430 G5

Ngomongin soal performa atau kecepatan, Probook 430 G5 ini menurut saya sih masih cukup kencang untuk mengerjakan tugas-tugas dasar di Windows 10. Microsoft office, browsing, photo editing standar, dan sejenisnya masih sangat lancar.

Buat saya pribadi yang cuma dipake buat nge-blog, ngadmin di Tokopedia dan Bukalapak, sedikit editing Photoshop sih performanya sudah oke.

Buat gaming ya jangan terlalu banyak berharap terutama buat games 3D yang berat seperti GTA V, Call of Duty, Need For Speed, Battlefield yang baru, gak akan sanggup. Kecuali kalau cuma main games casual seperti Crush Candy, DOTA2, Point Blank sih masih bisa di setting low.

Namanya juga laptop bisnis, ya buat kebutuhan office dan editing ringan saja.

Ya setidaknya laptop ini masih lebih kencang dari laptop baru 4 jutaan dengan processor Celeron N4000 atau N4020. Kalau di AMD mungkin setara laptop 5 jutaan A9-9425.

Kesimpulan, Kelebihan dan Kekurangan

Buat laptop bekas di harga 3,2 jutaan menurut saya pribadi laptop HP seri Probook patut dipertimbangkan untuk dibeli. Terutama untuk bro/sis yang kerjaan utamanya ngetik, browsing atau penggunaan office standar. Buat yang cari kualitas bangun yang baik, laptop ini lumayan worth.

Tapi mungkin laptop ini tidak akan cocok buat yang lebih banyak main games yang berat seperti seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Kelebihan:

  • Bodi termasuk tipis dan ringan
  • DDR4 SoDIMM 2 slot bisa upgrade hingga 16GB (8GBx2)
  • Ada slot M.2 SSD PCIe/NVMe
  • Harddsik bawaan berkualitas (yang saya dapat WD Black 500GB 7200RPM)
  • Ada fingerprint sensor
  • Suara bagus dengan speaker di depan
  • Keyboard empuk, lumayan enak buat ngetik

Kekurangan:

  • Bezel layar tebal seperti laptop jadul


Semoga bermanfaat! Tanya-tanya dan saran silahkan di komentar.

Posting Komentar untuk "Review Laptop Bekas 3,2 Jutaan HP Probook 430 G5 (Core i3/HDD/DDR4), Bagus Gak?"