Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Vivo S1 dan S1 Pro

Dalam artikel ini Elppas akan membahas bagaimana membuka casing belakang Vivo S1 Pro, tools kit apa saja yang di perlukan untuk membongkar ponsel ini, mengetahuai spesifikasi baterai original Vivo S1 Pro serta bagaimana cara mengganti baterainya.

Untuk Vivo S1 biasa tanpa Pro juga kurang lebih sama tekniknya seperti ini.

Sebelum bongkar (disassembly/teardown) mari kita siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan. Berikut tool kit yang diperlukan untuk bongkar Vivo S1 Pro:
Jika belum punya alatnya bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah silahkan lanjut ke step berikutnya.

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Vivo S1 Pro


Seperti biasa, hal pertama yang harus dilakukan pasti adalah mematikan dulu ponselnya, lalu lepaskan dulu SIM card traynya.. Vivo S1 Pro ini menggunakan SIM tray tipe hybrid..


Untuk membongkar smartphone ini dimulai dari membuka casing belakang. Kita bisa langsung mencongkel casing belakang di celah-celah antara LCD assembly dengan frame..


Geser ke seluruh sudut sehingga pengait-pengaitnya terlepas dan casing belakang atau backcover terbuka.. Dan inilah jeroan Vivo S1 Pro..


Begitulah cara membuka casing belakang Vivo S1 Pro.

Jika ingin mengganti baterainya, silahkan lanjutkan ke tutuorial berikutnya.. Anda perlu mengganti baterai apabila baterai sudah tidak tahan lama, boros, cepat habis, kembung dan masalah baterai lainnya..

Lankgah 2: Mengganti Baterai Vivo S1 Pro


Sebelum membuka baterai, sebagai informasi, kita bahas dulu spesifikasi baterai original (bawaan) Vivo S1 Pro. Berikut spesifikasinya:


  • Jenis: Li-Polymer Battery
  • MODEL: B-K3
  • Voltage: 3.87V
  • Limited charge voltage: 4.45V
  • Rated capacity: 4390 mAh/16.98Wh
  • Typical capacity: 4500 mAh/17.41Wh
Untuk membeli baterai pengganti original mungkin bisa tanya ke Vivo Service Center. Atau bisa juga membeli di marketplace seperti AliExpress, Tokopedia, atau Bukalapak. Tapi kemungkinan di marketplace atau di toko biasa hanya ada yang OEM atau yang KW, pintar-pintar memilih saja.

Baca Juga: Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Ok, jika sudah ada langsung saja kita lanjut ke langkah membuka baterai.

Setelah casing belakang terlepas, batere sudah nampak namun belum bisa dicopot begitu saja, karena konektor baterainya dilindungi plat atau bracket yang dikencangkan oleh 11 buah sekrup. Silahkan buka sekrup terlebih dahulu dengan menggunakan obeng plus ukuran 1.5mm..

Catatan: Membuka plat ini mungkin akan menghanguskan garansi karena di salah satu sekrup ada segel-nya, kalau bisa buka stiker segelnya tanpa merusaknya. Tapi baterai biasanya akan diganti setelah 1 tahun lebih jadi sudah tidak ada garansi.


Setelah bracket atau mid-frame itu dibuka, maka kita akan bisa melihat konektor baterai. Silahkan lepaskan dahulu konektor baterai untuk memutus arus listrik.


Setelah itu, maka baterai siap untuk dilepaskan. (Anda tidak perlu membongkar semua seperti pada ilustrasi gambar di bawah).

Kletek atau kelupas plastik tipis transparan yang melindungi baterai di sebelah kiri dan kanan. Lalu tarik ke atas pull-tab atau plastik berwarna hijau transparan bertuliskan "lift up handle, and remove battery" untuk mengankat baterai..


Setelah baterai dilepas, silahkan ganti dengan yang baru. Pasang kembali konektor baterai. Lalu tes nyala terlebih dahulu, apabila sudah berfungsi normal, silahkan matikan kembali dan pasang kembali semuanya seperti semula.

Jika mau membongkar semua atau mengganti sparepart lain dari Vivo S1 Pro ini, silahkan tonton video teardown (disassembly) dari channel Youtube Akmal Riadi berikut ini:


Baca Juga: Tanya Jawab Vivo S1 Pro - LED Notification, IR Blaster, NFC, Wireless/Fast Charging, Sensors, Score Antutu?

Sumber gambar: Akmal Riadi.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Vivo S1 dan S1 Pro"

Posting Komentar