Mengenal Fitur Video Stabilizer ULTRA STEADY (OIS+EIS) di Smartphone Oppo Reno2

Apa itu Ultra Steady di ponsel Oppo?


Salah satu hambatan merekam video menggunakan ponsel adalah videonya terlihat banyak goncangan ketika dipakai merekam dalam keadaan bergerak. Namun Oppo mencoba mengatasi hal itu lewat fitur Ultra Steady Video di Reno2.

Hmm namanya mirip-mirip dengan fitur Super Steady di Samsung.


Fitur Ultra Steady Video ini bisa diaktifkan ketika merekam video menggunakan kamera utamanya yang punya resolusi 48 megapixel. Fiturnya sendiri bekerja menggunakan beberapa sistem stabilisasi sekaligus.

Sistem yang dimaksud adalah gyroscope, optical image stabilization (OIS), dan electronic image stabilization (EIS).

"Ada tiga teknologi yang dipakai di Ultra Steady Video, yaitu gyroscope 800MHz, OIS, dan EIS," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia di Malang, Kamis (24/10).

Menurut Aryo, gyroscope yang ada di Reno2 bekerja di frekuensi 800MHz, lebih tinggi dari gyroscope yang ada di ponsel lain.

"Ponsel lain biasanya 200 atau paling besar 400 MHz," ujarnya.

Gyroscope ini adalah bagian dari sistem optical image stabilization (OIS), di mana gyroscope berguna untuk mengenali gerakan yang terjadi pada bodi ponsel. Lalu sistem OIS-nya akan mengkompensasi gerakan tersebut dengan mengatur arah cahaya yang masuk dari lensa ke sensor kamera.

Sistem ini pun kemudian bekerja bersama sistem electronic image stabilization (EIS), yang juga mengambil data getaran dari gyroscope. Bedanya EIS akan mengkompensasi getaran itu dengan mengatur frame pada video sesuai dengan getaran yang ada.

Oke, itu semua adalah penjelasan dari sistem Ultra Steady Video yang ada di Reno2. Namun pada kenyataannya, bagaimana performa fitur ini?

Berikut contoh perbedaan antara hasil rekam video tanpa fitur stabilisasi vs fitur Ultra Steady.


Fitur itu terbilang mumpuni untuk menghilangkan goyangan pada video yang direkam di Reno2.

Tapi, walaupun ada fitur stabilisasi, itu hanya akan membantu untuk getaran-getaran kecil, tangan Anda harus diusahakan tetap stabil. Jika getaran teralu besar maka bisa jadi muncul artifak pada video.

Kesimpulannya, fitur Ultra Steady Video ini sangat membantu dalam merekam video untuk getaran sampai pada tingkat tertentu. Tahap selanjutnya untuk menghilangkan getaran tentulah dengan menggunakan gimbal.

0 Response to "Mengenal Fitur Video Stabilizer ULTRA STEADY (OIS+EIS) di Smartphone Oppo Reno2"

Posting Komentar