Cara Membuka Backcover, Fingerprint Sensor dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 8

Sebelumnya Elppas sudah unboxing Xiaomi Redmi Note 8 ini, sekarang kita tinjau lebih jauh, bukan cuma luar tapi jeroannya. Untuk lihat jeroannya tentu harus dibuka casing belakangnya (backcover), jadi sekalian aja sambil bikin tutorial cara membuka backcover dan mengganti baterai Redmi Note 8.

Peralatan atau tools kit yang perlu disiapkan untuk membongkar Redmi Note 8:
  • SIM Card tray ejector
  • Heat gun
  • iSlack atau suction cup
  • Kartu plastik tipis
  • Obeng plus ukuran 1,5~2,0mm
  • Spudger/prying tool
Obeng dan tools kit bisa di beli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Cara Membuka Backcover Redmi Note 8


Seperti biasa, sebelum melakukan disassembly atau teardown pastikan ponsel dalam keadaan mati (turned off), lalu keluarkan terlebih dahulu SIM tray dengan menggunakan SIM ejector yang biasanya ada dalam paket penjualan..


Backcover ReNo 8 ini terbuat dari kaca Gorilla Galss 5 yang menempel pada frame body menggunakan lem. Jadi untuk membukanya kita perlu memanaskan perekatnya agar meleleh sehingga mudah di buka.

Gunakan heatgun untuk memanaskan backcover bagian bawah.. Panaskan pada suhu 100 derajat sekitar 30~60 detik di bagian sisi bawah dan sisi kiri kanannya..


Setelah kira-kira lem agak meleleh, gunakan suction cup atau iSclack (tang sukcer) untuk mengangkat backdoor sedikit sehingga membuat celah untuk dimasukkan kartu plastik..


Kalau kartunya sudah masuk, tinggal di geser-geser ke sekeliling sudut.. Jika perlu gunakan kembali heat gun untuk melelehkan lem di sisi-sisi kiri, kanan dan atas.. lalu robek lemnya dengan menggunakan kartu plastik tipis..


Hati-hati saat membuka backcover karena ada kabel flexible yang terhubung dari backcover ke mainboard. Lepaskan konektor kabel fingerprint sensor dengan menggunakan spudger atau kuku jari Anda.

Setelah itu, maka backcover bisa dibuka seperti ini..


Begitulah kira-kira cara membuka casing belakang Redmi Note 8.

Spesifikasi Baterai Original Redmi Note 8


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Redmi Note 8 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Redmi Note 8:
  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BM4?
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 3900mAh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 4000mAh/17.30Wh
Dimana membeli baterai Redmi Note 8 yang original? Yang 100% ori biasanya hanya dijual di Service Center Xiaomi.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko sparepart umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya.

Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai. Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan baterai pengganti bermerk seperti Hippo atau Vizz.

Baca Juga: Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Redmi Note 8


Setelah backcover terbuka, baterai terlihat tapi tidak bisa langsung dicopot karena konektor baterai tertutup mid-rame. Selain itu juga baterai terhalang sebuah kabel flexible yang merupakan kabel secondboard.

Pertama buka mid-frame dengan melepaskan beberapa buah sekrup menggunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm (phillips #00)..

Perhatian! Salah satu baut tersebut ada sticker segel, jadi jika membuka baut tersebut maka garansi akan void.


Setelah mid-frame terbuka, lepaskan terlebih dahulu konektor baterai dengan prying tool atau spudger agar aliran listrik terputus sehingga lebih aman.. lalu buka juga konektor yang terhubung ke board bawah..


Penghalang baterai sudah terbuka, tapi baterai merekat dengan dua baris lem khusus. Lem ini bisa disingkirkan dengan menarik pull-tab di bagian bawah baterai..


Tarik pull-tab tersebut secara lurus jangan sampai putus ditengah karena akan merepotkan. Bisa juga dengan menggunakan pinset lurus dan menggulungnya dengan pinset tersebut..


Setelah kedua buah perekat tersebut disingkirkan maka baterai bisa dibuka dengan mudah. Silahkan ganti baterainya dengan yang baru. Pasang kembali konektor-konektornya dengan urutan kebalikan dari membongkar. Jangan lupa tes fungsi baterai juga sebelum memasang semuanya.

Baca Juga: Tanya Jawab Redmi Note 8: IR Blaster, NFC, Quick Charge, LED Notification, Skor AnTuTu?

Demikian panduan cara membuka backcover (tutup belakang/casing belakang) dan mengganti baterai Xiaomi Redmi Note 8.

Untuk membongkar semua, silahkan lihat video Redmi Note 8 disassembly/teardown berikut ini:


Pics Source(s): Dhiarcom, Geardo, Xiaomi, MovilOne.

0 Response to "Cara Membuka Backcover, Fingerprint Sensor dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 8"

Posting Komentar