Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 8

Xiaomi Redmi 8 ini memiliki baterai dengan kapasitas yang besar, yaitu 5000 mAh. Perkiraan masa pakai baterai bisa hingga 1,5-2 tahun baru akan terasa penurunan performanya.

Bagaimanapun suatu saat mungkin Anda perlu mengganti baterinya ketika baterai rusak, boros, drop atau kembung, atau ponsel jadi bootloop, dan masalah baterai lainnya.

Pada artikel ini Elppas akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Xiaomi Redmi 8.

Peralatan, obeng, dan tools kit yang diperlukan untuk membongkar ponsel ini:
  • SIM Card tray ejector
  • Opening tools
  • Spudger
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
  • Pinset
Peralatan bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah siap tools nya, yuk kita bongkar..

Langkah 1: Cara Membuka Casing Belakang Redmi 8


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (power off). Lalu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dan MicroSD tray dengan menggunakan ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Selanjutnya bisa mulai congkel-congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar atau prying tool yang lebar seperti ini.. Atau jika tidak ada alatnya, bisa menggunakan kuku..


Seperti biasa, congkel dan geser ke sekeliling frame untuk melepaskan pengait-pengait casing sampai casing bisa dibuka..

Hati-hati ada kabel flexible fingerprint sensor yang terhubung dari mainboard ke casing belakang!


Casing belakang sudah terbuka tapi konektor fingerpirnt sensor tertutupi mid-frame sehingga kita harus membukanya terlebih dahulu. Tapi kabel flexible fingerprint sensor juga bisa dilepas di ujung lainnya..

Namun saya menyarankan tidak perlu, sebiknya dilepas dari mainboard saja nanti.


Untuk membuka mid-frame dan mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original Xiaomi Redmi 8


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Xiaomi Redmi 8 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Redmi 8:


  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BN51
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Minimal Capacity: 4900mAh/18.80Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 5000mAh/19.20Wh
Dimana membeli baterai Xiaomi Redmi 8 yang original? Saya sendiri kurang tau, pernah coba ke Mi Store (Authorized Reseller) tapi tidak jual baterai, mungkin bisa coba ke Xiaomi Service Center.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai. Kalau saya biasanya beli yang OEM saja yang bermerk seperti Hippo, Vizz, dll.

Baca Juga: Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 8


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya. Namun konektor baterai tertutupi plastik pelindung mainboard sehingga kita harus melepas penutup plasti tersebut (mid-frame).

Untuk membukanya, lepaskan sembilan buah skrup yang mengencangkannya dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..

Perhatian! Ada salah satu sekrup yang diberi segel Xiaomi, shingga jika merusaknya berarti akan menghanguskan garansi. Tapi ganti baterai biasanya setelah 2 tahun pemakaian dan garansi sudah habis.


Apabila semua sekrup sudah dilepaskan, selanjutnya congkel konektor fingerprint sensor dengan menggunakan spudger atau kuku..


Setelah pelindung plastik tersebut dibuka, maka kita bisa melihat konekotr baterainya. Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger agar lebih aman dengan memutus aliran listrik.. Lepaskan juga konektor kabel flexible LCD disassembly dan flexible ke sub-board yang menghalangi baterai..


Setelah itu, untuk melepas baterai Redmi 8 yang merekat dengan lem khusus yang memiliki ujung (pull-tab), kita tarik pull-tab nya secara lurus dan hati-hati, perlahan-lahan saja jangan buru-buru agar tidak putus di tengah..


Setelah kedua baris lem dilepas, kelupas beberapa plastik penahan baterai di sisi-sisinya, maka baterai akan mudah dibuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Redmi 8. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri.

Terakhir, untuk lebih jelasnya atau kalau Anda mau bongkar Redmi 8 secara total (teardown), silahkan lihat video disassembly dari ESC Baig berikut ini:


Semoga bermanfaat! Pics source: ESC Baig.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 8"

Posting Komentar