Iklan Header

Bongkar Laptop Acer Swift 3 Air 3 (Intel Core i5/i7 Gen 11 + Iris Xe), Upgrade SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai

Acer Swift 3 Air 3 merupakan penerus dari Air 2 yang memiliki layar cukup unik. Laptop yang satu ini memiliki layar 13,5 inci dengan resolusi 2K QHD dengan rasio 3:2 menjadikannya 18% lebih vertikal sehingga rasio layar lebih tinggi. Dengan resolusi 2K QHD ini menghadirkan juga tampilan layar hingga 268% lebih detail dan tajam dibandingkan resolusi layar HD.

Ideal bagi para profesional yang sering bekerja pada dokumen untuk mengetik maupun input data, rasio 3:2 pada Swift 3 Air 2 dapat mendukung kebutuhan pekerjaan menjadi lebih nyaman. Tidak ketinggalan bezel yang dirancang sangat tipis akan memaksimalkan tampilan layar.

Untuk gaming? Ok juga mungkin ya untuk game-game yang tidak terlalu berat. Dengan kombinasi Core i5/i7 ditambah GPU iRIS Xe yang katanya setara GTX 1050 harusnya sih masih bisa untuk gaming ringan.

Untuk spesifikasi Acer Swift 3 Air 3 diperkirakan ada dua SKU yang bakal hadir ke Indonesia pada Desember 2020 mendatang:

  1. Intel Core i5 1135G7 + iRIS Xe Graphics 2GB + 8GB RAM (dual channel) + 512 GB SSD + Windows 10 Home + MS Office Home & Student 2019. Harga kisaran Rp. 13.499.000
  2. Intel Core i7 1165G7 + iRIS Xe Max Graphics 4GB + 16GB RAM (dual channel) + 512 GB SSD + Windows 10 Home + MS Office Home & Student 2019. Harga kisaran Rp. 17.999.000


Untuk spesifikasi jelasnya mungkin nanti saja kita tunggu.

Sekarang, seperti biasa kami akan membongkar dan melihat jeroan dari laptop ini, apakah bisa di upgrade, dan apa saja yang bisa diupgrade.

Acer Swift 3 Air 3 ini bisa dibongkar mulai dari bagian casing belakang, seperti biasa tinggal buka beberapa buah sekrup, setelah itu congkel sisi-sisi casing menggunakan opening pick, dan Anda bisa melihat jeroannya.


RAM ada dibagian atas yang ternyata sudah disolder sehingga kita tidak bisa upgrade ke kapasitas lebih tinggi lagi. Jadi pastikan sebelum beli, kapasitas RAM sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 8GB untuk varian Core i5 dan 16GB untuk varian Core i7. 

Perlu dipertimbangkan juga bahwa VRAM untuk GPU diambil (shared) dari RAM utama.

Lalu di bagian bawah ada baterai dengan kapasitas sebesar 3545mAh. Walaupun tidak terlalu besar, namun baterai laptop ini mampu bertahan hingga 16 jam untuk menonton video pada resolusi 1080p.

Disarankan untuk mencabut konektor baterai sebelum upgrade atau bongkar pasang komponen agar lebih aman.

Dan jika suatu saat baterai sudah drop, kembung, boros, dan masalah baterai lainnya. Anda bisa menggantinya dengan cara melepas konektor dan melepaskan beberapa buah baut yang menahan baterai.

Terakhir, di sebelah baterai ada sebuah slot SSD M.2 yang sudah terisi sebuah SSD PCI/NVMe. Jadi kalau mau upgrade, Anda harus mengganti yang sudah ada dengan kapasitas yang lebih besar dan/atau speed yang lebih kencang.

Ok, mungkin itu saja pembahasan kita kali ini. Jadi pada laptop Acer Swift 3 Air 3 ini hanya SSD M.2 saja yang bisa diupgrade dengan cara diganti, sedangkan untuk RAM tidak bisa tambah kapasitas lagi karena menggunakan sistem solder buka slot SoDIMM.

Sumber foto: JagatReview.

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Acer Swift 3 Air 3 (Intel Core i5/i7 Gen 11 + Iris Xe), Upgrade SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai"