Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

POCO M3 by Xiaomi: Ponsel Murah Desain Baru, Sepsifikasi Lumayan, Harga 2 Jutaan?

Strategi POCO dengan harga murah melalui flash sale selalu menjadi alasan popularitasnya yang luar biasa. Belum lama ini, merek tersebut meluncurkan POCO X3 NFC. Dan hari ini perusahaan membawa model generasi berikutnya dalam seri M - POCO M3. Apakah akan terus terjual dengan sangat baik seperti Poco X3 NFC? Masih ada waktu untuk mengetahuinya, tapi mari kita lihat apa yang ditawarkan model baru di Poco M3 ini.

POCO M3 Masuk Indonesia?

Dalam situs Kementerian Perindustrian Indonesia, Poco M3 lolos sertifikasi TKDN sebesar 30,60%. Perangkat tercatat dengan nomor  M2010J19CG yang telah mengantongi sertifikasi TKDN sejak 23 November lalu. Dengan nilai serta sertifikasi yang tertera tadi, Poco M3 layak untuk dipasarkan di Tanah Air.

Namun, menurut pantauan kami, baik Xiaomi maupun Poco masih belum mengisyaratkan kehadiran perangkat baru dalam waktu dekat di Indonesia. Karena, Xiaomi baru saja menghadirkan Poco X3 NFC pada Oktober lalu.

Isi Kotak POCO M3

Pertama mari kita lihat kotaknya. Bagian luar kotak masih hadir dengan desain kuning ikonik POCO. Buka kotaknya dan keluarkan set aksesori. 


  • Ada pin SIM card, 
  • Silicone case 
  • Lembaran panduan
  • Poco M3 yang dilindungi plastik kemasan memberi Anda sekilas nilai jual utamanya: pengaturan tiga kamera yang dipimpin oleh kamera 48mp, baterai ultra-besar 6000 mAh, layar tetesan air 6,53 inci, dan chipset Snapdragon 662. 
  • Di bawah ponsel terdapat kabel pengisi daya USB A ke C
  • dan pengisi daya cepat 18W.

 

POCO M3 Hands-on: Desain Berfokus pada Pemuda

Sebagai model versi murah, tidak mengherankan jika ponsel ini memiliki layar waterdrop berukuran 6,53 inci, yang juga berukuran sama dengan yang biasanya kita miliki pada ponsel mainstream. Ini adalah salah satu dari sedikit ponsel yang hadir dengan tampilan dot-drop pada tahun 2020, terutama setelah melihat sekumpulan model layar berlubang tahun ini.

 


Meskipun memiliki fitur kecepatan refresh 60Hz standar, kami harus mengatakan bahwa representasi warnanya masih mengesankan pada pandangan pertama. Pengenalan sidik jari ada di samping. Pemancar IR, speaker stereo, dan jack headphone 3,5 mm juga tersedia.

Soal belakang, desainnya jauh lebih mudah dikenali, yang seharusnya menjadi salah satu desain paling unik untuk sebuah ponsel di tahun 2020. Desain ini memang menyegarkan untuk model semurah itu.

Penutup dan bingkai terbuat dari plastik polycarbonate utuh. Kami telah melihat banyak ponsel dengan kisaran harga yang sama menggunakan penutup plastik yang serupa. Namun tidak seperti ponsel tersebut, penutup plastiknya bertekstur dengan lapisan kulit yang halus. Dan desain kreatifnya memang membuat cover terlihat lebih elegan dari kebanyakan smartphone. Selain itu, desain plastik seperti kulit harus lebih tahan terhadap selip, sidik jari, dan goresan daripada lapisan mengkilap.
 

Modul kamera juga unik. Sepotong besar plastik glossy digunakan untuk estetika. Modul tiga kamera diatur di kiri atas dan logo POCO ada di kanan, yang masih dapat dikenali bahkan di antara kebanyakan model di pasaran. Dibandingkan dengan bagian depan yang polos, desain bagian belakang M3 jauh lebih mengesankan.

Spesifikasi Perangkat Keras dan Kamera POCO M3

Berikut spesifikasi singkat POCO M3 (versi Global):

  • CPU ----------- Snapdragon 662 Octa Core CPU
  • Screen -------- 6.53" FHD+ Dot Drop display
  • RAM+ROM -- 4GB + 64GB / 128GB
  • Camera ------ 48MP+2MP+2MP AI Triple Camera, 8MP Front camera
  • Battery ------ 6000mAh (typ), Supports 18W fast charging, 22.5W fast charger in-box
  • OS -----------  MIUI , Global Version , Support Multi-Language and Google Play
  • Other -------- WIFI, Bluetooth 5.0, GPS, OTG, 
  • Network --- Full Netcom, Dual SIM Dual Standby  (Nano SIM Slots x 2 ) 

Jika dibandingkan dengan Poco M2, modul kamera telah berubah dari pengaturan quad-cam menjadi kombinasi tiga kamera. Namun, bukan berarti performa keseluruhan kamera diturunkan

Kemungkinan untuk menekan biaya, lensa sudut ultra lebar dikorbankan untuk kualitas lensa primer yang lebih baik. Sebenarnya, dari perspektif praktis, kami terkesan dengan lensa utama 48MP dan kinerjanya sangat baik di sebagian besar kondisi. Kurangnya kamera sudut lebar bisa menjadi kelemahan dalam kasus skenario terbuka lebar, seperti fotografi lanskap, tetapi faktanya sebagian besar lensa sudut lebar yang dilengkapi pada model murah seperti itu tidak berguna karena kualitasnya yang buruk.

Dua lensa lainnya adalah lensa makro dan lensa bidang potret kedalaman. Ini dapat membantu Anda memotret objek dan potret jarak dekat dengan lebih baik.

Prosesor POCO M3 menggunakan Snapdragon 662, yang hampir sama dengan kinerja M2 MTK Helio G80, tetapi prosesor Qualcomm akan lebih dioptimalkan untuk kinerja kamera. Jadi seharusnya itu juga alasan kenapa M3 menggunakan chipset 662.

Sementara itu, M3 hadir dengan baterai super besar 6000mAh, yang bila bekerja dengan desain konsumsi daya rendah dari Snapdragon 662, menjamin masa pakai baterai yang sangat lama. Tidak peduli bagaimana Anda menggunakannya, M3 akan mendukung daya yang cukup untuk penggunaan sehari penuh. Tetapi Anda mungkin perlu sedikit kesabaran untuk mengisi penuh, karena ini hanya dilengkapi dengan pengisi daya 18W.

Warna dan Harga POCO M3

Untuk pilihan warna Poco M3 yang diketahui sejauh ini tersedia dalam dua warna pilihan, yaitu hitam dam biru. Adapun rumor lain mengatakan ponsel ini memiliki tiga pilihan warna, selain hitam dan biru ada juga warna kuning.

Mempertimbangkan rekam jejak POCO sebelumnya, kami rasa harga Poco M3 ini akan berada di kisaran Rp. 2 jutaan, atau mungkin 1,9 jutaan? Kita tunggu saja nanti.

Posting Komentar untuk " POCO M3 by Xiaomi: Ponsel Murah Desain Baru, Sepsifikasi Lumayan, Harga 2 Jutaan?"