Iklan Header

Bongkar Laptop Acer Aspire 5 (A1514-52) Intel Gen 10, Upgrade SSD M.2, HDD/SSD 2,5", RAM, dan Ganti Baterai

Acer Aspire 5 (A1514-52), salah satu laptop atau notebook yang ditujukan untuk kerja dengan harga mulai Rp. 8,699 jutaan (data November 2019). Ini merupakan laptop yang ditenagai Intel Core-i5 untuk varian termurah dan Core i7 untuk varian tertinggi!


Spesifikasi Aspire 5 (A514-52):
  • Operating System : Windows 10
  • Processor: 10th Gen Intel® CoreTM processors
  • Graphic: NVIDIA® GeForce® MX250
  • Display: 14” Full HD real IPS and 100% sRGB
  • RAM: Upgradable up to 20 GB
  • Battery: Battery life Up to 14 hours
  • Thickness and Weight: 17,9 mm and 1,5 kg
  • Feature: Wi-Fi 6 dan Thunderbolt 3 ports

Untuk meningkatkan performa notebook ini ada beberapa pilihan upgrade yaitu, RAM, HDD/SSD SATA dan SSD M.2.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Jika belum punya, mau beli obeng set dan tools kit, silahkan cek Tokopedia.com/elppastore atau Bukalapak.com/elppastore.

Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan beberapa buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus..


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Acer Aspire 5 (A1514-52)..


Yang kita bongkar ini adalah Acer Aspire 5 varian Core i7-10510U, 8GB DDR4, 1TB SSD NVMe 4X, NVIDIA® GeForce® MX250. 

Bisa Anda lihat disana ada sebuah cooling fan yang terhubung dengan heatpipe ke processor, ada sebuah slot RAM yang sudah diisi 4GB DDR4 (4GB lagi sudah tersolder di sisi lain mainboard), ada baterai, ada sebuah slot M.2 (terisi) yang mendukung SSD NVMe, dan ada juga slot HDD/SSD SATA 2.5" di sebelah cooling fan yang masih kosong.

Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Acer Aspire 5 (A1514-52) Jika Ingin Diganti


Silahkan lepas terlebih dahulu konektor baterainya dengan menggunakan spudger atau kuku tangan Anda..



Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai di sisi atas dan bawah baterai dengan obeng plus, lalu angkat baterainya.

Jika baterai sudah dilepas, otomatis konektornya juga terlepas maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Spesifikasi baterai Acer Aspire 5 (A1514-52):

  • Jenis: Li-Ion Battery
  • Model: AP18C4K
  • Rating: 11.4V
  • Typical Capacity: 4200mAh/48Wh (typ)

Upgrade RAM DDR4 Acer Aspire 5 (A1514-52)


Laptop ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 4GB (disolder) untuk varian termurah atau 8GB (4GB disolder + 4GB di slot SoDIMM), pada frekuensi 2400~3200 MHz. Untuk menambah kapasitas RAM, Anda perlu menambah atau mengganti RAM pada slot SoDIMM.

Spesifikasi RAM bawaan bisa di cek dulu menggunakan aplikasi seperti CPU-Z, usahakan tambah RAM dengan spesifikasi yang sama. Beda juga seharusnya gak masalah, yang penting minimal DDR4-2400.

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal pasang RAM untuk menambah kapasitas. Maksimal RAM yang bisa ditampung laptop ini adalah 20GB (4GB soldered, 16GB pada slot SoDIMM).


Biar enak, upgrade RAM minimal tambah 8GB (jadi 12GB) cocok untuk multi tasking, editing video, ataupun gaming.

Ganti/Upgrade HDD/SSD 2,5"/SSD NVMe M.2 Acer Aspire 5 (A1514-52)


Untuk model Acer Aspire 5 (A1514-52) yang kita bongkar ini sudah menggunakan storage SSD PCIe (NVMe) 1TB sebagai bawaan, tergantung varian yang Anda beli.

Kalau SSD M.2 nya mau di upgrade ke jenis yang lebih kencang dan kapasitas lebih besar, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Cara gantinya hanya tinggal lepaskan sebuah sekrup penahan dengan obeng plus dan cabut SSD lalu ganti dengan yang baru..


Selain itu, ada slot Harddisk atau SSD 2,5" yang masih kosong pada laptop ini sebagai drive secondary yang bisa Anda tambah baik dengan HDD atau lebih baik lagi dengan SSD SATA3.

Untuk varian tertentu, sudah ada HDD 1TB SATA sebagai bawaannya, silahkan kalau mau di upgrade ke kapasitas yang lebih besar atau ganti SSD..


Slot M.2 pada laptop Acer Aspire 5 (A1514-52) ini sudah mendukung SSD SATA3 ataupun SSD NVMe. Perbedaannya hanya di protokol transfer datanya saja, untuk NVMe menggunakan jalur PCIe sehingga lebih cepat untuk transfer data yang besar. NVMe cocok untuk mengolah file-file besar seperti editing video. Perbedaan fisik ada di interface-nya. Untuk lebih lanjut baca: Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe.

Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Acer Aspire 5 (A1514-52). Semoga bermanfaat!

Sumber foto: Channel Youtube NerdReviewID.

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Acer Aspire 5 (A1514-52) Intel Gen 10, Upgrade SSD M.2, HDD/SSD 2,5", RAM, dan Ganti Baterai"