Review Laptop Bekas 2-3 Jutaan HP Elitebook 745 G3 Ber-processor AMD A10-8700p, Bagus Gak?

Halo bray, kali ini Elppas mau berbagi pengalaman beli laptop bekas seharga 2 sampai 3 jutaan. Barangkali brader/sister lagi nyari laptop second di range harga 2-3 jutaan, coba pertimabngkan HP Elitebook 745 G3 ini, atau seri-seri Elitebook lainnya.

Rasanya puas banget dapat laptop ini seharga 2,6 juta, build quality nya bagus banget!


Elitebook ini merupakan sebuah seri laptop dari HP yang ditujukan untuk kelas bisnis. Ya laptop ini dikhususkan untuk pengguna orang-orang kantoran.

Kalau saya perhatikan laptop ini lebih mengutamakan penampilan dan kualitas.Ya pastinya disesuaikan dengan style orang-orang bisnis. Nanti akan kita bahas per komponennya.

Sedangkan di sisi performa lebih fokus kepada processor, RAM dan storage saja. Jarang sekali dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit) yang terpisah. Walaupun tentu ada juga pilihan spesifikasi yang dilengkapi dengan GPU discreet alias terpisah dari processor.

Yuk kita bahas lebih jauh..

Design Luar HP Elitebook 745

Secara design laptop ini bisa dibilang elegan. Memiliki bodi yang cukup ramping dan ringan, apalagi laptop ini sudah tidak memiliki slot DVDRW.



Mayoritas bodi berbahan metal aluminum, sehingga kesan mewahnya lebih terasa. Hanya saja kekurangannya, terkadang suka ada aliran listrik statis yang menggerayangi tangan ketika laptop terhubung dengan charger ke listrik.

Keyboard Dengan Backlight

Salah satu keunggulan laptop bisnis ini adalah ia memiliki keyboard dengan backlight atau lampu menyala di bagian bawah keyboardnya, sehingga memberi kesan mewah lagi. Seperti laptop-laptop Apple Macbook Pro/Air yang juga memiliki keyboard dengan backlight.

Di HP Elitebook 745 ini iya memiliki 2 level terang lampu backlight yang bisa diatur menggunakan keyboard Fn+F3.

Untuk feel saat mengetik di keyboard ini menurut saya pribadi sih enak, kliknya empuk tapi kental gimana ya, enak aja lah.

Design Dalam HP Elitebook 745

Selain desain luar yang baik, laptop ini juga memiliki desain dalam yang baik. Laptop ini bisa dibongkar dengan cara membuka casing belakang. Cara membukanya cukup mudah hanya dengan melepas beberapa sekrup dan mencongkel bagian sisi casing.


Desain internal bisa dibilang rapi dan juga mudah untuk upgrade. Di bagian dalam ada dua buah slot RAM yang bisa diisi maksimal 16GB (2x8GB), lalu ada sebuah slot SSD M.2 yang mendukung SATA dan NVMe, selain itu ada juga slot HDD/SSD 2.5".

Baca Juga: Bongkar Laptop HP EliteBook 745 G3, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

Hardisk cepat 7200 RPM

Hardisk bawaan dari laptop ini bermerk Seagate 500GB dengan kecepatan putar 7200 RPM, ini cukup memberi nilai tambah karena rata-rata laptop biasa pada umumnya menggunakan hardisk dengan kecepatan putar 5400 RPM.

Layar yang gak silau

Salah satu hal yang cukup penting juga adalah bagian layar. Laptop Elitebook 745 G3 ini memiliki layar yang tidak silau alias anti-glare. Buat saya pribadi sih lebih enak layar anti-glare daripada yang bening memantulkan bayangan.

Soal resolusi laptop Elitebook 745 G3 milik saya ini masih menggunakan resolusi HD 1366x768 pixel. Sebenarnya ada pilihan spesifikasi yang HD+ dan FHD tapi tentunya harga lebih mahal lagi.

Trackpad

Trackpad berfungsi dengan baik, enak gak ada maslah, untuk tombol klik kiri kanannya juga empuk banget gak ada bunyi tak tek tak tek yang keras ketika di klik.

Sound berkelas

Untuk sound sistem laptop ini disediakan oleh Bang & Olufsen asal Demark yang kalau saya Googling merk ini baik, berkelas dan cukup mahal.

Modul sound diletakan dibagian depan sebelah atas keyboard.

Sayang saya tidak terlalu bisa menilai dengan maksimal karena jarang dengar musik paling sesekali saja, tapi secara sekilas buat saya pribadi udah enak banget suaranya.

Fingerprint Sensor

Di laptop HP Elitebook ini juga ada fitur fingerprint sensor, sebuah fitur yang sering ada di laptop bisnis dan jarang ada di laptop biasa. Tapi saya pribadi sampai saat ini belum menggunakan fitur ini karena laptopnya cuma dipake di rumah. 

Performa & Gaming Laptop HP Elitebook 745

Ngomongin soal performa atau kecepatan, Elitebook 745 G3 ini memiliki spesifikasi sbb:
  • Processor: AMD A10-8700p Quad-core
  • IGP: Radeon R6
  • RAM: 8GB (2x4GB) DDR3L 1600Mhz
  • Harddisk: Seagate 500GB 7200RPM, sekarang sudah saya upgrade ke SSD biar lancar.

Procesor AMD A10-8700p ini kalau di Intel mungkin bisa disetarakan dengan i5-5200u, menurut bencmark di CPUBoss untuk all core menang AMD sedangkan di single core menang intel, tapi AMD juga menang di IGP (Integrated Graphic Processor). Akurat atau enggak-nya saya kurang tau, tapi menurut saya untuk kinerja processornya kalah dari i5 tapi menang di graphic saja. Overall procesor A10 ini mungkin diatas i3 dibawah i5 kalau di intel.


Buat saya pribadi yang cuma dipake buat nge-blog, ngadmin di Tokopedia dan Bukalapak, sedikit editing Photoshop sih performanya sudah oke.

Buat gaming ya jangan terlalu banyak berharap terutama buat games 3D yang berat seperti GTA V, Call of Duty, Need For Speed, Battlefield yang baru. Kecuali kalau cuma main games casual seperti Crush Candy, DOTA2, Point Blank sih masih bisa ditangani.

Kekurangan AMD A10 ini menurut saya TDP 35Watt agak tinggi menurut saya, jadi agak lebih panas dan lebih boros listrik dari Intel yang cuma mengusung TDP 15Watt.


Kesimpulan

Buat laptop bekas di harga 2-3 jutaan menurut saya pribadi laptop HP seri Elitebook patut dipertimbangkan untuk dibeli. Terutama untuk bro/sis yang kerjaan utamanya ngetik, browsing atau penggunaan office standar. Buat yang cari kualitas bangun yang baik, terlihat mewah ini sangat cocok, bagus dan worth banget.

Tapi mungkin laptop ini tidak akan cocok buat yang lebih banyak main games yang berat seperti seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Sedikit saran, kalau ada dana lebih dan perlu performa yang lebih, kamu bisa ambil HP Elitebook dengan procesor Intel i5 atau i7, sukur-sukur yang VGA nya dedicated atau dual VGA, ini bisa sekaligus buat bisnis dan gaming juga.

Semoga bermanfaat! Tanya-tanya dan saran silahkan di komentar.

1 Response to "Review Laptop Bekas 2-3 Jutaan HP Elitebook 745 G3 Ber-processor AMD A10-8700p, Bagus Gak?"

  1. Bulan lalu ane jg baru beli laptop ini gan, mantap..tks reviewnya

    BalasHapus