Iklan Header

Realme 5 3/64GB Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,8 Jutaan!

Review Singkat Realme 5


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Realme 5 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Realme 5 berdasarkan pengalaman pribadi..

Yang kita review disini adalah Realme 5 RAM 3GB + ROM 64GB warna ungu kristal garansi resmi Realme Indonesia. Saya beli Rp. 1.818.000,- di Tokopedia pada tanggal 12 Desember 2019 lalu. Harga segitu dapat cashback 100rb, jadi aslinya sekitar 1.7jt.

Display/Layar

 

Realme 5 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,5 inchi dengan poni minimalis mini drop full screen. Resolusinya HD+ 720 x 1600 pixels pada aspek rasion 20:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 269 ppi. Semua itu dilindungi kaca Gorilla Glass 3+ dan juga sudah dilapisi screen protector diatasnya.

Dengan aspek rasio 20:9, ponsel ini agak panjang/tinggi.

Layar sebesar 6,5" tapi resolusi masih HD dengan ppi dibawah 300 menurut saya yang sudah sering menggunakan layar AMOLED Samsung dan IPS FullHD, rasanya agak kurang solid aja gitu. Warna-warna dari icon bawaan ColorOS 6 ini membuatnya jadi tambah pucat. Istri saya yang awam soal ponsel juga bilang layarnya lebih bagus Redmi 8A yang harganya cuma 1,4 jutaan.

Selain itu, visibilitas luar ruang sudah ok, penampakan layar dibawah terik matahari masih bisa terlihat dengan jelas.

Secara keseluruhan masih layak untuk ponsel seharga 1,8 jutaan, mungkin cuma soal icon-icon tema yang kurang indah atau soal kebiasaan, tapi lama-lama mata akan beradaptasi.

Design



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya udah bagus, terlihat mewah dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya jadi bikin terlihat sebening kaca dengan motif crystal.

Untuk feel genggamannya di tangan enak tidak licin karena berbahan plastik, tapi jejak kotoran jari cukup mudah menempel.

Selain itu mungkin agak berat dengan bobot 188 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 9,3mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh berisi. Ya harap maklum karena baterai juga sebesar 5000mAh, yang penting build quality ponsel ini sangat baik.

Penempatan tombol power agak tinggi untuk dijangkau ibu jari jika kita pegang dengan tangan kanan, tapi gak masalah karena lebih mudah menjangkau fingerprint sensor di belakang dengan jari telunjuk untuk menyalakan ponsel.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Realme 5



Realme 5 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan 1 sampai 2 harian.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing. Semakin banyak aplikasi diinstal biasanya baterai semakin boros.

Sementara itu, ponsel ini masih menggunakan port Micro USB yang bisa dibilang sudah ketinggalan jaman. Dengan charger bawaan yang masih 5V~2A baterai dapat diisi dari 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam 50 menit. Sayang belum mendukung fast charging VOOC, maklum kelas bawah, ke seri Pro klo mau dapat VOOC.

Performa/Kecepatan



Realme 5 ditenagai oleh chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) - SoC kelas menengah dari Qualcomm. SoC ini dapat mencetak skor Antutu v8 sebesar 166252.

Inilah salah satu kelebihan Realme 5 yang bikin layak beli, soal performa untuk harga 1,8 jutaan sudah termasuk tinggi. Hal ini juga yang membuat saya lebih memilih Realme 5 dibanding Redmi 8.

Untuk performa secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih udah bisa dibilang langcar ngacir, gak ada lag yang berarti jika melakukan scroll cepat di sosmed.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar di setting medium, dan PUBG juga lancar dengan setting Medium-Balanced.

Kualitas Foto


Realme 5 - auto default
Realme 5 memiliki kamera Quad dengan lensa 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9", 1.25µm, PDAF + 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4", 1.12µm + 2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm (dedicated macro camera) + 2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, depth sensor.

Hasil foto Realme 5 bisa dibilang lumayan bagus, sesuai harga lah. Detailnya cukup dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.

Kalau kurang vivid warnanya, Realme juga punya fitur Chroma Boost yang akan membuat hasil foto menjadi lebih berwarna.

Realme 5 - auto Chromaboost
Selain itu, lensa ultra-wide di Realme 5 juga cukup bermanfaat untuk memperluas jangkauan foto.


Terakhir, ada lensa macro 2MP yang belum saya coba :)

Overall dengan harga 1.8 jutaan, kualitas kameranya bisa dibilang oke, plus ada 4 kamera belakang juga yang menambah keseruan memotret.

Potret (Bokeh)



Realme 5 mengambil potret objek manusia yang bagus dengan deteksi subjek yang cukup meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Realme 5 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie Realme 5


Kamera selfie Realme 5 mengemas sensor 8 MP, f/2.0, 1/4", 1.12µm dengan berbagai fitur AI Face Beauty.


Potret/bokeh selfie juga bagus, pemisahan subjek cukup kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami. Hanya di bagian rambut terkadang terbawa blur sedikit.

Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik, karena jika salah posisi maka akan kebanyakan putih di latar belakang.

Rekaman video


Realme 5 merekam video hingga 4K pada 30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS pada ponsel ini, tapi ada fitur EIS (Electronic Image Stabilization) di resolusi FHD 1080p dan HD 720p yang membuat hasil video cukup stabil. EIS mendukung untuk kamera belakang dan depan.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, warnanya agak cerah dan gonjreng.

Overall dengan harga 1,8 jutaan udah worth lah, kalau mau nge-vlog pake HP juga sangat layak.

Audio


Terakhir soal suara ludspeaker Realme 5 ini bisa dibilang kencang, suaranya juga bagus gak cempreng. Gak ada komplain soal suara.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, performa kencang, kamera oke kaya fitur, baterai awet, desain keren, layar oke, pokoknya semua oke.


Kelebihan:
  • Baterai besar 5000mAh dengan daya tahan yang baik
  • Dapat chipset kelas menengah Snapdragon 665 di harga 1,8jt. Cocok buat yang nyari performa.
  • Hasil kamera secara keseluruhan oke 
  • Quad camera
  • Kamera selfie bagus 
  • Suara loudspeaker kenceng

Kekurangan:
  • Port chcarger masih Micro USB

Jadi kesimpulan menurut saya sih, ini ponsel lebih cocok buat Anda dengan dana terbatas yang mencari baterai besar 5000mAh dengan daya tahan yang baik, Empat kamera dengan hasil yang baik, dan kamera selfie yang lumayan bagus.

Juga buat yang mencari ponsel dengan performa yang kencang dibawah 2 jutaan, bisa main game-game 3D berat dengan setting medium atau high.

Baca Juga: Tanya Jawab Realme 5 - Quick Charging, Infra Red, Sensor Gyro, LED Notification, Score AnTuTu?

Untuk foto dan video sample-nya nanti saya update lagi. 

Posting Komentar untuk "Realme 5 3/64GB Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,8 Jutaan!"