Iklan Header

Bongkar Laptop Huawei MateBook D15 AMD Ryzen 5 3500U! Bisa Upgrade Ram, SSD, HDD? Ganti Baterai?

Huawei MateBook D15 merupakan laptop ultrabook kelas menengah dengan harga dibawah 10 jutaan, yaitu sekitar 8,7 jutaan. 


Ini merupakan kelas paling murah diantara seri MateBook lainnya seperti MateBook X yang mencapai 20 jutaan dan MateBook D14 di belasan juta.

Laptop ini untuk pasar Indonesia saat ini (Oktober 2020) baru masuk satu SKU saja yaitu dengan processor AMD Ryzen 5 3500U. 

Berikut spesifikasi singkat Huawei MateBook D15:

  • Ukuran Layar: 15,6 inci IPS resolusi: 1920 x 1080 250 nits 178° 16:9
  • Processor: AMD Ryzen 5 3500U with Grafis Radeon ™ Vega 8
  • RAM: DDR4 8 GB (Dual channel)
  • Baterai: 42 Wh (Kapasitas Peringkat)
  • SSD: 256 GB PCIe NVMe

Untuk desain luarnya menurut saya pribadi laptop ini sanga terlihat mewah, seperti laptop diatas 10 jutaan, dengan body mayoritas aluminium, bezel layar tipis, dan solid.

Tapi, bagaimana dengan jeroannya? Yuk kita bongkar dan cari tahu apakah Huawei MateBook D15 ini upgradabel? Bisa upgrade RAM, SSD, HDD?

Untuk membongkar laptop ini, seperti pada laptop jaman sekarang pada umumnya, kita bisa buka dari bagaian belakang dengan melepaskan 10 buah sekrup dengan menggunakan obeng Torx. 

Lalu congkel sisi-sisi casing dengan menggunakan opening tool untuk melepaskan pengait-pengaitnya.

Dan inilah bagian dalam Huawei MateBook D15:


Bisa kita lihat disana ada sebuah heatsink untuk mendinginkan processor yang terhubung dengan sebuah heat-pipe ke sebuah cooling-fan. Tidak ada pendingin VGA/GPU karena Radeon Graphics (Vega) sudah terintegrasi di processor Ryzen 5 nya. 

Upgrade SSD M.2/SSD SATA/HDD 2.5" Huawei MateBook D15

Diatas processor ada sebuah slot SSD M.2 yang sudah terisi SSD NVMe 256GB. Ada juga slot SSD/HDD 2.5" di sebelah baterai, pojok kiri bawah yang pada unit kami ini sudah terisi oleh hardisk 1TB. 

Jika Anda membeli unit tanpa hardisk, maka Anda bisa upgrade SSD/HDD di slot kosong SATA 2.5".

Baca Juga: Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe

Upgrade RAM Huawei MateBook D15?

Laptop ini memiliki RAM bawaan 8GB DDR4-2400 Dual-channel.

Sayangnya kami tidak melihat ada slot SoDIMM pada mainboard laptop ini, sehingga RAM-nya pasti jenis soldered yang tidak bisa di-upgrade. Sayang sekali tidak bisa tambah RAM. 

Ganti Baterai Huawei MateBook D15?

Terakhir ada baterai yang memenuhi bagian bawah dengan kapasitas sebesar 42Wh.


Jika suatu saat perlu ganti baterai, caranya tinggal buka saja casing belakang, lalu lepas beberapa sekrup yang menahan baterai dan cabut (diangkat/congkel keatas) konektor baterai. Sebelum membeli baterai pengganti, jika ingin mengganti sendiri, berikut spesifikasi baterai Huawei MateBook D15:
  • Model: HB4692J5ECW-31
  • Jenis: Li-Ion Polymer Battery
  • Kapasitas: 3665MAh(rated)/42Wh
  • Rated Voltage: 11.46V
  • Limited Charge Voltage: 13.2V

Jika ingin  mengganti baterai yang original, lebih baik datang saja ke Huawei Service Center resmi untuk ganti baterai di tempat.

Baca Juga: Upgrade SSD M.2, RAM?, dan Ganti Baterai Laptop ASUS VIVOBOOK 14 K413F

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli laptop ini. Pastikan RAM 8GB cukup untuk kebutuhan Anda, karena sudah mentok tidak bisa di-upgrade lagi. Tapi jika Anda sudah terlanjur membeli dan ingin upgrade, ya satu-satunya pilihan hanya bisa menambah kapasitas SSD.

Sumber foto: NerdReview ID.

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Huawei MateBook D15 AMD Ryzen 5 3500U! Bisa Upgrade Ram, SSD, HDD? Ganti Baterai?"